Zoning rumah atau pembagian ruangan dalam rumah hunian merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan bila Anda hendak membuat rumah.

Pembagian ruangan menjadi salah satu hal utama agar Anda memiliki ruangan-ruangan yang diinginkan dan berfungsi dsecara maksimal sesuai dengan peruntukannya.

Oleh karena itu, zoning rumah harus dilakukan secara tepat. Nah, bagi Anda yang masih belum ada gambaran terkait zoning rumah, berikut ada beberapa macam zoning rumah secara umum yang sering diterapkan oleh masyarakat di dalam rumahnya.

Zoning rumah untuk ruang privat

Jenis zoning rumah yang pertama adalah pembagian ruangan untuk ruang privat. Ruang ini merupakan ruang yang digunakan secara pribadi oleh pemilik ruangan. Artinya ruang ini tidak digunakan secara umum atau untuk keperluan orang banyak.

Zoning Rumah yang Tepat dan Nyaman untuk Rumah Idaman 1
zoning rumah via amazonaws.com

Ruang privat biasanya digunakan untuk menjalankan aktivitas pribadi atau untuk beristirah pemilik ruangan tersebut. Sehingga ruangan tersebut juga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk menyendiri atau me time.

Nah, ada beberapa ruang privat yang biasanya ada di dalam rumah, berikut beberapa ruang privat yang ada di dalam rumah pada umumnya.

1. Kamar tidur

Ruang privat yang perama adalah kamar tidur. Ruangan ini menjadi ruang privat pertama yang pada umumnya semua rumah memiliki ruangan ini sebagai salah satu ruangan penting di dalam rumahnya.

tidur menjadi penting karena digunakan sebagai ruangan yang digunakan sebagai ruangan untuk beristirah. Jadi sangat cocok juga digunakan sebagai ruangan untuk me time.

Tidak semua orang bisa memasuki ruang ini, dikarenakan ruang ini adalah ruang pribadi yang mungkin menjadi salah satu ruang yang menyimpan privasi pemiliknya. Jadi hanya orang-orang tertentu yang dibolehkan untuk memasukinya.

Oleh karen itu, sebaiknya Anda mengantongi ijin terlebih dahulu jika ingin memasuki kamar tidur milik orang lain. Sebaliknya, Anda juga harus mempertimbangkan siapa saja yang diijinkan masuk ke dalam kamar tidur ada jika berada di rumah Anda.

2. Kamar mandi

Selanjutnya adalah kamar mandi yang menjadi salah satu bagian dari ruang privat atau ruang pribadi. Hal ini dikarenakan kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang sangat penting dan digunakan sebagai ruang untuk melakukan aktivitas pribadi.

Kamar mandi menjadi kamar terpenting ke dua dalam kategori ruang privat. Kamar mandi juga menjadi ruangan yang harus ada di dalam sebuah rumah. Sehingga tak jarang Anda temui rumah yang memiliki kamar mandi lebih dari satu.

Walaupun memiliki kamar mandi lebih dari satu dalam sebuah rumah, namun tidak semua orang bisa memasukinya tanpa adanya ijin dari pemilik rumah tersebut. Hal ini dikarenakan kamar mandi merupakan ruangan pribadi yang juga mungkin menyimpan rahasia pemilik.

Jadi bagi Anda yang bertamu ke rumah orang lain, Anda sebaiknya mendapatkan ijin dulu jika ingin menggunakan kamar mandi di dalam rumahnya. Nah, jika Anda menerima tamu yang meminta ijin ke kamar mandi, pastikan kamar mandi Anda aman dari segala hal yang tidak diinginkan.

3.Ruang ibadah

Ruang privat yang ke tiga adalah ruang ibadah. Ruang ini menjadi salah satu ruang privat yang biasanya digunakan oleh pemilik untuk beribadah atau berinteraksi dengan Tuhannya.

Jadi tidak semua orang bisa memasukinya, karena ruang ini menjadi ruang untuk mencurahkan semua keluh kesah pemilik dengan Tuhannya. Selain itu, ruang ibadah dalam satu rumah dengan rumah lainnya juga berbeda-beda.

Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang memiliki agama atau keyakinan yang sama. Jadi bisa jadi ruang ibadah dalam satu rumah dengan rumah lainnya berbeda. Hal itu tergantung agama dari masing-masing pemiliknya.

Jadi sebaiknya jika ingin melaksanakan ibadah di rumah orang lain, pastikan pemilik rumah memiliki keyakinan atau agama yang sama dengan Anda. Sehingga ruang ibadah yang digunakan adalah ruangan yang sesuai dan mendukung Anda dalam menjalankan ibadah.

Sehingga diharapkan ibadah yang ditunaikan dapat berjalan dengan lancar dan khusuk sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini dikarenakan peralatan ibadah yang disediakan didalamnya akan mendukung proses jalannnya ibadah Anda.

Zoning rumah untuk ruang publik

Zoning rumah yang ke dua adalah zoning ruang publik. Ruang publik merupakan ruangan yang bisa digunakan atau dikunjungi oleh banyak orang. Artinya semua orang bisa memasukinya dengan mudah.

Ruang publik menjadi ruangan yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Sehingga ruang publik juga didesain layaknya ruangan publik yang bisa diterima oleh banyak orang.

Zoning Rumah yang Tepat dan Nyaman untuk Rumah Idaman 2
zoning rumah via img.okezone.com

Ruang publik dalam sebuah rumah juga menjadi salah satu ruangan yang wajib ada selain ruang privat. Hal tersebut dikarenakan ruang publik memiliki banyak kebermanfaatan dan sangat penting.

Jadi ruang publik harus didesain netral tidak seperti ruang pribadi yang dapat Anda desai sesuai dengan keinginan pribadi Anda, karena ruang pribadi hanya diguankan oleh Anda pribadi.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja yang termasuk dalam ruang publik, berikut beberapa ruang publik yang banyak dibangun dalam sebuah rumah pribadi pada umunya.

1. Teras depan rumah

Ruang publik yang pertama adalah teras depan rumah. Teras depan rumah merupakan salah satu ruangan yang ada di depan rumah yang biasanya digunakan sebagai ruang tunggu bagi para tamu yang belum dipersilahkan masuk ke dalam rumah.

Jadi teras depan rumah sangat sering disinggahi oleh orang-orang, sehingga masuk dalam kategori ruang publik. Tak jarang juga orang mampir ke rumah orang lain dan duduk-duduk di depan teras rumah.

2. Taman depan rumah dan carport

Ruang publik yang ke dua adalah taman depan rumah dan carport. Ruangan ini bisa disinggahi siapa saja yang bertamu ke rumah. Jadi ruangan ini termasuk dalam kategori ruang publik.

Taman depan rumah biasanya didesain menjadi tempat yang cantik dengan dilengkapi berbagai keindahan tanaman bunga atau lainnya. Sehingga tamu yang datang ke rumah Anda akan memiliki kesan baik pada rumah Anda.

Selain itu carport juga biasa disinggahi oleh para tamu yang datang ke rumah Anda untuk sekedar menitipkan kendaraan pribadinya agar terpakir dengan rapi tanpa menggagu jalanan umum. Sehingga Anda perlu membuat carport yang ideal agar dapat menampung kenadaarn pribadi Anda dan tamu yang datang ke rumah Anda.

Jadi kedua ruangan ini biasanya menjadi ruangan pertama yang akan dimasuki oleh orang yang bertamu ke dalam rumah Anda. Sehingga keduanya masuk dalam kategori ruangan publik yang dapat digunakan oleh banyak orang yang berkunjung ke rumah Anda.

3. Ruang tamu

Ruangan publik yang terakhir adalah ruang tamu. Ruangan ini merupakan ruangan yang digunakan untuk menerima tamu. Jadi ruangan ini biasanya digunakan oleh siapa saja yang berkunjung ke rumah Anda.

Mereka yang berkunjung akan memasuki ruangan ini. Jadi ruang tamu biasanya didesain dengan dilengkapi tempat duduk untuk tamu yang berkunjung dan tempat duduk untuk pemilik rumah.

Ruangan ini dapat dimasuki oleh siapa saja yang berkunjung ke rumah Anda. Jadi ruang tamu bisa masuk dalam kategori ruang publik.

Zoning rumah untuk ruang semi publik

Zoning rumah yang selanjutnya adalah zoning ruang semi publik. Ruangan yang masuk dalam kategori ini adalah ruangan yang biasanya digunakan secara pribadi oleh pemiliknya, namun juga dapat digunakan oleh orang lainnya dalam rumah Anda.

Zoning Rumah yang Tepat dan Nyaman untuk Rumah Idaman 3
zoning rumah via i0.wp.com

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan ruangan semi publik, berikut beberapa ruangan yang termasuk dalam kategori ruang semi publik yang ada dalam rumah secara umum.

1. Ruang keluarga

Ruangan semi publik yang ada dalam sebuah rumah yang pertama adalah ruang keluarga. Ruangan ini memasuk dalam kategori ini dikarenakan ruangan ini menjadi ruangan yang digunakan oleh siapa saja yang termasuk dalam kategori keluarga dalam rumah tersebut.

Jadi, semua anggota keluarga Anda dapat memasuki ruangan ini tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Ruang keluarga biasanya didesan dengan dengan berbagai peralatan yang memberikan kenyamanan dan membuat suasanya menjadi lebih santai.

Misalnya dilengkapi dengan adanya televisi dan sofa yang nyaman untuk duduk bersama-sama dengan keluarga Anda. Jadi moment kebersamaan di dalam rumah menjadi sangat berharga dan Anda dapat menikmati kebersamaan tersebut dengan santai dan senang.

2. Ruang belajar

Ruang semi publik yang ke dua adlaah ruang belajar. Ruangan ini juga menjadi ruangan yang dapat dimasuki oleh siapa saja yang menjadi bagian dalam keluarga dalam rumah tersebut.

Namun, ruang belajar juga bisa menjadi ruangan pribadi tergantung bagaimana kondisi si pengguna ruangan. Karena kegiatan belajar juga menjadi kegian yang dilakukan oleh individu dengan berbagai perbedaan kenyamanan.

Terkadang ada yang nyaman belajar sendiri di dalam ruangan tersebut namun terkadang juga bisa menjadi ruangan yang dapat digunakan oleh anggota keluarga lainnya yang ingin belajar.

3. Ruang makan

Ruang semi publik yang terakhir adalah ruang makan. Ruangan ini boleh digunakan oleh siapa saja yang menjadi salah satu anggota keluarga dalam rumah tersebut. Hal ini dikarenaka ruang makan menjadi tempat berkumpul untuk melakukan aktivitas makan bersama dengan keluarga.

Oleh karena itu, ruang makan menjadi salah satu bagian dari ruang semi publik yang ada dalam sebuah rumah. Walapun bisa juga dimasuki orang lain, namun tidak semua orang dapat memasukinya tanpa seijin dari pemilik rumah.

Zoning rumah untuk ruang service

Zoning rumah yang terakhir adalah zoning ruang service. Ruangan ini biasanya digunakan sebagai ruangan yang dapat memberikan pelayanan untuk siapa saja yang ada di dalam rumah.

Zoning Rumah yang Tepat dan Nyaman untuk Rumah Idaman 4
zoning rumah via blogpictures.99.co

Ruang service dalam sebuah rumah juga manjadi ruangan yang penting. Sehingga ruangan ini sangat disarankan untuk ada dalam sebuah rumah. Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut dua ruang service yang sebaiknya ada dalam rumah Anda.

1. Gudang

Ruang service yang pertama adalah gudang. Ruangan ini sangat penting karena dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan atau bahan makanan dalam jumlah besar.

Sehingga rumah Anda akan tetap terlihat rapi, sehingga Anda bisa menikmati kerapihan rumah Anda dengan senang karena berbagai peralatan yang tidak terpakai atau bahan makanan dengan jumlah banyak bisa masuk dalam ruangan tersendiri dan tidak mengganggu keindah ruangan lainnya.

2. Dapur

Raung service yang selanjutnya dalah dapur. Ruangan ini juga menjadi ruangan yang sangat penting. Mayoritas sebuah rumah memiliki satu dapur yang dapat digunakan untuk memasak atau menyiapkan makanan.

Sehingga dapur menjadi ruang service yang sangat penting keberadaannya karena berhubungan langsung dengan kebutuhan hidup manusia atau orang-orang yang berada dalam satu rumah tersebut.

Demikian beberapa macam zoning ruangan dalam rumah hunian secara umum yang dapat juga diterapkan dalam rumah idaman Anda. Dengan demikian rumah hunian akan tertata rapi sesuai dengan fungsinya.

Implikasi lainnya adalah akan membuat ruangan berfungsi secara maksimal setelah mengetahui macam-macam pembagian ruangan yang tepat secara umum. Pembagian ruangan tersebut dapat memperjalas fungsi ruangan dan juga dapat mempengaruhi desain rumah yang akan Anda bangun.

Bagi Anda yang sedah mengetahui zoning rumah yang akan diterapkan dalam rumah hunian, Anda selanjutnya dapat membuat desain rumah. Hal tersebut dikarenakan zoning rumah juga akan mempengaruhi tata letak ruangan dalam rumah Anda.

Sehingga diharapkan desain yang dibuat akan menjadi desain yang sesuai dengan keinginan dan fungsinya. Dengan bagitu, zoning rumah dapat Anda tentukan sebelum Anda membuat desain rumah hunian nyaman untuk Anda. Zoning ruangan juga dapat membuat ruangan dalam rumah berfungsi secara maksimal.

Untuk itu, bagi Anda yang belum menentukan desain rumah, mulai sekarang Anda sudah bisa menentukan pembagian ruangan dalam rumah yang tepat dan menjadikan rumah lebih nyaman dengan penataan ruangan yang sesuai.

Semoga informasi di atas dapat memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua yang sudah membaca artikel ini dan dapat menjadi salah satu sumber penambah pengetahuan Anda khususnya terkait zoning ruangan dalam rumah hunian.

Hal terpenting lainnya adalah jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapikan setiap ruangan yang ada dalam rumah hunian Anda. Sehingga rumah hunian Anda bisa memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang ingin membuat rumah. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *