Hal-hal yang Sebaiknya Ada pada Kamar Mandi Sehat? Apa sajakah itu?

Tahukah Anda bahwa ada beberapa elemen penting yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat. Salah satunya adalah bukaan jendela. Kemudahan masuknya cahaya dan udara melalui jendela adalah salah satu elemen yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat.

Bayangkan saja jika misalnya kamar mandi yang dipakai sehari-hari tidak ada jendela atau bukaan lain semacamnya. Tentu segala bau-bauan dan kelembaban udara yang buruk akan tetap terpelihara di dalam ruangan. Inilah yang biasanya menjadi sumber/potensi timbulnya kuman penyebab penyakit. Dengan kata lain, jika Anda ingin mewujudkan kamar mandi sehat, maka hal-hal; tersebut harus dipikirkan.

Pentingnya Membuat Kamar Mandi Sehat dalam Rumah

Seperti halnya ruangan lain dalam rumah, kamar mandi pun perlu diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Kenapa? Sebab kamar mandi secara fungsi digunakan sebagai area untuk membuang kotoran di badan. Otomatis, kamar mandi akan menjadi tempat berkumpulnya sisa pembersihan dari badan.

Oleh karenanya, perlu sekali untuk memprioritaskan kebersihan dan kriteria kesehatannya.  Untungnya, pada kesempatan kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang apa saja yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat dan ideal. Silahkan disimak barang kali ada yang belum terpenuhi bisa dilengkapi.

kamar mandi ideal. kamar mandi sehat, yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat
Ada beberapa elemen yang harus ada untuk mendapatkan kamar mandi yang ideal – Diminimalis.com

Elemen-elemen yang Sebaiknya Ada pada Kamar Mandi Sehat

Di bawah ini kami telah merangkum tentang apa saja yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat, diantaranya:

Jendela atau skylight

Hal mendasar yang cukup penting pada kamar mandi adalah penerangan yang cukup. Jangan lupa untuk mengupayakan penerangan alami dari luar melalui jendela atau skylight (atap kaca).

Cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar dapat membantu menghambat perkembangan biakkan kuma. Jadi, usahakan matahari mudah masuk ke dalam melalui skylight atau bukaan lainnya. Dengan adanya akses matahari yang masuk, membuat kamar mandi lebih cepat kering secara alami serta membantu membasmi kuman dan bakteri.

Ventilasi udara

Ventilasi untuk sebuah kamar mandi memiliki banyak kegunaan. Sebab, lewat sanalah udara dapat keluar masuk dengan lancar.

Selain itu, saat siang hari, kamar mandi Anda akan menjadi terang sehingga tidak perlu lagi menyalakan lampu. Sebagaimana skylight, ventilasi juga berfungsi untuk menjaga suhu kamar mandi Anda agar tidak lembab. Jadi, silakan atur agar ventilasi kamar mandi Anda bekerja dengan baik ya.

Exhaust fan (alternatif jendela)

Mencegah Dinding Lembab, cara Mencegah Dinding Lembab, mengatasi Dinding Lembab, mengatasi tembok lembab Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi
pemasangan exhaust fan pada kamar mandi bisa mencegah kelembaban pada dinding – diminimalis.com

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela, maka alternatif lainnya bisa gunakan kipas angin atau exhaust fan. Elemen ini berfungsi untuk menyaring serta menyerap udara di dalam kamar mandi, sehingga sirkulasinya tetap terjaga.

Selain itu, adanya exhaust fan dapat membantu menyerap udara kotor yang mengumpul di dalam kamar mandi Anda. Fungsi lain yang jarang disadari, exhaust fan kamar mandi ini juga efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri pembawa penyakit.

Tempat sampah

Elemen lain yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat adalah tempat sampah. Gunakanlah tempat sampah yang tertutup dan mudah untuk dibuka.

Ini akan sangat bermanfaat agar Anda tak perlu repot keluar kamar mandi untuk membuang sampah dari dalam. Adanya tempat sampah ini dapat mencegah sampah-sampah kecil yang menumpuk di saluran pembuangan.

Tanaman dalam pot

Tanaman pot juga menjadi hal yang penting untuk ditempatkan pada kamar mandi ideal di rumah Anda. Meski terdengar sederhana, namun tanaman memiliki peran yang cukup baik untuk membantu menyegarkan ruangan kamar mandi. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih tanaman sirih yang efektif menyerap polutan di area sekitarnya.

Cermin dinding

Cermin akan sangat bermanfaat untuk membantu mengecek penampilan Anda di kamar mandi. Selain itu, adanya cermin juga dapat memberikan kesan luas. Sebaiknya pasang cermin di area focal point seperti di dekat pintu atau wastafel.

Cat dinding cerah

Untuk menunjang tampilan yang estetis, pilihlah warna-warna dinding yang cerah seperti biru, krem atau putih. Warna-warna ini akan memberikan kesan yang luas, bersih dan nyaman untuk kamar mandi Anda. Gunakan juga cat berbahan vinyl yang tahan terhadap jamur pada area yang sering lembab.

Pengharum ruangan

Udara lembab dapat menimbulkan aroma apek di dalam kamar mandi Anda. Maka, alangkah baiknya Anda memberikan pengharum ruangan agar kamar mandi Anda lebih segar. Dengan adanya aroma harum yang menyebar di dalam kamar mandi Anda maka akan membantu Anda lebih semangat menjaga kebersihan.

Jadi, pada intinya mempertimbangkan berbagai elemen yang sebaiknya ada pada kamar mandi sehat itu sangat penting. Tidak ada alasan untuk tidak perhatian dengan kondisi kamar mandi. Sebab, kamar mandi seperti sudah menjadi bagian dari tempat keseharian Anda. (ls) editted by RN24062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.