oleh

Apa Saja Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa?

Indonesia masuk ke dalam kawasan “ring of fire”, yaitu kawasan yang dikelilingi oleh gunung berapi yang secara tidak langsung memberikan potensi gempa akibat akitvitas struktur bumi di bagian dalam. Disinilah kita perlu waspada, karena kadang gemmpa terjadi tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Kita memang tidak bisa mencegah terhadap apa yang terjadi pada alam, tapi setidaknya kita bisa melakukan tindakan terbaik saat bencana alam tersebut terjadi. Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa, agar kita bisa selamat dari bencana alam tersebut.

Yang harus dilakukan saat terjadi gempa, tindakan yang dilakukan saat terjadi gempa bumi, apa yang harus dilakukan setelah gempa bumi terjadi, apa yang harus kita lakukan ketika terjadi tsunami, apa saja yang harus dilakukan jika terjadi gempa
Diperlukan langkah tepat untuk meminimalisir korban saat terjadi gempa yang datang tiba-tiba – Diminimalis.com

Yang harus dilakukan saat terjadi gempa

Ada 2 hal yang bisa kita antisipasi saat terjadi gempa, yang pertama adalah mempertahankan rumah dan isi-isinya, yang kedua adalah berusaha menyelamatkan diri dan keluarga saat terjadi gempa. Untuk meminimalisir efek buruk gempa pada rumah minimalis Anda, tentu Anda perlu membuat desain rumah yang benar-benar dirancang untuk kuat menghadapi gempa. Diantara upaya tersebut bisa dimulai dari membuat pondasi yang kokoh, membangun struktur dinding dan atap yang kuat, atau membuat rancangan khusus rumah tahan gempa. Sedangkan untuk perlindunga kedua, yaitu tentang menyelamatkan diri dan keluarga dari gempa, karena hal merupakan upaya yang paling penting yang harus diutamakan. Dan di bawah ini kami mengulas detail terkait apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisir korban akibat gempa.

Jika Anda berada di dalam rumah

• Yang harus dilakukan saat terjadi gempa ketika Anda sekeluarga sedang berada di rumah, adalah berusaha untuk tetap tenang dan jangan panik. Hal ini penting agar pikiran bisa difokuskan untuk menacri antisipasi terbaik. Diantara upaya terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu.

• Berlindunglah di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Lindungi kepala Anda dengan apa saja, misalnya bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup. Menjauhlah dari jendela kaca, perapian, kompor, atau peralatan rumah tangga yang mungkin akan jatuh.

• Jika malam hari dan Anda sedang berada di tempat tidur, cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yang kuat. Lampu senter sebaiknya selalu tersedia di dekat tempat tidur, karena bisa saat terjadi gempa, aliran listrik menjadi mati.

• Bila gempa berhenti dan ada kesempatan, segera keluar menuju tempat terbuka, hati-hati terhadap pecahan kaca atau benda yang jatuh. Jika tidak, jongkok atau tiarap di lantai. Gunakan bangku, meja, atau perlengkapan rumah tangga yang kuat sebagai perlindungan.

Jika Anda berada di luar rumah

• Jika Anda beruntung sudah keluar dari rumah, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tanah lapang.

• Jangan melakukan tindakan apapun, tunggulah sampai keadaan benar-benar tenang karena setelah gempa pertama, akan ada kemungkinan terjadi gempa susulan.

• Jauhi pohon, tiang listrik, atau bangunan yang bisa rubuh seketika.

• Jauhi jurang atau lereng yang curam, karena kemungkinan longsor lebih besar.
• Jika Anda merasakan getaran gempa yang sangat kuat, segera berlari ke dataran yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.

Tindakan terbaik setelah gempa terjadi

• Jika getaran gempa bumi sudah selesai,Anda perlu waspada akan adanya gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari gempa pertama.

• Jangan masuk ke dalam bangunan jika kondisinya dirasa belum aman, gempa susulan walaupun berkekuatan kecil dapat merobohkan bangunan yang kondisisnya sudah parah.

• Sekiranya kondisi sudah aman segera periksa kompor Anda. Jika tercium bau gas segera tutup dan cabut katup penghubung tabung gas.

cara memadamkan kebakaran, prinsip memadamkan api, cara memadamkan api listrik
Gempa dapat membuat korsleting listrik – Diminimalis.com

• Jika Anda curiga ada kerusakan listrik yang timbul akibat gempa bumi segera matikan sumber listrik di rumah agar tidak terjadi konsleting listrik yang membahayakan.

• Segarlah mendengarkan informasi mealui radio atau media komunikasi lainnya untuk informasi gempa susulan, atau efek lain yang timbul, seperti tsunami atau tanah longsor.

• Periksalah keadaan Anda sendiri, apakah ada bagian tubuh Anda yang terluka atau tertimpa benda-benda berat.

• Setelah menkondisikan diri sendiri, segara tolong jika ada orang lain yang terlukan atau terjebak di reruntuhan bangunan.

• Jangan lupa untuk mengabarkan kondisi pada sanak dan kerabat agar mereka mengetahui kabar Anda, agar mereka tidak panik dan bisa segera memberi pertolongan terbaik bila diperlukan.

• Jika Anda berada di pegunungan, dekat dengan lereng atau jurang yang rapuh, waspadalah dengan batu atau tanah longsor yang runtuh akibat gempa.

• Jika Anda di wilayah dekat pantai, segeralah berpindah ke daerah yang agak tinggi atau beberapa ratus meter dari pantai. Karena gempa bumi dapat menyebabkan tsunami.

Demikian ulasan kami tentang tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa di rumah minimalis Anda. Semoga ulasan di atas dapat menambah referensi Anda untuk melindungi keluarga tercinta bila suatu ketika terjadi gempa yang datang tiba-tiba. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.