by

4 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang Terpopuler

Kota semarang pasti tak asing lagi terdengar di telinga Anda. Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan julukannya sebagai kota Lumpia. Hal ini karena lumpia merupakan makanan khas dari Kota Semarang yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh yang tidak boleh Anda lewatkan.

wisata keluarga di semarang

Selain terkenal akan kuliner lezatnya, Semarang juga mempunyai tempat wisata menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak dicari di internet adalah tempat wisata untuk anak-anak dan keluarga. Sebelumnya sudah saya berikan rekomendasi tempat wisata keluarga di Jogja, Anda bisa berkunjung ke salah satunya saat sedang di Jogja. Kali ini kita akan beralih untuk membahas 4 destinasi wisata keluarga di Semarang yang wajib Anda kunjungi.

4 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang

Saya telah merangkum 4 destinasi wisata keluarga di Semarang terpopuler dan terrekomendasi untuk Anda. Indeks kepopuleran dan rekomendasi saya peroleh berdasarkan indeks banyaknya interaksi dan komentar positif tentang profil lokasi yang disebutkan pada google map. Nah, apa saja destinasi wisata keluarga di Semarang yang saya maksud? Ini dia:

1. Museum Ranggawarsita

wisata keluarga di semarang

 Destinasi wisata keluarga di Semarang yang pertama ada Museum Ranggawarsita. Museum ini memiliki lebih dari 59 ribu koleksi menarik yang akan memperkaya ilmu pengetahuan Anda. Tempat ini sangat cocok untuk ada kunjungi bersama keluarga sebagai sarana rekreasi edukasi.

Museum Ranggawarsita telah resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1989 dan masih eksis hingga sekarang. Museum ini telah diklaim sebagai museum terlengkap di Indonesia. Fasilitas yang dimiliki di Museum Ranggawarsita ini sudah berstandar internasional sehingga memungkinkan untuk buka setiap hari, bahkan pada hari libur Nasional sekalipun.

Lokasi dan Rute

Lokasi museum ini cukup strategis karena berada di dekat Bandara Ahmad Yani maupun Tugu Muda. Alamat lengkapnya yaitu di Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Semarang. Untuk rute lebih detail Anda dapat melihatnya pada google map dengen mengetik: Museum Ranggawarsita Semarang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Museum Ranggawarsita tergolong sangat murah. Hanya dengan membayar Rp 2000/orang untuk anak-anak dan Rp 4.000/orang untuk dewasa, Anda dan keluarga dapat berkeliling untuk melihat beragam koleksi benda bersejarah serta menikmati aneka fasilitas lain yang ditawarkan.

Jam Buka

Museum Ranggawarsita buka setiap hari, dengan rincian waktu sebagai berikut,
Senin-Kamis 08.00-15.30 WIB
Jumat 08.00-11.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Hari Libur 08.00-14.00 WIB

Fasilitas dan Wahana

– Gedung Pameran
– Perpustakaan
– Ruang Audio Visual
– Ruang Apresiasi Budaya
– Auditorium
– Gedung Art Shop
– Laboratorium
– Taman Bermain
– Kantin
– Toilet
– Mushola
– Area Parkir

2. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

4 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang Terpopuler 1

Kepopuleran Museum 3D mengilhami berdirinya museum serupa di kota-kota besar di Indonesia salah satunya di Semarang. Diresmikan pada tahun 2016 dengan nama Old City 3D Trick Art Museum Semarang, museum ini sukses mengambil hati masyarakat sebagai wisata primadona di Semarang. Museum ini juga telah dinobatkan sebagai museum 3D terbesar yang ada di Jawa Tengah.

Old City 3D Trick Art Museum Semarang merupakan museum kekinian yang menawarkan sensasi baru yang berbeda dengan museum biasanya. Museum ini menyediakan 108 gambar 3 dimensi yang atraktif, unik, menarik dan terlihat nyata serta mampu mengecoh mata untuk dijadikan background foto. Gambar yang tersedia cukup beragam mulai dari kartun, tokoh terkenal, bangunan khas Semarang, icon dunia, tokoh film terkenal, dan sebagainya. Pada batas periode tertentu museum ini akan mengganti tema supaya pengunjung tidak bosan dan bisa kembali berkunjung.

Lokasi dan Rute

Old City 3D Trick Art Museum Semarang terletak di Jl. Letjend Suprapto No 26 Kota Lama Semarang. Google map dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan rute yang lebih detail dengan menggunakan kata kunci: Old City 3D Trick Art Museum Semarang.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk menuju Old City 3D Trick Art Museum Semarang, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 50.000/orang. Tarif ini sepadan dengan fasilitas yang tersedia dan sensasi yang didapat. Apabila ingin menyewa properti atau kostum untuk berfoto, Anda harus membayar lagi sebesar Rp 15.000/orang.

Jam Buka

Old City 3D Trick Art Museum Semarang buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi sampai 21.00 malam.

Fasilitas dan Wahana

– Ruang Photobooth Properti 3D
– Ruang Display
– Omah Kwalik
– Tempat Parkir
– Mushola
– Toilet

3. Water Blaster Semarang

4 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang Terpopuler 2

Wisata keluarga terasa kurang lengkap jika belum mengunjungi kolam renang atau waterpark. Water Blaster Semarang ini dapat dijadikan pilihan tepat untuk mengisi waktu libur Anda bersama keluarga. Beragam wahana yang ditawarkan membuat waterpark ini dapat dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Waterpark seluas 4 Hektar ini, selain menyediakan wahana air juga menyediakan wahana menarik lainnya seperti flying fox. Water Blaster Semarang diklaim sebagai waterpark pertama dan terlengkap di Semarang. Tidak mengherankan jika waterpark ini sangat populer dan selalu menjadi pilihan favorit sebagai destinasi wisata keluarga.

Lokasi dan Rute

Water Blaster Semarang beralamat di Jalan Bukit Candi Golf, No.1, Tembalang, Semarang. Informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh menggunakan google map dengan kata kunci: Water Blaster Grha Candi Golf.

Harga Tiket Masuk

Tarif tiket masuk waterpark ini yaitu sebesar Rp 60.000/orang saat weekday dan Rp 80.000/ orang saat weekend.

Jam Buka

Water Blaster Semarang buka setiap hari, kecuali hari Senin. Pada hari Selasa sampai Jumat waterpark buka mulai pukul 10.00-17.30 WIB. Sedangkan pada Weekend dan Hari Libur waterpark buka lebih awal yaitu mulai pukul 07.00-17.30 WIB.

Fasilitas dan Wahana

– Water Slide
– Slide Race
– Family Slide
– Lazy River
– Bandulan
– Cross Over
– Flying Fox
– Kolam Ombak
– Paint Ball
– Star Plaza
– Pelampung
– Race Cafe
– Blaster Shop
– Noah Ship
– Gazebo
– Food Court
– Loker
– Toilet

4. Lawang Sewu

4 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang Terpopuler 3

Apakah Anda tau ikon paling terkenal kota Semarang? Yups, jawabannya adalah Lawang Sewu. Dinamakan lawang sewu dikarenakan banyaknya jumah pintu yang terpasang di bangunan tersebut (lawang: pintu, sewu: seribu), dalam bahasia Indonesia Lawang Sewu berarti pintu seribu. Lawang sewu dahulu merupakan bangunan kantor pusat perusahaan kereta api pertama Hindia-Belanda sebelum akhirnya ditinggalkan.

Bangunan bersejarah yang mempunyai nilai artistik yang tinggi ini merupakan bangunan peninggalan pada zaman Belanda. Meski telah berusia lebih dari 1 Abad, namun kemegahan dan keindahannya masih dapat kita nikmati hingga saat ini. Lawang Sewu kini telah menjadi tempat favorit untuk foto prewedding, maupun foto-foto santai bersama kawan dan keluarga. Bahkan bangunan ini juga masih kerap dijadikan lokasi syuting untuk pembuatan film karena keunikan yang dimilikinya,

Lokasi dan Rute

Lokasinya yang strategis karena berada di komplek Tugu Muda, membuat tempat wisata ini mudah ditemukan dan selalu ramai oleh para wisatawan. Untuk alamat lengkapnya yaitu di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang. Anda dapat menggunakan google map untuk informasi lebih lengkap dengan mengetik: Lawang Sewu.

Harga Tiket Masuk

Tarif masuk menuju bangunan bersejarah ini tergolong murah. Cukup dengan membayar Rp 5.000/orang untuk anak-anak dan Rp 10.000/orang untuk dewasa Anda dan keluarga dapat berjalan-jalan mengelilingi bangunan yang menjadi ikon kota semarang ini.

Jam Buka

Wisata Lawang Sewu buka setiap hari, mulai pukul 07.00 pagi sampai 21.00 malam.

Fasilitas dan Wahana

– Bangunan Bersejarah
– Toilet
– Kantin
– Mushola

Dari keempat wisata keluarga di Semarang terpopuler di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Apapun pilihannya, yang pasti wisata keluarga merupakan momen yang tepat untuk quality time bersama orang-orang yang Anda cintai. Pastikan selalu bahwa tempat yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tips Berlibur Bersama Keluarga

Berikut ini saya bagikan tips pergi liburan keluarga untuk Anda:
1. Memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat
2. Mengecek barang bawaan
3. Berdoa sebelum berangkat
4. Pastikan rute yang dipilih tepat
5. Pilihlah destinasi wisata yang sesuai dengan umur buah hati dan kondisi kesehatan keluarga Anda
6. Apabila membawa balita pada tempat wisata, pastikan selalu untuk mengawasi dan menjaganya
7. Membawa obat-obatan yang diperlukan

Demikian empat destinasi wisata keluarga di Semarang yang selalu menjadi favorit saat liburan tiba. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga liburan Anda menyenangkan. Selamat berlibur. (NN)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.