Warna Lukisan Abstrak dan Esensinya pada Interior Rumah Anda

Warna lukisan abstrak dapat diklasifikasian dalam beberapa kelompok, yaitu warna panas, dingin, dan harmonis. Warna panas terdiri dari unsur-unsur warna merah, kuning dan oranye. Warna dingin terdiri dari unsur-unsur warna hijau, hijau muda, dan biru. Warna harmonis terdiri dari unsur-unsur warna biru, hijau dan hijau muda.

warna lukisan abstrak, contoh lukisan abstrak mudah, contoh lukisan abstrak dan maknanya
warna lukisan abstrak dengan pola tersturktur – diminimalis.com

Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas tentang manfaat lukisan abstrak pada desain rumah minimalis, Anda bisa membacanya di bawah ini.

Kali ini diminimalis akan mengulas tentang esensi warna pada lukisan abstrak dan perpaduannya dalam memberkan nuansa tertentu pada rumah minimalis Anda. Pada lukisan abstrak, seorang pelukis memilih warna-warna berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Pilihan-pilihan warna berdasarkan pada karakter dan makna-makna simbolik warna itu sendiri.

Warna Lukisan Abstrak pada Interior Rumah Minimalis

Dalam mendesain tampilan interior dengan lukisan abstrak, kita perlu memahami sifat dari warna-warna yang kita mainkan. Salah satu caranya, kita perlu membaurkan warna monokromatis, yaitu warna yang disusun berdasarkan warna senada. Warna senada dibuat dengan menambahkan warna putih atau hitam.

Bagi Anda yang menyukai ketenangan, alangkah baiknya mendominasikan warna biru pada lukisan abstrak yang Anda pilih atau yang akan Anda buat sendiri. Warna biru bila ditambahkan warna putih akan menjadi biru terang. Semakin banyak warna putih ditambahkan, warna biru akan tampak semakin terang. Dengan cara seperti ini warna biru terang bisa dibuat menjadi beberapa tingkatan. Ini cocok bagi Anda yang ingin memberi nuansa tenang pada interior rumah minimalis Anda.

Warna lukisan abstrak dan perpaduan garis untuk menguatkan desain interior

Lukisan abstrak juga dapat dianalisis berdasarkan karakter garis dan teksturnya. Garis dan tekstur memiliki karakter tertentu. Garis meliuk terkesan gemulai, lembut dan lunak. Garis lurus dan menikung tajam terkesan kaku, tegas dan keras.

Demikian pula dengan tekstur, permukaan tekstur lukisan menyampaikan karakter tertentu. Tekstur halus memberikan kesan lembut dan nyaman. Sedangkan tekstur kasar manyampaikan kesan sebaliknya, keras dan tidak nyaman.

Dari sini Anda tentunya sudah memiliki kecenderungan, tekstur lukisan abstrak seperti apa yang cocok dengan karakter dan interior rumah Anda. Karena, sebelum memajang lukisan abstrak, umumnya furniture interior rumah sudah dibuat menyatu dengan karakter pemilik rumah itu sendiri.

warna lukisan abstrak, contoh lukisan abstrak mudah, contoh lukisan abstrak dan maknanya
warna lukisan abstrak dengan pola melengkung yang lembut – diminimalis.com

Bila Anda ingin menonjolkan keteraturan atau ketidakteraturan dalam seni maupun penataan ruang, Anda bisa memilih lukisan abstrak berdasarkan polanya.

Pertama, komposisi simetris.

Pada komposisi ini, unsur-unsur visual lukisan disusun seimbang secara simetris.

Komposisi simetris adalah penempatan objek gambar (model) yang disusun sedemikian rupa agar posisinya seimbang antara bagian kiri dan kanan. Pada komposisi ini, dikehendaki juga keseimbangan bentuk dan ukuran dari benda itu sendiri.

Kembali ke pemasangan lukisan, maka komposisi simetris memberikan pengertian bahwa penataan lukisan yang benar adalah sesuai dengan bentuk dan ukurannya. Untuk lukisan besar sebaiknya diatur di ruangan-ruangan yang emmang besar. Posisikan di bagian tengah dengan bentuk yang simetris.

Kedua, komposisi asimetris.

Pada komposisi ini, susunan unsur-unsur visual lukisan disusun seimbang namun tidak simetris.

Komposisi asimetris ialah penempatan objek gambar yang tidak seimbang antara posisi kanan dan kiri serta ukuran dan bentuk objek yang juga berbeda. Meski begitu, pada komposisi asimetris ini Anda harus tetap memperhatikan proporsi, kesatuan, dan keseimbangan di antara benda yang menjadi objek gambar.

Misalnya untuk gambar dengan banyak varian objek perlu diseimbangkan penempatannya agar tidak ada ketimpangan dari sisi tampilan. Jadi, meski ukurannya berbeda dan tetap ingin dipasang dalam satu area yang sama maka fokusnya adalah pada keseimbangan objek gambar dan keseragamannya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa setiap objek lukisan tidak terikat pada ukurannya saja, namun juga pada keserasiannya. Fokus penempatan lukisan bisa dimulai dengan memilah dan memilih lukisan berdasarkan ukuran, objek. Jika ukurannya sudah diseragamkan maka akan cukup mudah untuk menentukan warna lukisan abstrak yang akan dipasang.

Demikian ulasan kami tentang perpaduan warna lukisan abstrak yang memberi pengaruh pada nuansa interior rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN 24122019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.