Warna Karpet untuk Menguatkan Kesan Interior Rumah Minimalis Anda

Penentuan warna karpet lantai meskipun terlihat sepele, namun memiliki dampak yang sangat besar pada sebuah ruangan. Warna karpet bisa memberikan kesan elegan atau tidak pada ruangan setelah karpet tersebut dipasang.

Memilih warna karpet tertentu pada sebuah ruangan menjadi penting karena elemen ini akan berpengaruh pada nilai estetika dan nuansa yang diinginkan. Oleh karenanya Anda bisa mulai mempertimbangkan pemilihannya sejak awal pembelian. Pilih yang terbaik dan paling sesuai dengan konsep interior rumah.

warna karpet, warna karpet lantai, model karpet karakter
karpet dengan warna ungu yang selaras dengan interior sekitarnya – diminimalis.com

Tips Memilih dan Menentukan Model, Serta Warna Karpet untuk Ruangan

Meski terlihat gampang, memilih karpet yang sesuai dengan ruangan tak semudah membalikan telapak tangan. Sebab, Anda mesti melakukan beberapa pertimbangan agar karpet yang telah dibeli tidak membuat Anda menyesal.

Sesuaikan ukuran karpet minimalis yang sesuai space kamar

Tips pertama dalam memilih karpet minimalis yang tepat adalah dengan memastikan ukuran karpet yang dipilih sudah sesuai dengan ukuran kamar Anda. Hal ini tentu menjadi penting untuk Anda cermati, terlebih jika kamar Anda berukuran sempit.

Model karpet yang dipilih juga hendaknya disesuaikan dengan lokasi di mana Anda akan meletakkannya. Jika Anda ingin menggelarnya di luar ruangan, maka pilihlah ukuran karpet yang sesuai dengan ukuran atau luas lantai.

Sebaliknya, jika Anda ingin karpet Anda berfungsi sebagai alas tempat tidur, Anda bisa memilih model karpet minimalis yang berukuran lebih lebar.

Pilih material karpet minimalis yang sesuai

Selanjutnya adalah memilih material terbaik. Ini akan sangat dibutuhkan manakala Anda ingin merasa menggelar aktivitas yang menuntut untuk lesehan.

Oleh karenanya, memilih model karpet minimalis yang terbuat dari material yang tebal dan lembut merupakan satu hal yang penting. Sebab dengan begitu, Anda akan merasa nyaman saat duduk-duduk tanpa takut kedinginan kakinya.

Anda sendiri bisa memilih model karpet minimalis dengan bahan dari bulu-bulu panjang atau yang sejenisnya. Selain hangat, model karpet seprti ini juga akan mampu memberikan kesan estetis dan fun saat digunakan. Namun, jika Anda ingin ruangan kamar tampak lebih elegan, model karpet minimalis dari bahan wol atau katun bisa jadi pilihan yang paling cocok. Apapun pilihan Anda, plihlah bahan yang membuat Anda sekeluarga nyaman ya!

Pilih model, warna, dan motif yang tepat

Di pasaran, tersedia berbagai model karpet minimalis yang bisa membuat Anda semakin betah di kamar. Namun, jika Anda tak pandai memilihnya, bisa jadi malah akan jadi bumerang dan menjadi kurang nyaman dipandang.

Jadim, pilihlah model karpet minimalis dengan motif yang simpel saja dan tidak berlebihan apalagi untuk kamar yang sempit. Anda bisa memilih model karpet dengan warna netral atau sesuai tema ruangan yang akan diberi karpet.

Jika tidak ingin terlalu ramai, lebih baik pilihlah motif karpet polos jika terdapat banyak barang dan dekorasi di dalam ruangan. Ini bertujuan agar ruangan Anda yang mungil tersebut tidak terkesan sesak dan berantakan warna. Sebaliknya, beri sentuhan pada nuansa kamar Anda dengan motif dan warna karpet yang menarik jika tidak terlalu ada banyak barang dan dekorasi.

Pilih karpet dulu sebelum tambahkan aksesori dekorasi

Tips terakhir adalah mengutamakan pemilihan karpet dulu sebelum dekorasi. Hal ini bertujuan agar karpet yang sudah dibeli tidak sia-sia karena telah sesuai rencana. Anda bisa mengatur tambahan dekorasi setelah karpet Anda dapatkan.

Jenis Warna Karpet dan Dampak Psikologis yang Ditimbulkan

Dalam pemilihan warna kerpet, jangan sampai Anda salah memadukannya dengan warna interior ruangan di sekitarnya. Hal ini akan dapat mengganggu sinergi ruangan dan membuat orang merasa tidak nyaman saat berada pada ruangan tersebut. Warna pada karpet yang akan Anda pilih sebagai alas ruangan, memiliki pengaruh psikologis tertentu, antara lain:

● Warna gelap, akan memberikan kesan berat serta lebih elegan pada ruangan.
● Warna-warna terang yang lebih netral, memberikan kesan ringan dan lebih mudah membaur dengan ruangan.
● Warna biru di ruangan rumah, bisa membawa dampak ketenangan dan kedamaian hati.
● Warna hijau, bernuansa alam, bisa memberikan suasana relaksasi, kesejukan, dan harmoni. Dampaknya bisa meringankan pikiran.
● Putih, warna ini akan memberikan kesan ringan, kepolosan, kemurnian, serta bersih.

warna karpet, warna karpet lantai, model karpet karakter
karpet warna coklat yang selaras dengan warna interiornya – diminimalis.com

Tips Memadukan Warna Karpet Lantai yang Sesuai dengan Ruangan

Sebelum Anda memilih karpet lantai untuk desain interior ruangan Anda, ada baiknya mempertimbangkan beberapa tips pemilihan warna karpet yang serasi dengan ruangan Anda. Berikut tipsnya:

● Untuk desain rumah minimalis, pilih karpet lantai yang memiliki warna-warna menarik, namun tidak banyak motif, dengan desain minimalis.
● Untuk memberi kesan ruangan yang sudah banyak perabot dan ruangan terasa penuh, pilih karpet dengan satu warna saja. Sebaliknya jika ruangan terlihat polos dan terasa lapang, Anda bisa memilih karpet dengan beberapa paduan warna.
● Saat memilih warna, pilih karpet yang bisa mendukung suasana ruang tamu yang ingin Anda hadirkan. Sedangkan untuk motif, serasikan dengan desain sofa. Jika sofa Anda bermotif, gunakan karpet polos dan sebaliknya.
● Pertimbangkan elemen kunci dalam ruangan dengan melihat tiga warna utamanya, dengan menggunakan karpet berpola. Namun bila karpet hanya untuk melengkapi ruangan yang sudah ramai, pilih satu warna tunggal.

Baca juga: Cara Merawat Karpet yang Tepat Supaya Terbebas dari Kuman

Demikian ulasan kami tentang dampak psikologis pemilihan warna karpet pada ruangan interior rumah Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat karpet yang tepat supaya terbebas dari kuman di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) edited by RN08032020


Comment