Memilih Kombinasi Warna Interior yang Sesuai dengan Karakter Pribadi dan Hunian

Interior ruangan jadi salah satu elemen yang sangat penting untuk diperhatikan lantaran perannya yang sangat vital. Perhatikan saja, segala aktivitas dalam ruangan pasti bersinggungan dengan berbagai elemen interior. Makanya, setiap hal di dalamnya mesti diperhatikan, dari mulai pemilihan furniture hingga startegi kombinasi warna-nya.

Interior yang dimaksud disini adalah semua ruangan yang terlindungi oleh dinding rumah. Bayangkan misalnya jika interior rumah terabaikan, maka secara keseluruhan estetika rumah pasti akan minus.

Jadi, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan ruangan-ruangan lainnya masuk dalam kategori interior. Sehingga, mengaturnya kebutuhan tampilannya dengan baik sangatlah penting.

Prinsip Dasar Memilih Dominasi Warna Interior Rumah Minimalis Modern

Mengaplikasikan pilihan warna interior rumah seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi karena cat dinding ini sifatnya permanen yang jika sudah diaplikasikan akan sulit dan merepotkan bila harus diubah. Itulah kenapa penting untuk mempertimbangkan pemilihan kombinasi warnanya sejak awal agar tidak menyesal.

Warna Interior, Warna Interior rumah, Warna Interior ruang tamu, model rumah tenang, rumah model nyaman dan tenang, model rumah sederhana

warna hijua mampu memberikan kesan sejuk dan tenang – diminimalis.com

Sebenarnya, Anda bisa saja mengaplikasikan satu jenis warna saja untuk keseluruhan permukaan dinding rumah. Akan tetapi hal ini pasti akan membuat rumah Anda menjadi terlihat sangat membosankan dan monoton. Disinilah pentingnya menentukan kombinasi warna interior rumah yang tepat agar ruangan jadi lebih nyaman dan menawan.

Untuk gaya desain interior rumah minimalis modern seperti saat ini, mengaplikasikan warna gelap dan cerah masih sangat cocok. Sedangkan untuk rumah berukuran sedang dan kecil, sangat disarankan untuk memilih dan mengkombinasikan warna-warna yang cerah saja. Misalnya warna putih pada dinding yang dikombinasikan dengan abu-abu pada meja.

warna dinding kontras, perpaduan warna cat tembok dan kusen, warna cat ruang tamu 2 warna

warna kontras di ruang tengah yang elegan – diminimalis.com

Selain memilih kombinasi terbaik dan paling menyatu, pemilihan warna dinding kontras juga tidak ada salahnya. Kombinasi warna seperti ini sangat cocok bagi Anda yang bosan dengan nuansa kalem pada tampilan dindingnya. Warna kontras ialah misalnya bila dinding mengusung warna putih maka furniture dan elemen dekorasinya pilih dominasi warna coklat atau orange.

Jadi, bagi Anda yang mudah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, kenapa tidak untuk mencoba aplikasikan permainan warna kontras?

Tips Memilih dan Mengaplikasikan Kombinasi Warna Interior Rumah

Pada prinsipnya, tidak ada yang sulit untuk mengaplikasikan beberapa buah warna menjadi satu dalam ruangan rumah. Sebab, kunci dari itu semua adalah kesesuaian dengan konsep ruangan yang ada. Jika ini sudah beres maka tinggal lanjutkan strategi pemilihan warna lainnya yang lebih detail seperti berikut ini.

1. Sesuai dengan konsep ruangan dan rumah

Mungkin Anda sudah bosan dengan kalimat seperti ini. Untuk mendaptkan hasil kombinasi warna cat yang bagus memang mengharuskan setiap konsep mengusung nilai-nilai kesesuaian. Intinya, dalam memilih warna cat usahakan untuk menyesuaikan dengan tema dan fungsi ruangnya.

Misalnya, jika memilih interior warna biru, merah, atau warna berani lainnya, maka aplikasikan saja pada dinding kamar tidur. Sementara warna terang yang kalem akan lebih pas bila diaplikasikan pada dinding ruang belajar atau kerja. Pahami perbedaan tersebut.

Selalu ingat bahwa pemilihan warna interior akan sangat berpengaruh terhadap mood dan produktivitas. Jadi, jangan sampai ragu mengaplikasikan dan memilih warna yang tepat, bicarakan dengan pasangan atau keluarga jika memang perlu keputusan yang urgent.

2. Perhatikan ukuran ruangan

Tahukah Anda bahwa pilihan warna cat interior akan menciptakan kesan tertentu pada ruangan? Ya, ada perbedaan pengaplikasian warna berdasarkan luas ruangan. Untuk cat warna terang cocok diaplikasikan pada ruangan berukuran kecil dan besar. Sementara warna gelap seringkali hanya cocok untuk ruangan yang secara ukuran cukup besar. Jadi, jangan ketuker ya!

3. Perhatikan sistem pencahayaan alami

Bila Anda menyukai warna-warna redup seperti biru tua, abu-abu, atau merah maroon dan ingin mengaplikasikannya pada ruangan, Anda harus teliti. Pasalnya, jika warna tersebut diterapkan pada ruangan yang minim cahaya bisa-bisa ruangan semakin gelap.

Jadi, pastikan ruangan yang dicat dengan warna-warana tersebut memang sistem pencahayaannya cukup bagus. Atau jika memang tidak bisa mengkondisikan pencahayaan, alternatifnya terapkan warna interior yang cerah saja. Hal ini akan membuat suasana semangat beraktivitas tetap terjaga.

4. Ragu dengan kombinasi warna? Coba dulu di area tersembunyi

Mengaplikasikan sebuah warna pada sebuah dinding ruangan memang memerlukan insting yang kuat. Jadi, jika Anda masih ragu setelah menentukan sebuah ide kombinasi warna, aplikasikan dulu di tempat tertentu sebagai uji coba.

Misalnya, di ruangan yang sering disebut area tersembunyi seperti kamar mandi atau gudang. Jika nanti cocok dan terlihat bagus, Anda bisa melanjutkan pengaplikasian pada ruangan lain yang diinginkan.

5. Pertimbangkan kesesuaian dengan elemen furniture

  • Kombinasi warna cat dinding dengan Kusen

Siapa sangka jika elemen interior seperti pintu dan jendela juga berpengaruh terhadap estetika ruangan. Setidaknya Anda mesti memperhatikan warna kusen agar sesuai dengan cat dindingnya. Salah besar jika mengaplikasikan cat warna kusen yang terlihat kontras dengan dinding. Kusen yang biasanya berwarna coklat atau kuning alami kayu akan kontras dengan cat dinding berwarna merah atau warna terang lainnya.

Agar aman, lakukan riset dulu saat membeli cat. Kusennya berwarna apa dan dinding ruangan yang cocok warnanya apa. Dengan begitu warna interior rumah Anda tidak jomplang.

  • Sesuaikan juga dengan warna plafon

Warna yang paling tepat untuk eternit adalah putih. Sebaiknya jangan coba-coba dengan warna yang lain karena bisanya akan sulit menyatu dengan warna dinding dan furniture.

Dengan plafon warna putih polos, ini akan membuat ruangan jadi serasa lebih luas dan tinggi. Otomatis, nuansa lega akan bisa dirasakan ketika memasuki ruangan.

6. Pahami prinsip dasar kombinasi warna

  • Gunakan warna cat yang berbeda untuk tiap ruangan

Kita tahu bahwa sebuah rumah tentu tidak hanya terdiri dari satu atau dua ruangan saja. Ada beberapa ruangan lain yang dindingnya juga perlu diberi warna. Jadi, usahakan untuk membedakan warna dari setiap ruangan agar tidak kaku. Warna dominasi dasarnya boleh saja sama namun untuk cat kombinasinya lebih baik dibedakan agar atraktif namun tetap bagus.

Misalnya, pilih warna oren atau kuning muda untuk interior dapur. Warna tersebut identik dengan warna cerah ceria sehingga cocok untuk dinding dapur. Aktivitas memasak bisa lebih semanaat karena nuansanya yang memang mendukung.

  • Aplikasikan cat monokrom, jika terpaksa

Jika masih saja bingung dalam memilih cat interior rumah minimalis yang sesuai apalagi khawatir akan menyesal di kemudian hari, gunakan saja cat bernuansa monokrom. Tipe kombinasi warna ini sudah sangat populer karena hanya menyatukan dua atau tiga warna saja; hitam, putih, atau abu-abu. Kombinasi warna ini terbilang netral dan cocok untuk konsep desain ruangan apapun.

7. Konsultasikan pada ahlinya

Terakhir, jika masih ragu dan bimbang dalam memilih warna interior yang tepat, maka serahkan saja pada ahlinya. Carilah ahli design interior yang Anda kenal baik reputasinya. Jika memang tidak sepenuhnya Anda serahkan project ini, Anda bisa sekedar bertanya dan konsultasi. Bisa jadi, setelah itu Anda akan menemukan solusi terbaik dari kebimbangan Anda memilih cat interior yang tepat.

Kesimpulannya, memilih kombinasi warna interior rumah sebenarnya bisa sangat mudah jika Anda merencanakannya dari awal. Kenali tema rumah Anda secara tepat maka akan mudah mencari ide kombinasi warna yang tepat nantinya.

Tidak perlu repot-repot memaksakan harus berwarna ini dan itu, cukup sesuaikan saja dengan selera Anda sekeluarga. Kami harap apa yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk memperkaya referensi Anda soal kombinasi warna interior rumah. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya (ls) editted by RN03052020


Comment