Kiat Memilih Warna Interior Rumah Tenang bagi Anda yang Sedang (Terpaksa) #dirumahaja

Tidak bisa dipungkiri bahwa nuansa interior rumah sangat berpengaruh terhadap mood selama beraktivitas #dirumahaja. Ketika rumah berantakan misalnya, bisa dibayangkan betapa kesalnya Anda karena mau melakukan apapun jadi malas. Lain halnya ketika ruangannya rapi dan sejuk secara tampilan, tentu bawaannya selalu damai dan bersemangat.

Untuk mewujudkan rumah dengan suasana yang sejuk diperlukan sentuhan warna yang kalem pada setiap elemen interiornya. Perpaduan warna interior rumah tenang akan membantu menjaga semangat Anda untuk tetap produktif meski sedang tidak bisa kemana-mana.

Nah, lalu bagaimana sih teknis terbaik mengatur perpaduan warna interior agar mampu memberikan sebuah ketenangan? Seperti apa triknya agar rumah nyaman dipakai hanya dengan mengandalkan sentuhan warna bagian dalam rumah (baca: interior)? Kita akan coba bedah pada artikel kali ini.

Kiat Menemukan Ide Agar Interior Rumah jadi Nyaman

Sebagian besar orang pasti mendambakan nuansa damai di dalam rumah mereka. Tidak hanya dari sisi ketenangan jiwa saja, namun dukungan suasana ruangan juga mutlak diperlukan. Rumah yang bernuansa tenang dulunya identik dengan ruangan yang luas, namun sekarang di era yang serba minimalis hal itu bukan lagi wacana. Bukan berarti untuk mendapatkannya harus dibangun di atas lahan yang besar.

Bagi pemilik rumah minimalis, kesan nyaman dan tenang bisa didapat hanya dengan mengatur sentuhan desain pada beberapa titik. Biasanya para desainer interior fokus pada tata letak furniture demi mendapatkan kesan luas pada rumah minimalis. Namun, bila dieksplore lebih jauh lagi, kesan luas dan tenang pada sebuah interior juga bisa dipengaruhi oleh warna cat dindingnya.

warna interior rumah tenang, warna interior rumah minimalis, warna interior rumah 2016
dinding warna biru mampu memberikan kesan tenang – diminimalis.com

Namun tidak hanya itu saja, mesti blended dengan furniture yang ada di dalamnya. Tidak mungkin akan mendapatkan visualisasi interior yang bagus jika elemen ruangan yang satu ini tidak dilibatkan. Anda harus pandai mengatur strategi dalam penataan interior rumah yang melibatkn furniture.

Makna Berbagai Pilihan Warna Interior Rumah Tenang

Setiap warna cat dinding, masing-masing memiliki efek tersendiri, berikut beberapa makna warna yang umum dipakai, diantaranya:

warna interior rumah tenang, warna interior rumah minimalis, warna interior rumah 2016
warna hijua mampu memberikan kesan sejuk dan tenang – diminimalis.com

Hijau

Hijau merupakan salah satu warna yang dapat memunculkan kesan dingin dan teduh pada sebuah ruangan. Di ruangan apapun, penerapan warna hijau dapat memberikan efek yang segar, tenang, dan menyenangkan.

Efek visualnya yang harmonis membuat warna ini terlihat sangat cocok diaplikasikan sebagai salah satu pilihan warna interior rumah tenang. Misalnya pada kamar tidur ataupun ruang keluarga. Cocok juga diterapkan pada ruang-ruang lain yang membutuhkan suasana rileks seperti ruang baca atau ruang kerja dalam rumah.

Biru

Tidak jauh beda dengan hijau, warna biru juga mampu memberi nuansa tenang dan dingin pada interior ruangan. Hampir semua variasi turunannya bisa dikategorikan warna yang berefek viusal dingin; sebut saja biru laut dan biru tua. Keduanya sangat cocok digunakan sebagai kombinasi warna yang pas untuk interior rumah tinggal Anda.

Jika ingin hasilnya makksimaal, kami ada sedikit tips. Padukan warna biru tersebut dengan putih pada tepian dinding supaya dominasi warna birunya semakin menonjol. Untuk dinding kamar tidur, lebih cocok dicat menggunakan warna powder blue. Sedangkan untuk dinding dapur, lebih cocok dicat menggunakan warna teal blue.

Ungu

Ungu juga termasuk ke dalam golongan warna yang mampu memberikan nuansa kalem yang khas. Penerapan warna ungu pada dinding interior akan memunculkan kesan segar dan tenang. Terlebih lagi jika warna ini diaplikasikan pada ruangan yang girly seperti kamar ala princess untuk putri tercinta Anda.

Kombinasikan saja warna ungu dengan putih atau abu-abu agar secara tampilan lebih menonjol. Warna ungu juga cocok dijadikan sebagai warna aksen utama yang mampu membuat ruang terlihat lebih mewah. Dinding ruang tamu dan ruang keluarga sepertinya akan tetap bagus jika diaplikasikan warna ini.

Putih

Warna putih adalah pilihan yang tidak kalah cocok untuk menciptakan nuansa luas dan sejuk pada interior rumah minimalis. Warna yang satu ini bersifat netral sehingga cocok jika disandingkan dengan jenis warna apapun.

Putih sangat cocok, mau dijadikan sebgai warna dominan ataupun tambahan. Sedikit tips ketika hendak menjadikan putih sebagai warna dominan, jangan padukan dengan warna furniture yang kontras. Sebab, jatuhnya akan kalah mencolok dan kesan sejuk akan pudar.

Tips Memilih Kombinasi Warna Interior Rumah yang Tenang

Untuk Anda yang masih saja bingung akan memilih warna interior rumah tenang seperti apa yang akan diterapkan, sebaiknya simak tips dari diminimalis berikut ini.

1. Sesuaikan pilihan warna dengan konsep ruangan

Untuk mendapatkan kombinasi warna cat interior rumah minimalis yang bagus dengan efek visual sesuai keinginan, jangan sampai mengabaikan kesesuaiannya dengan konsep ruangan. Pilih warna cat yang sesuai dengan tema dan fungsi ruang.  Untuk warna-warna terang yang kalem seperti abu-abu misalnya, akan lebih pas bila diaplikasikan sebagai warna interior ruang belajar atau ruang kerja.

2. Atur agar sistem pencahayaan bekerja dengan baik

Agar sukses mendapatkan nuansa interior yang sejuk, Anda hars memastikan elemen pendukung lainnya bekerja dengan baik. Nah, sistem pencahayaan adalah satu dari sekian elemen pendukung yang harus suportif agar nuansa sejuk ruangan benar-benar terasa.

Jangan sampai ketika Anda menerapkan warna-warna yang cenderung gelap seperti biru, ungu, dan merah maroon justru semakin gelap karena kekurangan cahaya.

Jadi, pastikan ruangan yang diberi warna-warana tersebut sistem pencahayaannya sudah cukup bagus. Dengan begitu, meski kalem, Anda akan tetap mendapatkan nuansa semangat yang terpancar dari seisi ruangan.

3. Pilih kombinasi warna terbaik

Dalam menentukan kombinasi warna yang tepat pada sebuah ruangan, setidaknya diperlukan insting yang kuat ketika memilihnya. Jadi, Anda bisa merencanakan pemilihannya sejak awal membangun rumah.

Jika masih saja ragu warna apa yang akan dipilih, coba aplikasikan sampel kombinasi warna yang diinginkan pada sebuah ruangan yang tidak terekspos publik seperti kamar mandi. Jika nanti dirasa cocok dan bagus, Anda bisa melanjutkan pengaplikasiannya pada ruangan lain yang lebih publik.

4. Pertimbangkan kesesuaian warna dengan furniture

Terakhir, agar tujuan mempercantik interior rumah sekaligus menciptakan ruangan yang sejuk dapat tercapai dengan baik maka, jangan abaikan kesesuaian warna dinding dengan furniture. Dari sekian banyak warna interior rumah tenang dan kalem, dari putih hingga biru seperti dulas di atas, sebaiknya pilih yang paling cocok. Bandingkan dengan furniture apakah terlihat warna dinding kontras atau tidak.

Untuk mendapatkan kesan sejuk yng maksimal perlu dipilih kombinasi warna yang blended antara didinding dan furniture. Anda bisa menemukan banyak referensi terkait ide mengkombinasikan warna interior yang saat ini sudah banyak bersliweran di internet.

Hal terpenting adalah pahami bahwa ada prinsip perbedaan penerapan warna. Misal, satu warna cocok untuk satu ruang namun belum tentu pada ruangan yang lain. So, pandai-pandailah memilih kombinasi warna interior rumah kalem agar beraktivitas #dirumah aja makin betah.

Mungkin itu dulu ya ulasan dari kami tentang memilih warna interior rumah tenang agar hunian semakin damai ditempati. Semoga di lain kesempatan kami bisa update artikel lain yang berkaitan dengan interior seperti kali ini. Salam. (ls) editted by RN08052020


Comment