5 Ide Kombinasi yang Cocok untuk Warna Cat Ruang Tamu Rumah Minimalis

Tidak perlu bingung memilih warna cat ruang tamu di rumah minimalis Anda. Cara-cara sederhana seperti menyesuaikan dengan warna furniture dan tambahan aksesoris. Memilih warna cat ruang tamu juga tidak perlu pusing karena ada banyak pilihan yang bisa dikombinasikan.

Anda tinggal memilih sesuai selera saja dan disesuaikan dengan kebutuhan. USahakan jangan sampai terlihat berlebihan ketika memadukan beberapa warna dalam satu ruangan dalam hal ini ruang tamu. Ingat bahwa ruang tamu aksesnya bersifat publik sehingga menampilkan yang terbaik sangatlah penting.

Memang, membuat warna cat ruang tamu yang elegan bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlebih oleh orang yang kurang kompeten di bidang desain interior. Oleh karena itu, tak jarang yang melakukan konsultasi terlebih dulu dengan para desainer interior profesional, sebelum memutuskan warna cat yang akan dipakainya.

Nah, bagi Anda yang masih bingung saat akan menentukan kombinasi warna cat ruang tamu yang elegan, jangan khawatir, berikut ini kami bagikan beberapa rekomendasinya. Yuk disimak.

Warna Cat Ruang Tamu warna cat ruang tamu yang sejuk warna cat ruang tamu yang bagus kombinasi warna cat ruang tamu kecil warna cat ruang tamu 2 warna warna cat ruang tamu sempit warna cat ruang tamu agar terlihat luas warna cat dinding ruang tamu yang bagus, menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu 3x3, cara menata ruang tamu minimalis
Pengaturan warna pada ruang tamu yang klop dan elegan – Diminimalis.com

Pilihan Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu yang Elegan

Sebetulnya daftar rekomendasi kombinasi warna berikut masih kurang, nanti Anda bisa menambahkannya sendiri jika kurang cocok. PAda intinya pemilihan kombinasi warna yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penggunaan. Nah, mari kita intip kombinasi seperti apa saja yang ccocok untuk ruang tamu minimalis.

1. Putih dan Abu-abu

Putih merupakan warna yang netral, sehingga sangat cocok jika dikombinasikan dengan warna apa saja. Dominasi warna putih dapat memberikan kesan yang menenangkan bagi orang yang melihatnya. Memadukan warna ini dengan warna abu-abu akan membuat ruang tamu tidak terkesan membosankan. Meski terlihat simpel, namun kombinasi perpaduan warna ini menimbulkan kesan yang elegan.

Furniture yang digunakan tidak perlu terlalu banyak. Cukup dengan sofa, meja dan satu atau dua buah lukisan kecil saja sudah membuat ruang tamu Anda menjadi lebih berkelas. Apalagi jika Anda menambahkan sebuah cermin di salah satu sudut ruangan tersebut. Pantulan warna cat putih akan memantul dari cermin tersebut, sehingga membuat ruangan menjadi semakin terang benderang.

2. Cream dan Hijau Kekuningan

Warna cream adalah salah satu jenis warna yang menampakkan sisi kelembutan. Warna cream membawa keceriaan dan kebahagiaan sehingga dapat menambah energi positif dalam ruangan. Warna yang satu ini sangat cocok dikombinasikan dengan warna hijau kekuningan. Warna dedaunan ini membuat ruangan terasa sejuk serta dapat membawa suasana yang menyegarkan.

3. Putih, Abu-abu dan Gold

Hanya dengan sedikit saja sentuhan warna gold, maka ruang tamu Anda pasti akan terkesan mewah dan elegan. Apalagi, jika warna gold ini menghinggapi ruang tamu yang didominasi oleh warna putih. Pasti warna goldnya akan semakin memancar.

Penambahan warna abu-abu pada beberapa bagian ruangan semakin menambah kesan mewah. Tentunya, kemewahan ruang tamu juga akan semakin terlihat jika aksesoris atau furniture yang digunakan juga terdapat sentuhan warna goldnya. Pastinya ini akan membuat para tamu Anda merasa betah bertamu di rumah Anda.

4. Ungu Muda dan Putih

Dinding rumah yang ditempelkan cat berwarna ungu muda memang dapat menambahkah perasaan nyaman bagi pemilik ruangan. Efek dari warna ungu muda ini dapat memberikan kesan yang mewah dan elegan dalam ruangan. Selain itu, warna ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan dapat mengurangi rasa putus asa yang dialami oleh seseorang. Jadi, pas sekali kalau warna ini menjadi pilihan untuk menghiasi ruang tamu Anda.

Jika Anda menggunakan warna ungu maka akan lebih baik jika Anda mengkombinasikannya dengan warna putih agar ruangan semakin terang dan cerah. Untuk menambah kekuatan warna ungu, maka Anda bisa menambahkan aksesories pendukung yang warna ungunya sedikit lebih kuat, seperti gorden, meja dan juga beberapa pajangan lainnya yang juga menampilkan warna ungu.

5. Biru dan Abu-abu

Ruang keluarga unik
Kombinasi warna biru dan abu-abu anatara dinding dengan furniture pada ruang tamu – diminimalis.com

Secara psikologis, kombinasi kedua warna ini dapat menimbulkan efek ketenangan dan kedamaian bagi penghuninya. Selain itu, warna biru juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Perpaduan kedua warna ini tentunya dapat menimbulkan kesan elegan pada ruang tamu di rumah Anda. Perbincangan yang terbangun antara Anda dengan para tamu tentunya akan menjadi lebih nyaman.

Hanya dengan sentuhan kombinasi warna di atas, sebenarnya ruang tamu di rumah Anda sudah terlihat elegan. Akan tetapi, jika Anda menambahkan barang-barang berikut ini, pasti ruang tamu Anda akan terlihat lebih mewah dan elegan. Apa saja barang-barang yang dimaksud? Berikut ulasannya :

5 Aksesoris Pendukung yang Membuat Ruang Tamu Lebih Elegan

Selain memilih kombinasi warna yang tepat, Anda juga bisa menambahkan aneka hiasan pada ruang tamu sebagai penunjang, diantaranya.

1. Karpet

Ada beberapa hal penting yang semestinya disesuaikan saat menambahkan karpet untuk ruang tamu. Akan lebih baik lagi  jika pemilihan warna dan jenis karpet tersebut sesuai dengan cat pada dindingnya. Wah, ruang tamu Anda pasti akan terlihat menakjubkan.

Baca juga: Tips Penataan Karpet pada Ruang Tamu agar Berfungsi Maksimal

2. Karya Seni

Karya seni mampu menambahkan kesan mewah dan elegan dalam sebuah ruangan, apalagi ruang tamu. Anda bisa menempatkan sebuah lukisan abstrak atau lukisan yang sarat akan nilai seni yang tinggi dalam ruang tamu Anda. Dengan adanya lukisan, ruang tamu akan terlihat lebih hidup dan lebih cantik.

3. Lampu

Selain jendela kaca, media pencahayaan yang sangat penting untuk menghiasi ruang tamu Anda adalah lampu. Pilihlah bentuk lampu yang akan memberikan kesan megah dalam ruangan Anda.

4. Cermin

ruang tamu klasik, desain ruang tamu klasik sederhana, desain ruang tamu klasik modern
Ruang tamu dengan cermin lebar di dindingnya, memberikan kesan klasik dan mewah – Diminimalis.com

Cermin mampu menciptakan ilusi yang membuat penghuninya merasa berada dalam ruangan yang luas. Selain itu, fungsi cermin adalah sebagai media untuk memaksimalkan pencahayaan dalam ruang tamu Anda, sehingga akan terlihat lebih elegan.

5. Pernak-pernik yang Elegan

Untuk menambah kesan mewah dalam ruang tamu Anda, ada baiknya jika Anda menambahkan pernak-pernik yang bisa menambah keindahan ruang tamu Anda, seperti guci kecil, lilin aroma terapi, vas bunga dan hiasan dinding.

Bagaimana, sudah ada gambaran? Nah, itulah ulasan mengenai beberapa pilihan kombinasi warna cat rumah ruang tamu yang elegan serta beberapa contoh barang pendukung yang membuat ruang tamu tampak semakin indah.

Dari sekian ide warna di atas mungkin Anda punya referensi sendiri untuk dikombinasikan juga tidak ada salahnya. Yang terpenting Adalah Anda paham tentang setiap karakter warna yang dikombinasikan. Tujuannya agar nanti hasilnya juga maksimal secara tampilan dan kenyamanan.

Idealnya, sebelum menentukan warna cat ruang tamu yang akan dipilih, terlebih dahulu bicarakan dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Putuskan warna yang akan dipakai, berdasarkan keputusan bersama, supaya nantinya semua merasa nyaman. (ar) editted by RN24072020


Comment