Memasang Wallsticker Rumah Minimalis, Mencari Alternatif Terbaik Penghias Dinding Interior

Di artikel sebelumnya kita sudah mengulas banyak hal tentang ide-ide yang bisa diterapkan untuk membantu mempercantik interior rumah, terutama bagian dindingnya. Salah satunya ialah penggunaan wallpaper atau wallsticker sebagai alternatif penghias dinding selain cat. Kita coba review, kedua jenis hiasan dinding ini tidak hanya pengaplikasiannya yang lebih praktis dibanding cat, namun dari sisi biaya yang dihabiskan juga lebih murah.

Jika Anda tidak percaya, coba ingat-ingat dan hitung biaya pembelian hingga pengecatan dinding ruangan dengan cat saat membangun rumah pertama kali dahulu. Lalu, sekarang coba Anda terapkan ide menghias dinding dengan pemasangan wallsticker rumah minimalis. Pasti akan ketemu perbedaan estimasi biayanya, meski tentu saja murah atau tidaknya tergantung asumsi masing-masing.

Yang jelas, wallsticker banyak dipilih karena kelebihannya yang unik dibandingkan dengan cat bahkan sejenis wallpaper sekalipun. Nanti kita akan coba komparasikan antara wallpaper dan wallsticker sehingga kita bisa menilai mana yang lebih baik untuk Anda pilih.

Plus Minus Memasang Wallsticker Sebagai Pengganti Cat

Wallsticker merupakan solusi mudah dan kreatif sebagai ide merenovasi kamar minim budget. Pas juga untuk membantu mengubah suasana tampilan pada dinding salah satu ruangan di rumah Anda. Pemasangan wallsticker yang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak alat memang jadi nilai plus tersendiri bagi sebagian orang.

 Wallsticker rumah minimalis 3d, Wallsticker rumah minimalis 3d 2016, wall sticker vs wallpaper c

desain wall sticker yang cantik -diminimalis.comKepraktisannya inilah yang seharusnya Anda pertimbangkan untuk menyulap interior rumah Anda jadi lebih bagus. Dinding rumah yang polos akan terlihat monoton jika tidak diberi tambahan hiasan apapun, dan wallsticker jadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Tampilan dinding yang dihasilkan setelah dipasangi wallsticker akan berbeda dari pada yang tidak. Jika Anda suka dengan sesuatu yang membutuhkan kejelian, maka menghias dinding menggunakan wallsticker bisa jadi pilihan menyenangkan.

Wallsticker Rumah Minimalis Sebagai Alternatif Penghias Dinding Selain Wallpaper

Wallpaper dan wallsticker rumah minimalis merupakan material hiasan dinding yang biasa dipakai untuk mempercantik interior hunian. Untuk memilih mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda, silahkan simak kelebihan dan kekurangan wallpaper vs wallsticker berikut ini:

Memilih wallpaper
aneka desain wallpaper yang bisa Anda pilih – diminimalis.com

Wallpaper

Kelebihan

Sebagai penghias tampilan dinding, bahan wallpaper ternyata lebih tahan terhadap api. Kelebihannya inilah yang sering diandalkan sebagai pelindung dinding dari bahaya kebakaran. Selain itu, wallpaper juga terbilang awet sehingga bertahun-tahun dipasang bisa tetap bagus.

Kelebihan lainnya, wallpaper bisa jadi bahan kedap air sekaligus membantu menstabilkan dinding dari suhu yang terlalu panas atau dingin. Otomatis, lapisan cat akan lebih kuat melindungi kebocoran melalui dinding berkat adanya wallpaper tersebut.

Kekurangan

Kekurangan wallpaper sendiri ada di beberapa hal diantaranya: membutuhkan tenaga, waktu, dan peralatan yang cukup banyak saat dipasang maupun akan dilepas. Selain itu, dari segi harga, wallpaper lebih mahal dari pada wallsticker.

Wallsticker

Kelebihan

Wallsticker merupakan solusi mudah dan kreatif untuk merubah tampilan dinding interior rumah. Pemasangan wallsticker juga terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan berbagai macam alat bantu tambahan. Hal ini karena di dalam tiap lembaran wallsticker sudah ada lemnya sehingga saat pemasangan tinggal buka dan tempel.

Kelebihan lainnya, wallsticker dapat ditempel pada berbagai permukaan bidang datar selain dinding. Misal, pada daun pintu rumah, kulkas, ataupun mesin cuci. Wallsticker juga tidak merusak warna cat dinding dengan catatan pemasangannya sesuai dengan petunjuk.

Kekurangan

Meski lebih unggul dibandingkan wallpaper dari sisi harga dan kemudahan pemasangan, bukan berarti wallsticker tanpa kekurangan. Wallsticker sendiri termasuk bahan material yang lebih rentan rusak alias kurang tahan lama. Penggunaannya juga lebih berorientasi pada hiasan alternatif untuk keindahan semata.

Meski keduanya punya plus minus, namun dari segi desain, sama-sama memiliki opsi tema yang beragam. Inovasi modelnya juga selalu update dengan desain baru yang variatif. Dengan banyaknya alternatif tema, Anda tidak perlu kebingungan memilih diantara keduanya karena Anda tinggal pilih saja sesuai selera.

Tips Memilih Wallsticker Rumah Minimalis Yang Tepat

Menambahkan elemen dekorasi apapun sebaiknya rencanakanlah segala sesuatunya dengan matang. Termasuk juga untuk hal-hal yang terbilang sepele, dalam hal ini memasang wallsticker rumah minimalis Anda.

Berikut ini beberapa tips penting memilih desain wallsticker yang pas untuk rumah minimalis Anda.

1. Tentukan, pilih wallsticker permanen atau tidak

Wallsticker ada dua jenis yaitu permanen dan yang tidak. Modelnya juga cukup banyak bahkan ada jenis wallsticker 3D untuk hasil tampilan objek yang seolah nyata. Anda tinggal pilih jenis wallsticker seperti apa yang akan Anda gunakan pada dinding interior rumah Anda.

Jika memilih wallsticker permanen tentu konsekuensinya Anda akan kesulitan bahkan tidak bisa menggantinya sesuka hati. Namun jangan salah, tidak mudah diganti artinya justru lebih awet dan tahan lama.

Sementara jika Anda pilih yang non permanen, Anda akan mudah melepasnya. Hanya saja, biasanya lebih riskan rusak terkena goresan dan tidak awet.

2. Pilih motif yang sesuai dengan tema ruangan

Wallsticker sendiri lebih cocok dipasang pada dinding ruangan yang privasinya tinggi seperti kamar tidur, ruang belajar, atau ruang keluarga. Hal ini karena wallsticker secara tampilan bisa jadi kurang memuaskan untuk diperlihatkan secara publik.

Dengan menambahkan wallsticker rumah minimalis pada beberapa ruangan yang privat, maka nuansanya akan terasa berbeda. Jadi, cobalah untuk memasang wallsticker pada dinding ruangan yang Anda inginkan.

3. Sesuaikan warna dan tentukan lokasi penempatan yang tepat

Wallsticker juga menyangkut soal harmonisasi warna pada ruangan, apakah sesuai atau tidak. Warna yang tidak sesuai hanya akan membuat tampilan ruangan terlihat jomplang karena tidak sesuai antara warna dinding pada wallsticker dengan furniture. Sebaiknya, pilih wallsticker yang warnanya sesuai dengan dominasi warna ruangan dan furniture.

Setelah warna beres, selanjutnya tentukan ukuran dan posisi penempatannya. Jika ingin dipasang mode portrait, maka carilah wallsticker yang memanjang ke atas. Jika memilih yang horizontal pilih yang landscape.

Setelah itu, kemudian tentukan di sebelah mana wallsticker tersebut akan dipasang. Cari lokasi dinding yang tidak terhalang oleh furniture, bisa pilih yang searah dengan bukaan pintu kamar agar lebih sering terekspos.

Baca juga: Memasang Wallpaper Dinding Bisa Anda Lakukan Sendiri Bila Tahu Caranya

Pada intinya, wallsticker rumah minimalis dengan segala kelebihan dan kekurangannya masih sangat layak untuk Anda adopsi di 2020 ini. Berorientasilah pada kesederhanaan tampilan agar didapat hasil pemasangan yang pas dan tidak terkesan over. Alhasil, wallsticker rumah minimalis Anda akan bekerja dengan baik sebagai penghias ruangan. Selamat mencoba. (ls) editted by RN10062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.