by

Wallpaper vs Wallsticker, Manakah yang Cocok untuk Rumah Anda?

Wallpaper vs wallsticker, dalam dunia marketing, kedua segmen produk ini saling bersaing. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berkaitan dengan desain dinding rumah, keduanya mampu menjadikan banyak orang menyukainya. Salah satunya disebabkan oleh tuntutan persoalan tren dan mode desain rumah.

Sebenarnya, kita tidak perlu bingung memilih yang mana yang lebih baik untuk diaplikasikan pada dinding rumah kita.

Kita tinggal pahami kelebihan dan kekurangan keduanya, kemudian sesuaikan dengan tujuan desain dan manfaat untuk rumah kita.

 wallpaper vs wallsticker , perbedaan wallpaper dan wall sticker, cara memasang wallsticker
wallpaper untuk menghias seluruh sisi dinding dengan tema hutan bambu – diminimalis.com

Wallpaper VS Wallsticker, Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing

Rasanya kurang greget jika membandingkan keduanya tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini saya ulas tentang kelebihan dan kekurangan antara wallpaper vs wallsticker dalam penggunaannya pada tembok. Setelah itu Anda bebas menentukan mana yang akan Anda adopsi.

Wallpaper

Alasan banyak orang memilih wallpaper untuk dipasang di dinding rumah mereka adalah persoalan estetika. Tersedia banyak opsi corak yang bisa dipilih.

Selain itu, dengan menambahkan wallpaper pada dinding, rumah juga akan terlihat lebih awet.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kelebihan dan kekurangan wallpaper untuk dinding rumah.

Kelebihan

Wallpaper, selain sebagai penghias tampilan dinding, bahannya lebih tahan terhadap api, sehingga otomatis bisa menjadi pelindung dinding dari bahaya kebakaran.

Selain itu, dinding juga akan lebih awet dengan adanya perlindungan dari lapisan wallpaper. Serangga dinding tidak akan mudah mendekat pada dinding yang dilapisi wallpaper.

Plus bisa juga untuk menghalangi rembesan air terhadap dinding serta menstabilkan dinding dari suhu yang terlalu panas atau dingin.

Kekurangan

Kekurangan wallpaper salah satunya ada pada proses pemasangannya. yang mana membutuhkan tenaga, waktu dan peralatan yang cukup banyak untuk memasang maupun melepaskannya.

Dari segi harga, wallpaper lebih mahal dari wallsticker. Namun dari segi desain, keduanya sama-sama memiliki tema desain yang beragam dan selalau ada inovasi model desain baru bermunculan.

Ide desain wallpaper dan wallsticker tidak terbatas, Anda tinggal memilih sesuai selera.

Baca juga: Berbagai Penutup Dinding Selain Wallpaper untuk Tata Ruang Minimalis

Wallsticker

Lain dengan wallpaper, wallsticker lebih simpel dalam pengaplikasiannya. Anda tidak perlu ribet harus menyiapkan ini itu.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari wallsticker sebagai penghias dinding rumah.

Kelebihan

Wallsticker merupakan solusi mudah dan kreatif bagi Anda yang ingin cepat dalam merubah suasana dan tampilan dinding rumah. Karena  pemasangan wallsticker cukup mudah, dan tidak membutuhkan berbagai macam  alat bantu apapun.

Selain itu, di dalam tiap lembaran wallsticker sudah ada lemnya, sehingga otomatis pemasangannya menjadi sangat praktis.

Wallsticker dapat ditempel pada semua permukaan datar selain dinding. Misal ditempel di pintu rumah, pintu kulkas atau mesin cuci. Wall sticker tidak merusak warna cat pada dinding jika kita mengikuti petunjuk yang sudah diarahkan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas cat dinding yang kita gunakan.

Memasang dan melepaskannya lebih mudah daripada wallpaper. Tidak sebagaimana wallpaper yang pemasangannya harus memenuhi dari ujung kanan hingga ujung kiri dinding,  wallsticker kadang hanya berpola desain parsial yang hanya memerlukan sebagian area dinding saja.

Jenis wallsticker ada yang berpola 3 D (3 Dimensi), sehingga ada kesan timbul pada dinding Anda.

Ini tentu sangat bagus untuk dikembangkan dalam rangka memaksimalkan desain dinding Anda. Karena manfaatnya yang lebih fokus pada fungsi artistik, desain wallsticker tidak hanya sebatas pada gambar saja, namun bisa berbentuk tulisan.

 wallpaper vs wallsticker , perbedaan wallpaper dan wall sticker, cara memasang wallsticker
wallsticker bermotif quote inspiratif – diminimalis.com

Banyak wallsticker digunakan untuk menuliskan quote inspiratif untuk memotivasi diri, atau bisa juga  berbentuk kaligrafi.

Sebagaimana yang sudah kami sebut dari atas, dari segi harga, wallsticker lebih murah dari wallpaper, karena fungsinya lebih kepada desain artistik untuk memperindah dinding.

Kekurangan

Wall sticker tidak bisa dijadikan sebagai pelindung dinding dari berbagai kerusakan, termasuk kebakaran. Sebab, bahan wallsticker tidak tahan terhadap api.

Jadi kesimpulannya, memasang wallpaper atau wallsticker tidak perlu pertimbangan terlalu berat. Cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda butuh hiasan dinding yang sekaligus sebagai pelindung permukaan dinding rumah bisa memasang wallpaper. Namun jika tujuan Anda hanya sekedar  hiasan tanpa motivasi lain bisa memilih wallsticker.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pandai-pandailah dalam memilih.

Sekian ulasan kami tentang wallpaper vs wallsticker, antara kelebihan dan kekurangannya. Semoga tulisan ini mampu memberikan gambaran pada Anda tentang wallpaper dan wallsticker serta perbedaannya. (ls) -editted by RN18032019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.