Trik Memasang Wallpaper Rumah dengan Mudah

Mengecat dinding rumah tidak semudah yang dibayangakan, apalagi untuk ruangan dalam (interior). Tidak sedikit orang yang dibuat bingung dengan proses pengecatan, mulai dari memilih kombinasi warna yang pas sampai pengaplikasiannya. Tidak hanya itu, terbatasnya pilihan motif cat juga membuat beberapa orang lebih memilih alternatif lain seperti dengan memasang wallpaper.

Bicara soal wallpaper rumah, penutup dinding jenis ini memang terlihat cukup mudah diaplikasikan dan lebih praktis dibandingkan dengan cat. Hanya saja, diperlukan teknik dan keahlian khusus agar hasil pemasangannya sempurna. Yang mana, belum tentu semua orang bisa/

Saat ini, kekhawatiran buruknya pemasangan sudah tidak perlu jadi masalah besar. Jika ingin memasang wallpaper di rumah, Anda bisa tinggal panggil jasa tukang saja. Biasanya tidak hanya melayani pemasangannya saja, namun juga menyediakan wallpaper dengan banyak varian motif yang bisa dipilih di tempat.

Wallpaper atau Cat Dinding? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Wallpaper sendiri merupakan material pelapis yang biasa digunakan sebagai hiasan dinding interior rumah. Fungsinya, selain untuk memperindah tampilan interior, juga dipakai untuk menutupi cacat fisik pada permukaan tembok.

Kenapa sebagian orang lebih suka memasang wallpaper rumah ketimbang mengaplikasikan cat?

Sangat mungkin ada banyak pertimbangan berbeda yang tidak bisa ditebak antara satu orang dengan orang lain. Namun, biasanya alasan utama dari memilih wallpaper dari pada cat adalah karena menginginkan tampilan dinding yang lebih indah. Untungnya apa dari dinding yang indah? Tentu dengan tampilan diding yang bagus, seluruh tampilan interior jadi ikut bagus.

Untuk mendapatkan keindahan ruangan yang lebih baik dengan dipasangnya wallpaper dinding rumah minimalis, Anda bisa memilih satu diantara banyak desain motif yang ada. Bisa juga mengkombinasikan wallpaper dengan cat dinding agar tampilannya semakin menarik.

 wallpaper rumah, wallpaper rumah minimalis, wallpaper rumah 3d, cara memasang wallpaper dinding rumah, Wallpaper dinding rumah minimalis

Wallpaper dinding rumah minimalis – diminimalis.comallDi luar sana, wallpaper rumah dijual dalam bentuk roll dengan panjang dan lebar yang variatif. Panjangnya sekitar 10-50 cm, sementara lebarnya antara 50 sampai dengan 130 cm.

Ketika Anda ingin memasang wallpaper, pastikan permukaan dinding dalam kondisi sudah benar-benar kering ya. Sebab, wallpaper sendiri rata-rata terbuat dari material yang cukup rentan terhadap kelembapan. Wallpaper tidak akan bisa merekat sempurna pada permukaan dinding yang lembab, jika dipaksakan, maka kemungkinan besar wallpaper tersebut akan cepat rusak.

wallpaper dinding 3d, wallpaper dinding 3d ruang tamu, wallpaper dinding 3d keren, wallpaper dinding 3d murah
wallpaper dinding 3d dengan tema air terjun – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper Dibandingkan Cat

Sebagian inti poin yang akan diurai disini sebenarnya sudah tersirat sebelumnya di atas. Terlepas dari kelebihan sebuah wallpaper rumah sebagai penunjang tampilan interior, pasti juga punya kekurangan.

Adapun kelebihan dari memasang wallpaper adalah, seperti sudah sedikit disinggung di atas, variasi warna yang bisa dipilih banyak. Selain itu, lebih sederhana memasang wallpaper daripada mengecat, kemudian pada beberapa sisi, bisa jadi lebih hemat anggaran.

Kekurangan dari wallpaper biasanya ada pada kesulitan jika dipasang sendiri jika tidak tahu caranya. Butuh budget lebih besar jika ukurannya besar dan model atau motif yang dipilih termasuk yang bagus. Material wallpaper juga berpengaruh terhadap harga pemasangannnya.

Sekarang, kita coba gali soal bagaimana jika ingin memasang wallpaper sendiri.

Tips Memilih Wallpaper Rumah dan Memasangnya Snediri

Jika Anda termasuk orang yang senang dengan sesuatu yang lebih praktis tentunya akan memilih yang simpel. Wallpaper dinilai lebih praktis dibandingkan ketika harus repot-repot mengecat rumah.

Tapi, meski lebih menyenangkan memasang wallpaper, jangan lupa bahwa untuk mendapatkan kualitas yang terbaik dimulai dari memilih yang terbaik. Kita tahu, wallpaper saat ini sudah banyak macam dan jenisnya. Anda mestinya pilih yang terbaik dengan memperhatikan hal-hal seperti berikut ini.

Ruangan mana yang akan diberi wallpaper, sesuaikan motifnya  

Sebelum memilih dan mengaplikasikan wallpaper pada sebuah dinding, maka sebaiknya tentukan dulu ruangan mana yang akan dipasangi. Ini penting karena wallpaper nanti akan dipakai untuk mendukung suasana ruangan. Akan tidak pas jika salah penerapan antara tema ruangan dengan motif wallpaper.

Pada kamar tidur misalnya, dimana menjadi tempat beristirahat yang membutuhkan ketenangan, wallpaper dengan motif dan warna kalem akan lebih cocok. Sementara jika diaplikasikan pada ruang keluarga, warna dan motif berani bisa Anda pilih.

Untuk ruang keluarga yang ingin tampil lebih kasual, motif floral dengan warna pastel bisa jadi pilihan yang tepat. Jika ingin desain yang lebih tegas, motif geometrik / metalik juga tidak kalah bagus untuk dipilih.

Sisi Mana yang Akan Diberi Wallpaper

Ruangan yang akan diberi wallpaper tentu saja terdiri dari empat sisi berbeda dan satu bagian atas/plafon. Tidak harus mengaplikasikan wallpaper pada semua sisi dinding, salah satu sisinya saja tetap bagus asal digarap dengan benar. Termasuk juga tidak harus pada dinding, bisa juga pada plafon.

Jika ke-empat sisi dinding yang diberi wallpaper, pilihlah motif klasik atau sederhana saja agar tidak terkesan berlebihan. Jika hanya pada satu sisi dinding, pilih wallpaper dengan motif yang sedikit dramatik dan tegas. Selanjutnya jika diapkilikasikan pada plafon, gunakan wallpaper bermotif langit atau awan sehingga terlihat sangat pas.

Aplikasikan wallpaper motif

Memilih satu dari sekian motif wallpaper yang variasinya banyak memang sangat menyenangkan. Meski begitu, tidak semua motif akan cocok dengan ruangan Anda lho. Disinilah pentingnya memilih motif wallpaper yang sesuai dengan ruangan.

Untuk motif skala kecil seperti berupa garis atau pemandangan alam lebih cocok untuk ruangan yang sempit. Sementara, motif sekala besar lebih pas diaplikasikan pada ruangan yang cukup luas. Bukan apa-apa, jika ruang kecil diberi wallpaper bermotif skala besar jatuhnya bisa semakin sempit.

Gunakan wallpaper sampel untuk uji coba

Supaya tidak salah pilih wallpaper, Anda bisa memesan wallpaper berukuran kecil dengan motif simpel terlebih dahulu. Wallpaper sampel biasanya cara pasangnya lebih mudah. Pasang dulu pada dinding ruangan kemudian perkirakan apakah wallpaper tersebut sudah sesuai dengan desain yang diinginkan atau belum. Jika belum/tidak sesuai bisa cari motif yang lain sampai dapat yang sesuai. Setelah itu beli motif wallpaper rumah yang pemasangannya permanen.

Percayakan pemasangan pada ahlinya

Terakhir, memasang wallpaper rumah memang terlihat mudah, namun siapa sangka jika tidak benar-benar berpengalaman akan cukup sulit melakukannya. Perlu ketelitian dalam mengukur area yang akan ditutupi termasuk ukuran wallpapernya. Selain itu, penting juga memastikan agar terpasang dengan baik dan sempurna tanpa miring sedikitpun.

Mungkin demikian penjelasan dan uraian kami tentang wallpaper rumah yang banyak dipakai saat ini. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN07052020


Comment