Vertikal Garden Sebagai Alternatif Elemen Hijau di Lahan Sempit

taman vertikal di dalam interior rumah minimalis - diminimalis.com

Vertikal garden rumah minimalis merupakan salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan memiliki taman tetapi terkendala minimnya lahan. Selain itu, ertikal garden merupakan alternatif menghias rumah yang unik dan elegan. Fungsi taman vertikal juga sama dengan taman pada umumnya, yaitu sebagai penghias rumah, mengurangi polusi, meredam panas dan lain sebagainya. Perbedaannya terletak pada media tanam dan cara perawatannya saja.

 vertikal garden, vertikal garden adalah, vertikal garden minimalis, vertical garden minimalis, cara membuat vertikal garden, jenis tanaman untuk vertikal garden, tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur
taman vertikal di dalam interior rumah minimalis – diminimalis.comtikal

Taman dinding yang sengaja kita ciptakan ini dibutuhkan sebagai ruang hijau dalam menciptakan hunian yang menyejukkan mata khususnya hunian yang memiliki tempat terbatas atau bisa saja memiliki tujuan untuk memanfaatkan dinding-dinding kosong. Dengan begitu dinding yang semula kosong dan tak dimanfaatkan bisa kita ciptakan sebagain lahan penghijauan. Selain mempercantik dinding-dinding kosong tentunya kita dapat menikmati suasana sejuk dan hijau setiap hari asalkan kita rajin dan tekun dalam memelihara tanaman tersebut.

desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
desain taman vertikal layaknya lukisan di kanvas – diminimlais.com

Namun bagaimanapun fungsi taman vertikal tetap tidak bisa menyamai taman konvensional yang lebih mampu mengurangi polusi udara secara maksimal. Meski demikian bukan berarti taman vertikal sama sekali tidak penting untuk dikembangkan di rumah Anda. Saat ini sudah banyak pilihan tanaman yang cocok ditempatkan di taman vertikal dengan kemampuan sangat baik dalam menyerap partikel kotoran.

Vertikal garden dan cara membuatnya

Pembuatan taman vertikal untuk rumah minimalis sebenarnya sama sekali tidak sulit dilakukan, Anda bisa mencobanya dengan mengikuti ulasan kami dibawah ini.

1. Siapkan rak sebagai tempat penyangga pot

– Harus berongga, sebagai tempat keluar air jika penuh

2. Siapkan pot sebagai tempat media tanam dan tanamannya sendiri, modelnya bisa dari PVC, plastik berlubang atau pipa paralon

3. Siapkan media tanam, bisa organik atau non organik, contoh:

– Organik: cocopeat (serbuk halus sabut kelapa yang dihasilkan dari proses penghancuran sabut kelapa), arang, kompos dan humus

– Non organik: pasir, kerikil pecahan batu bata dan tanah liat

4. Papan penyangga, bisa anda gunakan lembaran papan berbahan PVC.

Media tanam untuk desain taman vertikal juga bervariasi, ada yang dari cocopeat, tali ijuk, dan hanya sedikit yang menggunakan media tanah padahal jika asupan kebutuhan hara tanaman cukup, tanaman yang digunakan untuk taman vertikal masih dapat tumbuh dengan baik.

Jenis Tanaman Taman Vertikal

Untuk jenis tanaman yang digunakan dalam taman vertikal juga beragam. Akan tetapi perlu beberapa syarat, antara lain :

• Pilih tanaman yang mempunyai bobot tidak terlalu berat.
• Pilih tanaman yang mempunyai kecepatan tumbuh rendah hingga menengah

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang vertikal gardenu untuk rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain taman vertikal artistik di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Desain taman vertikal artistik percantik rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.