by

Membuat Vas Bunga dari Bambu Hanya dengan 5 Langkah Mudah

Vas bunga dari bambu merupakan salah satu jenis produk vas bunga yang sering dicari dan digunakan oleh banyak orang untuk melengkapi keindahan ruangannya. Kreasi vas bunga dari bambu sudah sangat banyak di pasaran. Sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya.

Namun, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda juga tidak perlu bingung dan khawatir. Hal tersebut dikarenakan membuat vas bunga dari bambu sangat gampang dan yang pasti dapat Anda lakukan sendiri di rumah Anda.

Hal tersebut didukung dengan alat dan bahan yang simpel dan mudah ditemukan oleh Anda. Selain itu, cara membuatnyapun sangat mudah dan dapat Anda ikuti langkah-langkahnya. Nah, untuk Anda yang sudah penasaran, berikut alat, bahan dan cara membuat kreasi vas bunga dari bambu yang perlu Anda ketahui dan ikuti:

Persiapan membuat vas bunga dari bambu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah persiapan membuat vas bunga dari bambu. Persiapan ini dilakukan guna menunjang lancarnya proses pembuatan vas bunga dari bambu.

Persiapan ini hanya membutuhkan dua proses yaitu, mempersiapkan alat dan bahan. Jika Anda sudah menyiapkan keduanya dengan lengkap, berarti langkah persiapan ini sudah selesai dan Anda dapat langsung melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu pruases pembuatan vas bunga dari bambu.

Nah, sebelum memasuki proses pembuatan, berikut alat dan bahan yang perlu Anda siapkan:

Alat

Langkah awal Anda perlu menyiapkan alat yang digunakan. Peralatan yang digunakan cukup simpel dan tidak membuat Anda repot. Alat-alat tersebut antara lain:

Pertama, Anda perlu menyiapkan pisau. Alat ini dapat Anda gunakan untuk memeotong bambu kering yang akan digunakan untuk membuat vas bunga. Anda disarankan untuk menggunakan pisau yang tajam. Sehingga Anda tidak kesulitan dalam memotong bambu.

Kedua, penggaris. Alat ini digunakan untuk mengukur bambu yang akan Anda gunakan untuk membuat vas bunga. Dengan penggaris, ukuran bambu Akan sesuai dengan keinginan Anda dan vas bunga yang akan Anda buat akan lebih sempurna.

Ketiga, Anda perlu menyiapkan gergaji untuk membantu dan mempermudah Anda dalam memotong bambu secara melingkar. Sehingga bambu akan terpotong sesui dengan keinginan Anda.

Bahan

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan yang digunakan dalam pembuatan vas bunga dari bambu. Bahan ini harus Anda siapkan untuk memperlancar proses pembuatan vas bunga dari bambu. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan.

Vas Bunga dari Bambu

Pertama, siapkan bambu hitam. Bambu merupakan bahan utama yang digunakan dalam membuat vas bunga ini. Sehingga Anda diharuskan menyiapkan bambu. Bambu hitam dipilih karena akan memberikan warna yang bagus pada vas bunga.

Kedua, Anda perlu menyiapkan lem untuk mengelem potongan-potongan bambu yang akan digunakan sebagai hiasan pot bunga. Sehingga pot bunga akan terlihat lebih cantik dan indah. Selain itu juga akan memberikan nilai tambah dan dapat meningkatkan nilai jual dari pot bunga tersebut.

Ketiga, Anda perlu menyiapkan amplas untuk memperhalus permukaan bambu, khususnya pada hiasan bambu yang Anda gunakan.

Setelah Anda selesai menyiapkan alat dan bahan untuk membuat vas bunga, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu proses pembuatan vas bunga dari bambu.

Proses pembuatan vas bunga dari bambu

Nah, setelah Anda mempersiapkan semua alat dan bahan yang digunakan. Anda dapat langsung memasuki proses pembuatan vas bunga dari bambu. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengikuti cara berikut ini sehingga vas bunga dari bambu yang Anda buat tidak mengecewakan.

Berikut langkah-langkah pembuatan vas bunga dari bambu yang perlu Anda ikuti dan lakukan dengan benar agar hasilnya memuaskan:

Pertama, Anda potong bambu sebagai badan vas bunga. Anda dapat memotong sepanjang satu ruas bambu. Setelah itu, biarkan ruas satu tertutup, sedangkan ruas lainnya dapat Anda potong, sehingga bambu akan terbuka dan bambu dapat dijadikan sebagai vas bunga.

Kedua, setelah Anda membuka satu penutup ruas, Anda dapat memotongnya lagi kira-kira 2 cm atau 1,5 cm secara melingkar. Anda dapat melakukannya sebanyak 5 kali putaran atau sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda mendapatkan beberapa lingkaran bambu.

Ketiga, Anda dapat memotong lingkaran bambu tersebut menjadi 3 atau 4 bagian. Setelah itu, Anda dapat membuang kulit bambu yang berwarna hitam.

Keempat, pada bambu yang akan Anda dunakan sebagai badan vas bunga, Anda dapat membegi menjadi tiga bagian. Bagian bawah, tengah dan atas. Bagian bawah dan atas dapat Anda hilangkan kulit bambunya yang berwana hitam. Sedangkan yang tenggah Anda biarkan saja.

Kelima, Setelah itu Anda dapat memasang potongan bambu yang kecil-kecil pada bagian bawah dan atas badan vas bunga. And dapat memasangnya dengan menggunakan lem kayu. Anda pasang secara melingkar dan menutupi bagian yang Anda buang kulit luarnya.

Vas Bunga dari Bambu

Setelah itu, Anda dapat menggunakan amplas untuk memperhalus bagian yang Anda hilangkan kulit bambu hitamnya. Setalah itu, Anda dapat langsung memasang bunga kedalam vas bunga karena Anda sudah selesai membuat vas bunga dari bambu.

Bagaimana? Mudah bukan? Untuk itu jangan ragu untuk membuatnya. Segera siapkan alat dan bahan serta lakukan pruases pembuatan sesuai dengan langkah-langkah di atas.

Demikian langkah membuat vas bunga dari bambu yang perlu Anda ketahui, pahami dan ikuti. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan dan menambah kreativitas Anda. Sehingga Anda dapat menghasilkan karya nyata yang indah dan berguna.

Dengan membuat vas bunga dari bambu sendiri, Anda dapat meminimalisir biaya pengeluaran karena Anda dapat membuatnya sendiri dengan biaya yang rendah. Karya ini kemudian juga dapat Anda jual dan Anda bisa mendapatkan uang tambahan. Semoga semua informasi di atas bermanfaat untuk Anda semuanya. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.