Benarkah Ukuran Kamar Mandi Ideal Berpengaruh Terhadap Kenyamanan?

Memiliki kamar mandi yang sehat bisa jadi indikator bahwa Anda adalah pribadi yang bersih dan terawat. Hal itu juga tentu menjadi harapan umum bagi setiap orang. Makanya, meski kenyataannya menempati rumah serba minimalis apapun bisa dilakukan untuk mewujudkan nuansa ruangan-ruangan yang bagus.

Nah, sekarang bicara soal kamar mandi, seperti apa sih gambaran sebuah kamar mandi yang ideal itu? Apakah harus ada shower dan bukan pakai bak mandi? Apakah mesti ada partisi kaca tebal supaya saat mandi bisa samar-samar terlihat seperti di film-film atau bagaimana? Lagi-lagi kita bicara soal persepsi. Yang mana setiap orang pasti berbeda-beda pandangan.

Lalu ukuran kamar mandi ideal itu seperti apa? Kami yakin tidak ada yang bisa secara spesifik menjawabnya dengan tepat. Baiklah kali ini kita akan bahas seperti apa desain kamar mandi yang ideal itu.

Kenapa Ukuran Kamar Mandi Itu Penting?

Meski ukuran bukanlah jaminan sebuah kamar mandi dikatakan ideal atau tidak. Namun, secara tidak langsung, luas kamar mandi ternayata berpengaruh terhadap kenyamanan. Kita bandingkan saja, misalnya Anda tinggal di sebuah rumah besar dan mewah antara dengan di hotel yang ukruan kamar mandinya lebih kecil. Meski mungkin secara fasilitas sama namun pasti lebih memilih yang luas karena lebih nyaman.

Ukuran kamar mandi ideal sangat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan Anda dan keluarga. Sebaliknya, ukuran kamar mandi yang tidak tepat, dapat mengurangi mood Anda saat beraktivitas membersihkan diri. Ukuran standar kamar mandi umumnya adalah 1,75 x 2 m, namun tentu bisa disesuaikan dengan luas space rumah yang Anda miliki.

 ukuran kamar mandi ideal, berapa ukuran kamar mandi ideal, kamar mandi minimalis ukuran 2x2 , ventilasi kamar mandi, ventilasi kamar mandi minimalis, ventilasi udara kamar mandi

salh satu contoh kamar mandi ideal – diminimalis.com

Merencanakan Ukuran Kamar Mandi Ideal untuk Rumah Minimalis Anda

Memiliki desain kamar mandi ideal merupakan salah satu yang diidamkan oleh hampir setiap penghuni rumah. Lebih dari sekedar fungsinya sebagai ruangan untuk bersih-bersih badan, kamar mandi berperan besar menunjang keindahan tampilan interior rumah. Oleh karenanya, kebersihan kamar mandi jadi salah satu hal yang perlu diprioritaskan selain sekedar menambahakan elemen interiornya saja.

Sebenarnya, ukuran standar kamar mandi yang ideal sangat variatif, tergantung luas rumah Anda. Bagi Anda pemilik rumah minimalis, memiliki kamar mandi dengan luas 1,75 x 2 m saja sudah sangat cukup. Sedangkan bagi Anda, yang memiliki ukuran rumah yang lebih luas, maka luas kamar mandi Anda bisa menyesuaikan dengan ketersediaan lahan.

Desain Kamar Mandi Ideal, Desain Kamar Mandi ukuran kecil, Desain Kamar Mandi sederhana dan murah
kamar mandi ideal dengan lampu yang indah – diminimalis.com

Kelebihan kamar mandi dengan konsep minimalis adalah desain yang sederhana, tidak ribet, namun dapat dipoles menjadi bergaya modern. Ukuran kamar mandi minimalis yang kecil dapat diatur sedemikian rupa sehingga tetap nyaman. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa tips kamar mandi minimalis yang dapat diterapkan pada hunian Anda.

Desain kamar mandi minimalis yang baik adalah yang dapat memaksimalkan potensi ruang sehingga tidak terlihat sempit. Pilih bentuk, warna, dan pattern keramik yang sesuai dengan bentuk ruangan serta aksesoris yang akan Anda sertakan nantinya.

Warna natural serta pattern yang tidak terlalu mencolok merupakan pilihan yang tepat untuk kamar mandi minimalis modern. Ciptakan aura natural yang sesungguhnya misalnya dengan menambahkan batu-batu alam pada pijakan kaki atau menambahkan tanaman dalam pot.

Model kamar mandi minimalis biasanya memiliki wastafel sebagai pelengkap. Posisikan wastafel berada di sudut ruang, sehingga tidak akan memakan banyak space. Jangan lupa tambahkan cermin dan letakkan di dekat wastafel atau pintu.

Ukuran kamar mandi ideal bukan berarti konsepnya harus monoton dan flat. Anda bisa mengkreasikannya dengan memasang gantungan handuk berbentuk unik.

Bagi Anda pemilik rumah minimalis yang ingin membuat kamar mandi Anda terlihat luas, Anda bisa mencoba menerapkan tips di bawah ini:

1. Pilih Cat Berwarna Cerah

Untuk mendapatkan kamar mandi yang ideal dengan mengutamakan kesan lapang, Anda bisa bermain pada kombinasi warna. Pilihlah warna-warna cerah seperti baby blue atau pink, cream, dan putih. Warna-warna ini akan memberikan kesan yang luas, bersih dan nyaman pada kamar mandi Anda.

2. Kurangi penempatan rak alat mandi

Penempatan rak yang berlebihan akan membuat kamar mandi Anda terasa sempit dan sesak. Untuk itu Anda bisa memilih mana rak yang perlu dan tidak perlu diletakkan di kamar mandi. Misalnya beri rak khusus sabun dan alat pembersih wajah saja. Sementara untuk handuk buatkan cantolan agar secara tampilan lebih ringkas.

Mengurangi penggunaan rak berlebih akan membuat kamar mandi menjadi terkesan lebih luas. Sebaliknya, ganti saja beberapa elemen interior kamar mandi yang hanya akan membuat ruangan semakin risih dan sesak saat dipakai.

3. Hindari meletakkan sabun di atas bak mandi

Mungkin memang tidak semuanya, hanya ada sebagain orang yang punya kebiasaan ini. Umumnya dilakukan oleh pemilik kamar mandi dengan bak penampung dan gayung. Terbiasa meletakkan sabun tidak pada tempatnya seringkali membuat kamar mandi jadi kotor dan jauh dari kata ideal.

Bahkan, fatalnya, kebiasaan ini berpotensi membahayakan Anda saat tidak sengaja menginjak bekas sabun yang licin. Jadi, mulai sekrang hindari kebiasan meletakkan sabun khusunya bentu batangan atau shampo sachet di area bak mandi ya. Sebab selain bahaya, juga ruangan jadi tidak enak dipandang.

4. Upayakan kebersihan, siram setelah menggunakan kloset

Kloset yang mana sering jadi elemen paling kotor pada kamar mandi, mesti jadi perhatian khusus. Meskipun mungkin blok ruangannya terpisah oleh partisi namun memastikan agar tetap bersih adalah sesuatu yang penting.

Akan sangat tidak nyaman dilihat jika kondisinya kotor, bukan? Salah satu cara agar parameter dan ukuran kamar mandi ideal bisa terwujud di rumah Anda adalah dengan memastikan kebersihannya terjaga dengan baik. Mulai dari hal yang sederhana, klosetnya harus bersih.

Merawat kamar mandi dengan kloset di dalamnya cara termudahnya adalah dengan membiasakan menyiramnya sesaat setelah digunakan. Selain akan terhindar dari pemandangan kurang sedap, rutin menyiram kloset juga akan menjauhkan dari potensi mencium bau kurang enak.

5. Demi keawetan, gunakan sikat untuk bersihkan lantai dan dinding

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang berpotensi kotor paling sering. Oleh karenanya disarankan untuk sering-sering membersihkannya saat senggang.

Dari sini disarankan untuk pembersihannya tidak terlalu sering menggunakan bahan kimia karena sejatinya sisa-sisa bahan kimia tidak bisa hilang dari permukaan lantai.

Perlu Anda ketahui, bahan kimia pembersih yang tertinggal lama-kelamaan akan menjadi polutan di kama mandi Anda. Meski disiram, kandungan bahan kimia akan tetap saja ada karena hanya mengalami proses delusi saja. Disinilah pentingnya menjaga kebersihan ruangan kamar mandi dari lantai hingga dinding.

6. Singkirkan barang-barang kurang terpakai

Jika Anda termasuk orang yang gemar memasukkan banyak perlengkapan ke dalam kamar mandi maka sebaiknya hati-hatilah dengan efek buruknya. Barang-barang seperti make up dan peralatan kecantikan lainnya mesti dijaga kebersihannya.

Apa tujuan dari ini, tidak lain adalah untuk mempertahankan estetika ruangan tetap terjaga dengan baik. Jadi, mudah kan sebenarnya menciptakan kamar mandi sehat?

Apakah ukuran kamar mandi ideal juga penting diperhatikan? Tergantung apakah memang space di rumah Anda terbatas untuk kamar mandi atau masih bisa diperluas. Semakin luas semakin bagus sebetulnya. Namun tentu tidak hanya soal ukuran untuk bisa dikatakan ideal, hal-hal di atas adalah penyertanya. Salam. (ls) editted by RN17052020


Comment