Hadirkan Sisi Religius dalam Rumah dengan Ukiran Kaligrafi Kayu

Rumah minimalis agar tampil bagus ternyata bisa diusahakan dengan berbagai cara. Sala satunya dengan menambahkan ukiran kaligrafi kayu pada sisi dinding ruangan. Sepertinya sudah banyak yang mengadopsi jenis hiasan dinding berupa kaligrafi, jadi Anda tak perlu takut kekurangan referensi.

Di artikel kali ini juga akan dijelaskan mengenai berbagai pilihan model kaligrafi yang tepat untuk rumah minimalis. Termasuk tips memilih model yang bagus, kiat memasangnya di lokasi yang tepat. Anda juga akan tahu bagaimana cara merawat kaligrafi yang suidah terpasang di dinding agar awet. Selengkapnya di bawah ini.

Alasan Kenapa Anda Mesti Menambahkan Hiasan Dinding Berupa Kaligrafi

Tentu ini ditujukan bagi Anda yang muslim ya, bahwa memasang hiasan dinding kaligrafi sepertinya sudah bukan ide baru lagi.

ukiran kaligrafi kayu, kaligrafi kayu murah, seni ukir kaligrafi islam, ukiran kaligrafi ayat kursi, cara membuat kaligrafi kayu, harga kaligrafi kayu jati super murah, ukiran kaligrafi Allah, istana kaligrafi jepara kabupaten jepara, jawa tengah, kaligrafi kayu jepara,
Ukiran kaligrafi kayu yang cocok untuk dijadikan hiasan rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Kaligrafi sendiri adalah bentuk seni yang berupa tulisan arab. Di tulis dengan sedemikian rupa, sehingga bentuknya indah dan memberikan tulisan dengan nilai seni yang tinggi.

Karya seni ini memang sudah berkembang pesat dengan bentuk yang semakin menarik. Tidak heran jika banyak rumah bergaya desain mdeorn saat ini mengadospi hian dindingnya berupa kaligrafi. Selain mendapatkan kesan indah yang tidak biasa, menambahkan hiasan dinding kaligrafi juga punya nilai religius.

Tentu tujuannya bukan untuk pamer, namun tidak ada salahnya jika tujuannya adalah untuk membuat tamu yang berkunjung jadi terkesan. Termasuk juga membantu mereka ingat dengan nilai-nilai religiusitas yang tersampaikan secara tersirat memalui tulisan arab pada kaligrafi tersebut.

Nah, bicara soal modelnya, kaligrafi sendiri ada yang dibuat di atas kain, ada pula yang di atas kayu. Kali ini yang akan kita bahas adalah ukiran kaligrafi kayu yang lebih populer di pasaran. Harapannya, hiasan dinding kaligrafi ini bisa Anda adopsi sebagai hiasan terbaik di rumah minimalis Anda.

Cara Memilih Ukiran Kaligrafi Kayu

ukiran kaligrafi kayu, kaligrafi kayu murah, seni ukir kaligrafi islam, ukiran kaligrafi ayat kursi, cara membuat kaligrafi kayu, harga kaligrafi kayu jati super murah, ukiran kaligrafi Allah, istana kaligrafi jepara kabupaten jepara, jawa tengah, kaligrafi kayu jepara,
Pilihlah ukiran kayu kaligrafi yang berkualitas dan indah – Diminimalis.com

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih ukiran kaligrafi kayu. Sebab, saat ini karya seni kaligrafi memiliki bentuk dan model yang beragam. Ada yang model 3 dimensi, lemahan, karawang dan lainnya.

Berikut ini beberapa cara memilih ukiran kaligrafi kayu yang bisa Anda lakukan.

  • Lihatlah bahan baku yang digunakan untuk membuat kaligrafi. Pilih kayu yang berkualitas, misalnya kayu mahoni, kayu jati dan lainnya. Jangan pilih kayu, yang mudah terkena rayap dan keropos.
  • Selain bahan baku, perhatikan juga ukuran dari kaligrafi tersebut. Tentukan ukuran sesuai kebutuhan, dan dimana lokasi penempatannya. Jika rumah Anda tidak terlalu luas, tentunya tak perlu ukiran kaligrafi yang terlalu besar.
  • Pilih warna finishing yang berkualitas. Supaya terlihat alami, pilih kaligrafi dengan warna alami kayu. Selain itu, Anda bisa memilih memakai warna emas, natural, coklat tua, dan kombinasi warna lainnya. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan desain rumah Anda.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan desainnya. Karena saat ini ada banyak sekali desain kaligrafi yang digunakan. Hal ini juga tergantung dengan tulisan yang dibuat.

3 Tips Merawat Ukiran Kaligrafi Kayu

Bahan kayu memang harus dirawat dengan sebaik mungkin, supaya tidak mudah termakan rayap dan warnanya tetap bagus. Begitu juga dengan ukiran kaligrafi kayu, Anda harus bisa merawatnya. Inilah tips merawat kaligrafi kayu supaya awet.

ukiran kaligrafi kayu, kaligrafi kayu murah, seni ukir kaligrafi islam, ukiran kaligrafi ayat kursi, cara membuat kaligrafi kayu, harga kaligrafi kayu jati super murah, ukiran kaligrafi Allah, istana kaligrafi jepara kabupaten jepara, jawa tengah, kaligrafi kayu jepara,
Agar ukiran kaligrafi kayu Anda awet, Anda perlu paham cara merawatnya dengan benar – Diminimalis.com

1. Letakan di tempat yang kering

Jangan letakkan ukiran kayu di tempat yang lembab atau terlalu panas, karena akan membuatnya cepat rusak, cepat pudar, dan berjamur. Jadi, menata hiasan dinding juga perlu cermat. Letakan hiasan ini di ruangan yang tidak lembab. Misalnya pada ruang tamu, ruang keluarga, atau ruangan khusus untuk bekerja yang tidak ada berdekatan dengan sumber ruang area basah.

2. Hilangkan noda dengan cepat

Bila ukiran Anda terkena jipratan air, segera keringkan. Karena bila dibiarkan lama akan membuat bahan kayu berjamur dan meninggalkan noda. Anda bisa membersihkan ukiran kayu ini, sehari sekali. Bisa gunakan kain biasa yang lembut dan membersihkannya juga harus pelan-pelan agar tidak sampai merusak struktur ukiran.

Bila ada noda membandel yang tidak cukup dibersihkan dengan kain, gunakan baking soda untuk membersihkannya. Baking soda mudah dicari karena termasuk salah satu bahan dapur.

3. Tambahkan lapisan pengkilap furniture

Supaya ukiran kayu Anda lebih tahan lama, lapisi dengan pengkilap furniture. Bahan ini akan membuat kayu lebih bagus dan tidak mudah terkena jamur. Pengkilap furniture ini berwujud cair seperti minyak, Anda hanya perlu mengoleskannya ke semua bagian ukiran. Ketika membeli di tukang ukiran kayu, biasanya sudah dilapisi minyak ini. Tapi untuk membuatnya lebih tahan lama, Anda bisa mengoles ulang.

Untuk memberikan kesan yang lebih islami di rumah, selaraskan satu desain dengan desain lainnya. Jika ingin mengambil desain islami, tentunya interior lain harus menyesuaikan. Misalkan tambahkan rak buku, untuk tempat al quran dan buku islami lainnya. Tambahkan ruangan mushala pribadi atau menambah ukiran aksen lain bergaya islami.

Menambahkan ukiran kaligrafi kayu di rumah tidak hanya untuk desain interior rumah saja. Tapi juga membuat kita lebih ingat dengan Allah swt, dan membuat nuansa rumah lebih damai.

Demikian ulasan kami tentang cara menghias rumah dengan kaligrafi, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa rumah yang damai dan religius. Bila Anda hendak memiliki ukiran kayu Jepara, jangan lupa untuk memahami cara merawat furniture kayu dengan benar, semoga bermanfaat. (ck) editted by RN 17082020


Comment