Desain Tungku Perapian dalam Rumah, Sebagai Penghangat Di kala Sendirian

Rumah-rumah berdesain modern saat ini, banyak mengandalkan tata ruang yang kekinian. Furniture dan elemen yang ada di dalamnya otomatis juga sengaja dibuat berpengaruh terhadap konsep rumah secera keseluruhan. Salah satu elemen yang inovatif adalah adanya tungku perapian yang banyak diadopsi oleh banyak pemilik rumah minimalis.

Desain perapian dalam rumah minimalis di Indonesia sendiri memang tidak begitu lazim. Bahkan penggunaannya hanya pada daerah dingin seperti di pegunungan. Tungku digunakan sejak dulu kala sebagai media untuk memasak, memanaskan air dan juga berfungsi sebagai penghangat suhu ruangan. Material yang digunakan untuk membuat tungku biasanya berupa material batu, batu bata, dan logam.

tungku perapian
tungku perapian batu alam – diminimalis.com

Pada era modern seperti sekarang ini pemanfaatan perapian ini sudah sedikit mengalami pergeseran. Semenjak tahun 2010, fungsi tungku lebih banyak digunakan sebagai perapian palsu yang menghangatkan ruangan. Biasanya diletakkan di salah satu sudut ruang keluarga dipakai saat bersantai dan bercengkrama sambil minum.

Perencanaan Penempatan Tungku Perapian dalam Rumah

Akan sangat menenangkan tentunya, jika saat sedang bercengkerama bersama keluarga ada sesuatu yang bisa menunjang kehangatan. Nah, adanya tungku perapian di salah satu sudut ruang keluarga akan sangat membantu menghangatkan tubuh khususnya saat cuaca dingin. Lalu bagaimana mendesain ruang keluarga dengan tambahan perapian di dalamnya? Kita akan coba ulas contoh desainnya berikut ini.

1. Tungku Perapian di Tengah Ruang

Ide pertama dalam membuat tungku perapian dalam ruang keluarga adalah ditempatkan di tengah. Keberadaan sofa yang mengelilingi perapian akan memberikan nuansa kehangatan yang berbeda. Pemandangan ini juga akan membuat ruang keluarga lebih elegan dan mewah.

Untuk referensi bentuk tungku perapiannya, Anda bisa mencarinya di berbagai situs desain rumah atau dengan berlangganan majalah. Pilih desain terbaik dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

2. Tungku Perapian di Pinggir/Sudut 

Selain berada di tengah ruangan, tungku perapian juga bisa diletakkan di pinggir atau di space rak khusus. Untuk material perapian sendiri ada berbagai macam. Anda bisa memilihnya berdasarkan budget dan selera. Bisa dibayangkan bukan? Nuansa santai yang tercipta diantara Anda sekeluarga saat api menyala di tungku.

Desain Tungku Perapian Unik sebagai Elemen Dekoratif

Di daerah Eropa dan Amerika serta daerah-daerah yang memiliki empat musim biasanya hampir di setiap rumahnya terdapat tungku untuk menghangatkan tubuh atau yang sering disebut fireplace. Memang suhu dingin yang kadang rasanya sampai menusuk tulang pastinya akan sangat nyaman jika di dalam rumah ada media yang bisa menghangatkan.

Desain dari fireplace ini juga sangat beragam biasanya menyesuaikan dengan tema ruangan maupun diselaraskan dengan keinginan dari si empunya rumah. Desain fireplace dari keramik merupakan desain terbanyak yang digunakan pada material penyusun tungku untuk perapian. Motif dan corak keramik yang sangat banyak menjadi alasan utama pemakaian material ini.

Pengkombinasian desain juga tak jarang ditemuai pada desain tungku perapian rumah. Jika Anda rindu suasana pantai, material dari kayu yang mudah dibentuk sesuai keinginan ataupun diukir dengan motif menarik bisa Anda padu padankan dengan rumah kerang yang disusun teratur. Anda juga bisa meletakan beberapa elemen dekoratif disekitar fireplace agar terlihat lebih menarik.

Keuntungan memiliki tungku perapian

tungku perapian
interior menarik dengan fireplace – diminimalis.com

Memiliki sebuah tungku perapian sebagai bagian dari interior rumah minimalis memang banyak memberikan hal positif di dalamnya. Di atas sudah sedikit diminimalis sampaikan yaitu desain yang menarik dari fireplace ini bisa membuat ruangan nampak indah dan juga berkesan. Kehangatan yang dikeluarkan dari fireplace ini juga sudah cukup membuat suasan kebersamaan Anda dan keluarga lebih rileks.

Terakhir, tentu saja dengan penggunaan perapian ini akan jauh membuat pengeluaran biaya semakin sedikit. Anda tidak perlu membeli peralatan elektronik untuk menghangatkan ruangan yang harganya tentunya tidak murah belum lagi tagihan listrik yang pastinya akan melonjak.

Jadi pada intinya, keberadaan perapian akan sangat membantu Anda dan keluarga di saat cuaca dingin. Selain itu, keberadaan tungku perapian 

Tertarik membuat tungku perapian? Segera rencanakan ya! Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN 21022020


Comment