Traveling Aman di Masa New Normal yang Sesui dengan Protokol Kesehatan

Traveling aman di masa new normal menjadi salah satu kebutuhan baru dimana gaya traveling harus disesuaikan dengan protokol kesehatan agar traveler bisa bepergian dengan aman dan nyaman.

Adanya pandemi covid-19 mengharuskan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk meminimalisir penyebaran covid-19 atau sering disebut dengan virus corona.

WHO telah memprediksi bahwa kemungkinan virus corona ini tidak bisa hilang. Sehingga semua masyarakat di dunia harus menjalankan aktivitas dengan menerapkan kebiasaan baru yang sesuai dengan protokol kesehat.

Hal tersebut juga perlu diterapkan saat Anda melakukan traveling. Traveling bisa Anda nikmati dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait hal yang perlu Anda lakukan saat traveling di masa new normal, berikut beberapa informasinya untuk Anda.

Persiapan Traveling Aman di Masa New Normal

Sebelum ada pergi menlakukan traveling, sebaiknya Anda mempersiapkan dahulu semua kebutuhan penting untuk traveling. Persiapan dilakukan dengan mempersiapkan kebutuhan traveling di masa new normal.

Traveling Aman di Masa New Normal yang Sesui dengan Protokol Kesehatan 1
traveling aman di masa new normal via okezone.com

Kebutuhan traveling di masa new normal tentu berbeda dengan kebutuhan traveling disaat sebelum pandemi. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan apa saja yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan sebelum traveling, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Masker

Barang wajib pertama yang harus dipersiapkan adalah masker. Masker merupakan barang yang sangat penting dan wajib digunakan dimana saja ketika Anda keluar dari rumah, termasuk saat traveling.

Menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan di masa new normal ini. Hal ini menjadi salah satu pembeda ketika Anda traveling di masa sebelum pendemi dan pada masa new normal sekarang ini.

2. Hand sanitizer

Barang kedua yang wajib Anda siapkan adalah hand sanitizer. Membawa hand sanitizer merupakan bentuk antisipasi ketika tidak ada tempat untuk mencuci tangan dimanapun Anda berada.

Hand sanitizer dapat Anda gunakan kapanpun ketika Anda membutuhkannya, seperti ketika hendak makan, atau setelah memegang benda kotor agar terhindar dari kuman pembawa penyakit. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan dan kesehatan

3. Dokumen-dokumen

Hal terpenting selanjutnya adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan traveling yang akan Anda lakukan, seperti dokumen pemesanan penginapan, tiket atau yang lainnya.

Dokumen ini diharapkan tidak tertinggal agar traveling berjalan dengan baik dan tidak terhalang karena dokumen-dokumen yang tertinggal. Oleh karena itu, mempersiapkan dokumen sangat dianjurkan dan perlu menjadi salah satu hal prioritas yang wajib disiapkan.

4. Uang dan alat pembayaran non tunai

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan uang atau alat pembayaran non tunai. Uang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu ketika Anda butuhkan. Namun, sebaiknya minimalisir penggunaan uang tunai saat bertransaksi.

Di masa new normal ini Anda disarankan untuk menggunakan alat pembayaran non tunai. Hal ini dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus corona yang mewabah diseluruh penjuru dunia. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan alat pembayaran non tunai sebelum berangkat traveling.

5. Kebutuhan pribadi lainnya

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebutuhan pribadi lainnya seperti obat pribadi, kendaraan pribadi, peralatan ibadah atau kebutuhan lainnya yang mungkin Anda butuhkan saat traveling.

Tips Saat Traveling Aman di Masa New Normal

Selanjutnya yang perlu dibahas adalah sikap ketika aman traveling aman di masa new normal. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan traveling di masa new normal adalah sebagai berikut:

Selalu menggunakan masker

Menggunakan masker merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Bahkan pemerintah telah menjadikan ini sebagai peraturan yang wajib dipatuhi, karena jika tidak menggunakan masker, Anda bisa dikenakan denda.

Hal ini dilakukan guna melindungi Anda dan orang lain dari bahaya virus yang menjadi permasalahan diseluruh negara di dunia. Jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat Anda melakukan traveling.

Mencuci tangan dengan sabun/ menggunakan hand sanitizer

Hal ke dua yang menjadi salah satu kebiasaan di masa new normal adalah selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer ketika hendak makan atau setelah memegang barang kontor disekitar Anda.

Mencuci tangga biasanya menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum Anda memasuki tempat wisata atau bahkan saat di destinasi wisata tersebut. Penyediaan tempat cuci tangan dan sabun kini dapat Anda temukan dimana saja.

Dengan hal ini, diharapkan akan membuat Anda tetap dalam keadaan aman dan nyaman ketika berpergian kemanapun. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir yang terlalu berlebihan.

Menjaga jarak dengan traveler lainnya

Hal yang wajib Anda lakukan selanjutnya adalah menjaga jarak dengan orang lain. Pandemi covid-19 ini mengharuskan kita semua untuk selalu melakukan physical distancing dimana saja.

Traveling Aman di Masa New NormalDengan kata lain, Anda tidak diperkenankan berdekatan dengan orang lain agar meminimalisir kemungkinan penyebaran virus corona. Jadi himbauan untuk menjaga jarak diterapkan dimana saja dan kapan saja.

Menghindari tempat wisata yang terlalu ramai/ hindari keramaian

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat traveling adalah memilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Hal ini karena Anda diharuskan menghindari keramaian masa yang memungkinkan semakin mudahnya penyebaran virus. Jadi Anda harus pintar memilih tempat wisata yang tepat agar Anda tetap aman ketika traveling.

Tips Setelah Traveling di Masa New Normal

Masa new normal sangat berbeda dengan masa-masa biasanya sebelum pandemi. Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut agar Anda dan semua orang terdekat tetap aman dan sehat.

Mandi ketika sampai di rumah

Setelah sampai di rumah, sebaiknya Anda langsung mandi dengan sabun. Hal ini dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesahat. Jadi bisa meminimalisir kekhawatiran Anda karena telah bepergian.

Mencuci semua pakaian yang digunakan untuk traveling

Selain mandi, Anda juga perlu mencuci pakaian yang telah digunakan. Sehingga kebersihan tetap terjaga dan dapan meminimalisir rasa khawatir Anda. Dengan begitu semua tetap aman dan nyaman di rumah saat pandemi walaupun Anda telah bepergian.

Istirahat yang cukup

Traveling Aman di Masa New NormalSetalah Anda sudah selesai bebersih, Anda dapat langsung istirahat. Sebaiknya Anda istirahat yang cukup guna mengilangkan rasa lelah dan membuat badan Anda tetap sehat.

Lakukan isolasi jika Anda melakukan traveling dari luar kota

Guna menganisipasi penyebaran virus, sebaiknya bagi Anda yang melakukan traveling ke luar kota, Anda perlu melakukan isolasi madiri di rumah selama dua minggu. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan yang harus dilakukan bagi siapa saja yang datang dari luar kota.

Segera ke dokter jika Anda merasakan gejala tertentu

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah segera periksa ke dokter jika dalam masa isolasi atau setelah traveling Anda mendapiti diri Anda dengan gejala-gejala tertentu yang mirip dengan gajala terkena covid-19. Dengan demikian Anda bisa langsung mendapatkan penanganan terbaik dari tim medis yang sudah ditugaskan.

Beberapa hal di atas perlu Anda perhatikan dan terapkan ketika Anda hendak terveling, saat traveling dan setelah traveling. Hal tersebut diharapkan dapat membantu Anda dan semua masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan ketika traveling.

Dengan demikian, diharapkan traveling Anda akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan walaupun dengan menerapkan kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan. Hal tersebut akan membuat Anda lebih aman dan nyaman saat traveling tidak menimbulkan kekhawatiran.

Semoga ulasan seputar tips traveling aman di masa new normal di atas mampu memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.