Tips Rumah Sejuk: Tetap Nyaman Walaupun Tanpa AC

PEPOHONAN DAPAT MENYEJUKKAN RUMAH DI WILAYAH TROPIS- diminimalis.com

Tips rumah sejuk tanpa AC kita ulas kali ini, supaya kita yang tinggal di wilayah tropis bias lebih berhemat dengan meminimalisir pengguaan AC, namun tetap bisa mendapatkan kesejukan yang maksimal. Udara panas di di dalam ruangan bukan selalu menjadi penyebab ketidaknyamanan bagi penghuninya. Lalu bagaimana caranya membuat rumah menjadi sejuk? Berikut akan kami paparkan beberapa tips rumah anti panas.

Membuat rumah menjadi sejuk, Rumah sejuk tanpa AC, Tips mengatasi suhu panas rumah, tips rumah anti panas
Pepohonan di sekitar rumah, dapat menyejukkan rumah minimalis Anda – diminimalis.com

AC umumnya memang dijadikan solusi bagi siapa saja yang ingin menyejukkan ruangan dengan simple dan praktis. Namun tentu tidak semudah itu untuk memasang AC, bukan? Selain biayanya yang tidak murah, perawatan berkala juga harus dilakukan. Untuk mewujudkan rumah sejuk tanpa AC, yang harus dilakukan adalah cermat dalam memilih atap dan plafon. Anda perlu menggunakan genting keramik atau tanah liat yang tidak mudah menyerap panas sehingga tidak meningkatkan suhu di dalam ruangan.

Tips rumah sejuk tanpa AC

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan di dalam ruangan tanpa AC, Anda dapat merancang ventilasi silang yang lubang udaranya diletakkan berseberangan namun tidak berhadapan. Fungsinya agar udara dapat mengalir dengan baik mengikuti tekanan udara. Cara selanjutnya untuk menyejukkan ruangan adalah dengan menggunakan warna-warna cerah pada bagian eksterior. Sifat dari warna cerah sendiri adalah memantulkan cahaya sehingga ruangan di dalam pun tidak akan menyerap panas.

Tips rumah sejuk t, Menyejukkan rumah tanpa ac
banyak hal bisa kita upayakan untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa AC – diminimalis.com

Tips mengatasi suhu panas rumah lainnya dengan memperbanyak tanaman. Letakkan beberapa tanaman dalam pot di dalam rumah atau Anda bisa menggunakan tanaman rambat sekaligus menambah estetika di dalam ruang. Gunakan pula material alam pada dinding rumah agar rumah menjadi sejuk. Bahan-bahan ini antara lain kayu, batu bata, maupun batu alam.

Bada bagian teras, alangkah baiknya Anda menanam tanaman rambat yang bias meneduhkan udara dari luar ruangan. Cara ini bisa sangat membantu mengalirkan udara ke dalam rumah, sehingga ruangan tidak pengap dan panas. Selain itu, Anda juga bisa dengan meninggikan langit-langit. Semakin banyaknya ruang kosong antara lantai dengan plafon tentu akan membuat pergerakan udara menjadi lancar dan menciptakan ruangan yang nyaman.
Demikian ulasan kami tentang tips rumah sejuk tanpa AC, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain rumah minimalis yang cocok untuk  wilayah tropis, di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Rumah minimalis di wilayah tropis, desain rumah nyaman untuk Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.