Tips Rumah Sejuk: Tetap Nyaman Walaupun Tanpa AC

Ingin punya rumah yang sejuk meski tidak tinggal di pedesaan? Gampang, bahkan tidak harus tanpa AC, Anda bisa terapkan beberapa tips rumah sejuk seperti yang akan kita bahas kali ini. Tidak perlu banyak biaya, kuncinya hanya ada di desain rumah yang Anda tinggali saat ini.

Semakin Anda tahu konsep rumah yang sejuk seperti apa, maka untuk mewujudkannya akan lebih mudah. Sebab setidaknya Anda jadi punya gambaran soal rancangannya nanti akan seperti apa. Tanpa berlama-lama, mari kita simak beberapa tips rumah sejuk ala diminimalis berikut ini.

Pentingnya Membuat Rumah Terasa Sejuk

Memiliki rumah minimalis di wilayah tropis memang kekurangannya adalah soal suhu yang panas. Akan tetapi, siapapun bisa lebih berhemat dengan meminimalisir pengguanan AC jika paham bagaimana tips rumah sejuk itu diwujdukan.

Udara panas di dalam ruangan bukan satu-satunya penyebab suasana panas yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuninya. Lalu bagaimana caranya membuat rumah menjadi tidak lagi panas? Berikut akan kami paparkan beberapa tips rumah sejuk yang simpel.

Membuat rumah menjadi sejuk, Rumah sejuk tanpa AC, Tips mengatasi suhu panas rumah, tips rumah anti panas
Pepohonan di sekitar rumah, dapat menyejukkan rumah minimalis Anda – diminimalis.com

AC umumnya memang dijadikan solusi bagi siapa saja yang ingin menyejukkan ruangan dengan simple dan praktis. Namun tentu tidak semudah itu untuk memasang AC, bukan? Selain biayanya yang tidak murah, perawatan berkala juga harus dilakukan.

Untuk mewujudkan rumah sejuk tanpa AC, yang harus dilakukan adalah dimulai dengan cermat dalam memilih atap dan plafon. Anda perlu menggunakan genting keramik atau tanah liat yang tidak mudah menyerap panas sehingga tidak meningkatkan suhu di dalam ruangan meningkat.

Tips Rumah Sejuk tanpa Mengandalkan AC

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan di dalam ruangan tanpa AC, Anda dapat menerapkan langkah – lengkah berikut supaya rumah Anda bisa mendaptkan nuansa sejuk yang alami, diantara caranya yaitu :

Mengoptimalkan Rancangan Ventilasi

merancang ventilasi silang yang lubang udaranya diletakkan berseberangan namun tidak berhadapan. Fungsinya agar udara dapat mengalir dengan baik mengikuti tekanan udara. Agar sirkulasi udara semakin lancar, Anda perlu membuat ventilasi silang. Ventilasi silang dapat dibuat menggunakan dua buah jendela yang berhadapan langsung ke tempat udara masuk dan keluar.

Maskimalkan Warna Cerah pada Eksterior

Cara selanjutnya untuk menyejukkan ruangan adalah dengan menggunakan warna-warna cerah pada bagian eksterior. Sifat dari warna cerah sendiri adalah memantulkan cahaya sehingga ruangan di dalam pun tidak akan menyerap panas.

Tips rumah sejuk t, Menyejukkan rumah tanpa ac
Tips rumah sejuk tanpa AC – diminimalis.com

Perbanyak Tanaman di Sekitar Rumah

Tips mengatasi suhu panas rumah lainnya dengan memperbanyak tanaman. Letakkan beberapa tanaman dalam pot di dalam rumah atau Anda bisa menggunakan tanaman rambat sekaligus menambah estetika di dalam ruang.

Gunakan pula material alam pada dinding rumah agar rumah menjadi sejuk. Bahan-bahan ini antara lain kayu, batu bata, maupun batu alam.

Bada bagian teras, alangkah baiknya Anda menanam tanaman rambat yang bias meneduhkan udara dari luar ruangan. Anda dapat menggunakan tanaman merambat yang tumbuh di dinding dan pagar.

Cara ini bisa sangat membantu mengalirkan udara ke dalam rumah, sehingga ruangan tidak pengap dan panas. Selain itu, Anda juga bisa dengan meninggikan langit-langit. Semakin banyaknya ruang kosong antara lantai dengan plafon tentu akan membuat pergerakan udara menjadi lancar dan menciptakan ruangan yang nyaman.

Buat rongga di bawah atap

Cara selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah membuat rongga di bawah atap untuk menangkal sinar matahari yang panas pada loteng rumah. Cara ini dapat Anda terapkan bila rumah memiliki struktur atap datar yang menempel bersama bangunan rumah tetangga.

Gunakan kaca film infinity

Kaca film Infinity ini merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Hybrid Construction yang mempunyai kelebihan sebagai penangkal panas. Keuntungan menggunakan kaca Film jenis Infinity ini bukan hanya menyerap sinar matahari saja melainkan mampu menyerap sinat inframerah hingga kadar 91% dan juga mampu menolak sinar Ultaviolet hingga kadar 99%.

Penolakan panas dengan menggunakan kaca film ini bisa mencapai 72% dari sinar keseluruhan yang masuk kedalam rumah. Penempatan kaca film terbaik sebagai salah satu perendam sinar matahari bisa anda letakan pada bagian ruang tamu, ruang tengah dan juga bagian dapur.

Demikian ulasan kami tentang tips rumah sejuk tanpa AC, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain rumah minimalis yang cocok untuk  wilayah tropis, di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN23052021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.