Tips Menonton TV Sehat untuk Buah Hati Anda di Rumah

ada banyak hal yang perlu diupayakan untuk menghindari efek negatif menonton tv bagi kesehatan anak-anak - diminimalis.com

Mungkin saat ini Anda sedang mencari tips menonton tv sehat untuk buah hati Anda. Kegiatan menonton tv sering dijadikan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang. Biasanya orang tua akan lebih senang anaknya berada di dalam rumah karena mudah untuk mengawasinya. Meski begitu, Anda yang memiliki anak harus betul-betul memperhatikan aktivitas menonton TV mereka. Ada beberapa aturan yang tidak tertulis yang cukup fatal bila Anda abaikan.

  Tips Menonton TV, Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
ada banyak hal yang perlu diupayakan untuk menghindari efek negatif menonton tv bagi kesehatan anak-anak – diminimalis.com

Tips Menonton TV Sehat untuk Si Kecil

TV menyajikan berbagai hiburan menarik untuk keluarga baik acara berita, drama, komedi hingga kartun yang disukai anak-anak. Anak akan betah berlama-lama duduk di depan televisi hanya untuk menyaksikan tingkah lucu menggemaskan dari tokoh kartun tersebut. Namun, ada beberapa hal yang tak boleh luput dari pengawasan orang tua ketika anak menonton TV seperti jarak pandang anak ke layar TV. Pada kesempatan kali ini, kamu akan memberikan tips menonton tv sehat untuk si kecil, diantra tipsnya yaitu:

  Tips Menonton TV sehat,  Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
jarak pandang saat menonton tv pelu diatur dengan standar yang tepat – diminimalis.com

1. Mengatur jarak pandang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda perlu memperhatikan jarak pandang anak ke layar TV karena akan mempengaruhi penglihatan. Anak yang terbiasa menonton tv dalam jarak pandang yang dekat akan mengakibatkan kerusakan mata secara permanen. Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan ukuran 5x lebar diagonal layar TV. Sebagai contoh diagonal layar TV adalah 21 inch maka Anda tinggal mengalikan 5 x 21 inch yang hasilnya 105 inch dengan jarak pandang yang baik 5 meter.

2. Mengatur pencahayaan ruangan

Anda perlu mengatur cahaya di ruangan yang menjadi lokasi favorit menonton tv. Atur pencahayaan pada layar TV Anda dan pastikan lampu di ruangan dalam keadaan menyala sebagai penyeimbang cahaya. Ruangan yang gelap membuat pupil mata pada buah hati Anda akan bekerja terlalu keras.

3. Membatasi waktu menonton

Anda perlu membuat jadwal kapan sebaiknya anak berhenti untuk menonton tv dan istirahat. Anak yang dibiarkan terlalu lama menonton, membuat gerakan saraf ototnya menjadi kaku dan tidak luwes. Hal ini juga menyebabkan anak menjadi malas bergerak dan menikmati aktivitas di luar yang sebenarnya menyehatkan. Jangan biarkan si kecil menonton lebih dari jam 9 malam.

Itulah beberapa tips menonton tv sehat untuk si kecil. Kesehatan buah hati adalah hal yang menjadi prioritas orang tua. Mulailah untuk memperhatikan hal yang dianggap sepele seperti menonton TV agar anak Anda terhindar dari gangguan mata yang berbahaya. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain kamar tidur dengan TV dan bagaimana cara mengaturnya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Kamar tidur dengan TV dan bagaimana cara mengaturnya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.