Tips Mengecat Pagar Kayu Rumah Minimalis Agar Tahan Lama

Tahukah Anda apa saja tips mengecat pagar kayu? Pagar kayu sendiri merupakan salah satu bagian dari eksterior rumah yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi rumah, namun juga memberikan sentuhan yang indah. Pagar kayu membuat tampilan rumah menjadi lebih natural dan terlihat klasik. Meski begitu, dibutuhkan perawatan ekstra untuk merawat pagar kayu agar lebih awet dan tetap cantik.

Tips Mengecat Pagar Kayu Agar Tahan Lama

Tips Mengecat Pagar Kayu, cara Mengecat Pagar Kayu, cat pagar kayu
pagar kayu perlu dicat untuk memberi warna sekaligus sebagai lapisan pelindung – diminimalis.com

Pagar kayu umumnya menggunakan kayu jenis kayu ulin, kayu cedar, merbau, mahoni dan lain-lain. Pagar kayu harus dirawat dengan baik karena rentan terhadap panas, jamur serta keropos oleh rayap. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan tips mengecat pagar kayu agar pagar Anda tahan lama, diantranya adalah:

Langkah-langkah Sebelum Mengecat Pagar Rumah

1. Memperhatikan Keselamatan Kerja

Sebelum Anda mulai mengecat, terlebih dahulu untuk memperhatikan keselamatan kerja. Gunakan produk cat water based yang aman dan tidak berbau menyengat. Selain itu, gunakan pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

Masker digunakan untuk melindungi pernapasan dari serbuk kayu pada saat mengamplas coating yang lama. Sedangkan sarung tangan digunakan untuk melindungi benda-benda tajam dari bagian kayu yang rusak. Pastikan Anda menggunakan masker yang cukup tebal dan sarung tangan kain.

Tips Mengecat Pagar Kayu, cara Mengecat Pagar Kayu, cat pagar kayu
pagar kayu yang dicat dengan baik, akan lebih terlindungi dan tahan lama – diminimalis.com

2. Memperhatikan Area Pengecatan

Apabila disekitar pagar rumah Anda terdapat tanaman yang mengganggu seperti rumput atau tanaman lainnya. Sebaiknya pangkas dan bersihkan terlebih dahulu. Namun, jika Anda enggan untuk memotongnya Anda bisa mengikatnya agar tidak mengganggu saat pengecatan.

Selanjutnya, Anda dapat menutupi tanaman disekitar pagar dengan kain atau plastik agar saat pagar dicat, cat tidak mengenai tanaman. Berikan juga batu pada kiri dan kanan penutup agar tidak mudah tertiup angin.

3. Menutup Bagian yang Tidak Ingin Dicat

Anda dapat menggunakan selotip untuk menutup bagian pagar yang tidak ingin dicat. Biasanya bagian yang tidak cat berupa ornamen, ganggang, kunci pagar, atau berbagai ornamen lainnya. Anda dapat membeli selotip ini di toko bangunan atau di toko online yang menyediakannya.

4. Pilihlah Hari yang Cerah

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan sebelum mengecat pagar rumah adalah memilih cuaca. Piihlah cuaca yang cerah. Anda dapat melihat ramalan cuaca yang sudah diprediksi sebelumnya oleh BMKG. Anda juga bisa memilih hari yang tidak hujan namun berawan, karena kondisi ini memungkinkan cat mengering lebih cepat.

5. Hindarilah Menggunakan Clear Coat Matte

Nah, langkah terakhir sebelum mengecat pagar kayu adalah menghindari menggunakan pernis dengan tampilan matte. Permukaan kayu yang terdapat matte tidak tahan terhadap kerusakan akibat goresan. Pagar akan langsung terlihat kotor dan cepat rusak karena permukaannya tidak mengkilap.

Langkah Mengecat Pagar Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

1. Pilihlah Cat Kayu Khusus

Pertama, tips mengecat pagar kayu adalah menggunakan cat khusus. Cat khusus yang dimaksud adalah yang tahan terhadap segala cuaca. Anda dapat menggunakan cat politur khusus eksterior untuk melindungi pagar dari sinar UV yang dapat membuat warna pagar kayu menjadi pudar dan tidak tahan lama.

Anda dapat menggunakan cat akrilik yang mempunyai sifat yang sangat kuat untuk melindungi pagar. Namun, Anda juga perlu mengusapkan primer pada permukaan yang belum diproses sebelum mengecat. Kemudian, Anda bisa menggunakan cat berbahan dasar minyak pada area luar ruangan.

2. Gunakan Cat Water Based dibandingkan Solvent Based

Gunakanlah cat water based umumnya menggunakan pengencer air yang sifatnya fleksibel terhadap perubahan suhu, sehingga pagar kayu dapat terlindungi dari pemuaian dan penyusutan serta tidak mudah retak. Selain itu, menggunakan cat water based juga mempunyai kelebihan lainnya seperti.

  • Lebih aman dan lebih ramah terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan pengencer yang digunakan adalah air sehingga lebih aman, jika dibandingkan dengan cat berbasis minyak menggunakan thinner dan spiritus.
  • Warna tidak kalah dengan solvent based
  • Tidak menimbulkan bau karena biasanya sumber bau berasal dari thinner.
  • Lebih aman apabila diaplikasikan dengan cara penyemprotan atau spray.

3. Gunakan Pelapis atau Obat untuk Pagar Kayu

Tips mengecat pagar kayu selanjutnya adalah menggunakan pelapis untuk pagar kayu. Saat ini sudah banyak pelapis atau obat untuk melindungi kayu yang dijual di pasaran. Pelapis tersebut melindungi kayu dari sinar matahari serta mencegah jamur yang hinggap pada permukaan kayu akibat suhu yang lembab.

Anda dapat menggunakan pelapis kayu dengan mereka sebagai berikut ini :

Pernis untuk Tampilan Natural

Apabila Anda menginginkan untuk tampilan pagar yang natural, Anda dapat menggunakan pernis untuk membuat pagar tampak lebih mengkilat. Kelebihan dari pelapis ini adalah mempunyai ketahanan terhadap air maupun sinar matahari. Pastikan untuk mengaplikasikan pelapis ini secara rutin karena tergolong cepat pudar.

Minyak Kayu Jati untuk Kesan Natural Rustic

Tips mengecat pagar kayu selanjutnya adalah menggunakan minyak kayu jati yang dapat meresap ke dalam pori-pori kayu. Apabila Anda ingin menggunakan pelapis ini untuk kesan rustic, Anda dapat menggunakannya sebagai finishing. Perlu diketahui bahwa pelapis ini cepat pudar, sehingga Anda harus rajin melapisinya.

Nitro Cellulose untuk Tampilan Halus

Pelapis selanjutnya adalah pelapis Nitro Cellulose (NC). Pelapis ini mempunyai kandungan yang dicampur dengan alkohol lalu disemprotkan pada permukaan kayu. Kelebihan dari pelapis ini adalah tahan terhadap air, namun juga rentan terkelupas jika sering terpapar sinar matahari langsung.

4. Gunakan Lapisan Anti Rayap Sebelum Memoles Cat

Serangga termasuk rayap memang sangat suka dengan kayu. Tak heran perabotan rumah yang terbuat dari kayu tidak bisa terhindarkan dari serangan serangga yang satu ini. Nah, langkah untuk mengantisipasi hal ini adalah menggunakan bahan anti rayap saat proses finishing pengecatan.

Sedangkan untuk tips mengecat pagar kayu yang sifatnya berkala. Anda bisa memakai semprotan anti rayap yang bisa digunakan setiap 6 bulan sekali. Selamat mencoba, semoga rayap dirumah Anda tidak menghancurkan keindahan pagar kayu Anda.

5. Menggunakan Cairan Anti Jamur

Selain rayap, ternyata musuh selanjutnya kayu adalah jamur. Nah, jamur biasanya muncul dari material kayu yang lembap. Cuaca pada saat hujan menjadi pemicu utama tumbuhnya jamur. Langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak jati pada pagar.

Namun, apabila jamur sudah mulai ada di pagar, Anda bisa menggunakan cairan anti jamur yang bisa diaplikasikan setelah area yang diserang jamur digosok dengan ampelas. Setelah cairan anti jamur tersebut mengering, cat akan dengan high gloss.

6. Mengecat Ulang Pagar yang Sudah Kusam

Tips mengecat pagar kayu agar awet selanjutnya adalah mengecat kembali pagar yang sudah kusam atau memudar. Anda dapat menggunakan ampelas hingga kayu terasa halus kemudian cat dengan bahan anti rayap dan jamur. Sedangkan untuk cat solid, Anda dapat menggunakan dempul pada permukaan kayu yang retak.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat khusus kayu yang bertahan terhadap segala cuaca. Anda dapat memilih cat politur eksterior yang berfungsi untuk melindungi pagar kayu dari sinar UV dan tahan lama. Selamat mencoba, semoga cat pagar Anda tidak mudah pudar.

7.Menentukan Teknik Pengecatan

Nah, tips mengecat yang terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah teknik pengecatan. Apakah Anda ingin menggunkana kuas, rol, penyemprot, atau kombinasi dari ketiganya. Pihan Anda tersebut tergantung dengan banyak atau sedikitnya area yang akan dicat.

Pakailah alat penyemprot untuk pagar yang panjang dan memiliki banyak ceruk atau lekukan yang sekiranya sulit untuk dijangkau dengan kuas. Namun, jika pagar yang akan dicat pendek, Anda bisa menggunakan rol pada permukaan datar dan kuas untuk bagian yang lebih mendetail.

Itulah beberapa tips mengecat pagar kayu agar tahan lama. Pagar kayu yang dirawat dengan baik membuat rumah jauh lebih elegan dan tampak mewah meskipun menggunakan bahan alam. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama di laman merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama semoga bermanfaat. (ls) editted by AL040721.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.