8 Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran dengan Mudah

Bila Anda tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk, maka potensi bahaya seperti kebakaran bisa saja terjadi. Disinilah pentingnya untuk Anda tahu apa saja tips mencegah rumah dari kebakaran bahkan dimulai dari hal yang paling sederhana.

Sebetulnya, potensi kebakaran oleh api ini tidak hanya bisa terjadi lantaran hal-hal yang umum seperti api kompor saja. Namun juga bisa dari sumber lain seperti arus listrik atau kesalahan penggunaan alat elektronik.

Jika bicara soal tips mencegah rumah dari kebakaran, ada beberapa hal yang bisa Anda upayakan. Kebetulan diminimalis akan bahas topik ini lebih jauh di edisi kali ini. Jadi, untuk menemukan jawabannya silakan baca sampai habis ya.

Penyebab paling Sering Rumah Kebakaran

Sebelum bicara soal tips, mari kita bahas dulu soal berbagai penyebab paling sering kenapa rumah bisa terbakar. Sebetulnya sudah sedikit kita singgung di atas, namun perlu untuk kita gali lebih jauh.

Tidak harus di area padat penduduk, rumah dimanapun tempatnya tetap berpotensi mengalami kebakaran. Adapun biasanya penyebab kebakaran adalah dari dari hal-hal yang kecil semisal keteledoran membuang puntung rokok atau membakar sampah terlalu dekat dengan rumah.

Memang kemungkinannya akan cukup kecil dibandingkan dengan penyebab lain seperti dari konsleting listrik. Namun begitu, hal-hal sekecil apapun harus tetap diwaspadai untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Jadi jika disimpulkan, beberapa penyebab kebakaran pada rumah diantaranya ialah: konsleting listrik, sampah terbakar, alat masak meledak, dan penggunaan alat elektronik tidak sesuai prosedur dan lain sebagainya. Sebab-sebab tersebut bisa diantisipasi dengan menerapkan berbagai tips mencegar rumah dari kebakaran yang akan dibahas di bawah ini.

Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran, Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran listrik, cara mencegah terjadinya kebakaran
Tips mencegah rumah dari kebakaran dengan bermacam-macam cara – diminimalis.com

Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran

Rumah kebakaran apalagi di kawasan padat penduduk akan terus terjadi jika pemahaman masyarakat terhadap solusi pencegahannya tidak dipahami. Pencegahan kebakaran rumah sebetulnya dapat dimulai dari Anda, yaitu jaga rumah Anda agar aman dan nyaman dihuni dan jauh dari keteledoran penyebab kebakaran.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips mencegah rumah dari kebakaran khususnya untuk Anda yang tinggal di area padat penduduk.

1. Gunakan dan periksa instalasi listrik secara berkala

Kebakaran rumah di kawasan padat penduduk sering disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek aliran listrik karena kelalaian dari si pemilik rumah. Entah itu pada sambungan di dalam rumah yang menuju ke ruangan tertentu atau masih di luar rumah.

Demi pencegahan, gunakanlah enerji listrik dengan bijak. Mulailah dengan mematikannya jika sudah tidak digunakan, periksa instalasinya dan lakukan penggantian isolasi sambungan kabel maksimal 2 tahun sekali. Jangan lupa juga periksa kelayakan colokan listrik setidaknya setiap 6 bulan sekali. Perlakuan seperti ini akan membantu Anda mendeteksi lebih dini titik yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran.

Desain interior dapur minimalis, desain dapur minimalis, dapur minimalis, desain dapur, tips desain dapur, rumah minimalis, backsplash dapur
dapur minimalis dengan penataan yang tepat juga bisa menghindarkan rumah dari kebakaran – diminimalis.com

2. Atur tata desain dapur yang aman

Dapur yang baik adalah yang memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga bisa bersirkulasi dengan mudah. Ini akan berguna ketika terjadi kebocoran gas tabung LPG. Udara beracun akan mudah keluar rumah tanpa harus membuka pintu utama.

Terkait dengan penempatan, hindari menempatkan tabung gas LPG dengan kompor terlalu berdekatan tanpa sekat. Hindari menggunakan material yang mudah terbakar seperti kayu di dekat kompor.

3. Pilih bahan bangunan yang tahan terhadap api

Salah satu tips mencegah rumah dari kebakaran dari sisi bangunan adalah dengan menghindari bahan-bahan bangunan tambahan yang mudah terlalap api seperti kayu. Alternatifnya, Anda bisa gunakan batu bata dan atau baja ringan karena lebih tahan api.

4. Susunlah perabotan rumah dengan rapi

Menyusun perabotan rumah dengan rapi ternyata bisa dijadikan salah satu tips mencegah rumah dari kebakaran lho. Perabot rumah tangga yang berserakan dapat mempercepat laju rambatan api.

Selain itu, perabotan rumah yang berantakan jelas bisa menghambat proses evakuasi saat benar-benar terjadi kebakaran. Untuk itu, susunlah perabot rumah tangga dengan baik dan hindari menggunakan material perabot yang rentan terhadap lalapan api.

5. Adaptasikan kebiasaan baik menggunakan listrik

Tips mencegah rumah dari kebakaran yang satu ini, dapat Anda mulai dengan memeriksa colokan listrik dan kabel yang berada di beberapa bagian rumah. Hindari mencolok perangkat ke saluran listrik dalam jangka waktu lama terutama saat rumah ditinggal dalam keadaan kosong.

Sebaiknya juga, ganti kabel-kabel lama yang berpotensi mengelupas setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Selain itu, jauhkan benda-benda yang dapat memicu kebakaran terutama di sekitar dapur dan area saluran kabel.

Baca juga: Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Jangan Ada yang Terlupa!

6. Tambahkan perangkat lain yang anti kebakaran

Ternyata menata ruang dengan baik turut andil dalam menciptakan rumah anti kebakaran. Jika memungkinkan buatlah sekat atau partisi yang mudah dibuka. Anda juga bisa membuat tangga darurat dengan desain sederhana untuk memudahkan ruang gerak saat panik terjadi kebakaran.

7. Pasang Wallpaper

Wallpaper merupakan jenis bahan yang digunakan untuk menutupi dan menghiasi dinding rumah atau gedung. Wallpaper banyak dipasang di dinding karena memiliki corak yang beragam dan tahan terhadap api, sehingga mampu meredam kebakaran.

Ada beberapa jenis bahan wallpaper, yaitu vinni wallpaper, pre-pasted walpaper, lining paper. Selain digunakan untuk memperindah ruangan, fungsi lain wallpaper terbilang efektif untuk melindungi dinding dari kobaran api. Wallpaper bisa dipilih sebagai salah satu cara mencegah kebakaran dengan cara sederhana dan murah karena multifungsi. Jadi, investasikan sedikit uang untuk pasang wallpaper ya.

8. Gunakan jenis kayu tahan api untuk furniture

Kayu tahan api adalah jenis kayu yang sudah dilindungi dengan cairan khusus sehingga mampu menangkal panas dari api. Gampang saja untuk membuat kayu tahan api. Cukup dengan mengaplikasikan cairan pelindung khusus ke kayu yang akan digunakan sebagai material rumah.

Gunakan kayu-kayu tersebut sebagai material perabot terutama yang lokasinya di dekat sumber api dan listrik.

Dari sekian tips mencegah rumah dari kebakaran, kami rasa tidak ada yang sulit ya. Sebab, sebagian besarnya bisa Anda usahakan dengan mudah. Mulai dengan membiasakan hal bijak saat menggunakan listrik dan kompor, matikan saat tidak digunakan. Hingga jauhkan hal-hal yang mudah memicu kebakaran dari sumber listrik atau api.

Mungkin itu dulu ya beberapa tips mencegah rumah dari kebakaran yang bisa Anda praktekkan. Sudah sering kita menyaksikan berita kebakaran di televisi yang menghanguskan rumah dan menewaskan beberapa orang. Oleh karena itu, lakukan pencegahan sejak dini mulai dari rumah Anda. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN02042021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.