Tips Menata Ruang Tamu Sederhana pada Rumah Minimalis Modern

Salah satu konsep penataan interior rumah yang sedang banyak diminati ialah gaya minimalis. Penerapannya bisa dilakukan pada setiap ruangan, termasuk ruang tamu. Namun apakah cukup hanya dengan menambahkan furniture-furniture saja? Tentu tidak, ada beberapa tips menata ruang tamu sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah.

Jika Anda berhasil mengatasi sempitnya ruangan dengan berbagai ide yang ada, dijamin pasti hasilnya akan maksimal. Diantara yang jadi fokus bahasan kita adalah soal pemilihan furniture dan dekorasi ruangannya. Bagaimana memilih yang terbaik dengan desain terbaik pula agar para tamu yang datang ke rumah dapat tersambut dengan baik.

Menata Ruang Tamu Sederhana Segala Ukuran

Ruang tamu berkonsep minimalis sebetulnya sangat simpel, karena hanya perlu menambahkan beberapa furniture tambahan saja. Namun sebelum kesana, kita harus tahu dulu apa saja yang dibutuhkan dalam penataan ruang tamu minimalis.

Banyak aspek yang harus diketahui untuk menerapkan tips menata ruang tamu sederhana. Hal ini terutama agar kesan yang ditampilkan dari ruang tamu menjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Berikut akan dijelaskan bagaimana penataan ruang tamu yang tepat.

Tips Menata Ruang Tamu Sederhana

Sebelum bicara soal teknis desain interior ruang tamu, tentu kita analisa dulu seperti apa kondisi ruangannya. Apakah cukup sempit untuk dimasuki furniture besar atau justru terlalu luas. Jadi, mari kita simak apa saja tips yang perlu Anda terapkan.

1. Sesuaikan Furniture dengan Ukuran Ruangan

Konsep utama dalam tips menata ruang tamu sederhana adalah mengisi perabot yang ukurannya sesuai dengan ruangan. Kita tidak perlu terlalu banyak memasukkan perabotan, apalagi yang ukurannya terlalu besar. Cukup masukkan perabotan inti yang memang benar-benar dibutuhkan untuk membangun kesan sederhana pada ruang tamu.

tips menata ruang tamu sederhana cara menata ruang keluarga menata ruang tamu pintu tengah cara menata ruang tamu yang luas menata ruang tamu tanpa kursi cara menata ruang tamu sederhana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga cara menata ruang tamu yang memanjang ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Ruang tamu sederhana yang ditata dengan apik – Diminimalis.com

Tampilan ruang tamu minimalis bukanlah dari banyaknya atau besarnya perabotan yang ada, melainkan lebih menonjolkan dinding serta tembok yang sudah dicat dengan warna sesuai perabotan yang ada. Kesan dari dinding rumah akan membuat warna yang ada bisa berbaur dengan aneka perabotan di dalamnya. Inilah yang kemudian akan menampakkan kesan minimalis sederhana.

Untuk menerapkan tips menata ruang keluarga sederhana, jangan sampai kita membeli terlalu banyak perabotan apalagi yang ukurannya terlalu besar. Perabotan seperti ini justru akan menutupi dinding dan membuat ruang tamu jauh dari kesan minimalis. Kesan minimalis dapat pula ditunjukkan dari penggunaan aneka perabotan yang harganya ekonomis.

2. Pilih Cat yang Tepat

Penggunaan cat dengan warna yang tepat akan sangat berpengaruh pada rumah minimalis. Kombinasi dua atau lebih warna juga dapat digunakan selama kesan yang ditampilkan tetap minimalis dan cantik. Warna dinding sebisa mungkin harus bisa memberi kesan hidup atau memberinya nilai yang bisa dipandang oleh orang lain.

Pilih juga cat yang sekiranya cocok dengan warna perabot. Hindari mengecat dinding menggunakan warna yang sulit dicari pada perabot. Pilih juga cat anti jamur sehingga akan memudahkan dalam pembersihan apabila kotor.

3. Pemilihan Sofa atau Kursi

menata ruang tamu sederhana cara menata ruang keluarga menata ruang tamu pintu tengah cara menata ruang tamu yang luas menata ruang tamu tanpa kursi cara menata ruang tamu sederhana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga cara menata ruang tamu yang memanjang ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Pilihlah sofa ruang tamu yang tepat dengan gaya interior Anda – Diminimalis.com

Sofa atau kursi yang dibeli tak boleh luput dari aneka pertimbangan khusus, terutama dari segi model serta warnanya. Hal ini agar kesan yang ditampilkan adalah warna yang tak terlalu ramai. Warna ini tidak harus sama, akan tetapi bisa tetap menimbulkan kesan cocok bagi orang yang melihatnya.

Cara menata ruang tamu yang luas tentu akan berbeda dari ruang tamu sederhana, termasuk dari segi sofa atau kursi yang digunakan. Model sofa hendaknya berbentuk setengah lingkaran karena bisa menghemat ruang. Pilih juga kursi minimalis yang biasanya hanya terdiri dari dua buah kursi ukuran panjang.

4. Pilih Hiasan Dinding pada Ruangan

Kita dapat juga menambahkan hiasan dinding pada ruang tamu. Namun, sebaiknya hiasan bukan objek berukuran besar karena akan menyita terlalu banyak ruang dan membuat ruang tamu terkesan ramai. Jadi dalam menata hiasan dinding harus mengedepankan estetika ruangan.

Fungsi hiasan di sini sendiri lebih kepada pelengkap nilai visual serta bukan objek utama dari ruangan tersebut. Contoh hiasan yang bisa diletakkan adalah lukisan yang akan memberi kesan sederhana dan mendukung konsep minimalis.

5. Penerangan Ruang

menata ruang tamu sederhana cara menata ruang keluarga menata ruang tamu pintu tengah cara menata ruang tamu yang luas menata ruang tamu tanpa kursi cara menata ruang tamu sederhana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga cara menata ruang tamu yang memanjang ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Berikan penerangan yang juga bisa mempercantik ruang tamu Anda – Diminimalis.com

Tips menata ruang tamu sederhana selanjutnya ialah dengan memperhatikan pencahayaan. Konsep penerangan pada ruang tamu minimalis hendaknya dibuat terang atau cerah, agar seluruh warna di ruang tamu dapat tampak menyatu dan hidup.

Adanya caaya akan membuat kombinasi warna yang diterapkan pada pengecatan dinding serta pemilihan perabotan semakin menampakkan kesan kuat. Ruang yang terang juga memberi kesan bersih dan hangat. Orang yang ada di dalamnya akan semakin bersemangat.

Penerangan di siang hari bisa memanfaatkan cahaya matahari lewat struktur jendela serta ventilasi yang lapang sehingga cahaya dapat masuk dari luar rumah. Sementara pada malam hari, dapat digunakan penerangan lampu. Warna pencahayaan sebaiknya menggunakan bohlam ataupun lampu yang pancarannya putih sehingga memberi kesan cerah dan ruangan akan tampak netral.

6. Desain Pintu dan Jendela

Pilihlah pintu rumah dengan desain pintu model dua pintu serta jendela yang besar supaya ruang tamu tampak lebih luas. Menata ruang tamu pintu tengah juga akan lebih mudah. Kita bisa menghemat tempat dengan menggunakan pintu geser, terutama apabila ruang tamunya kecil. Jenis-jenis pintu yang digunakan terutama harus dipikirkan secara matang.

7. Pilih Model Tirai Terbaik

Model tirai yang terbilang cocok adalah model pita atau kupu-kupu. Keduanya banyak digunakan dalam desain ruang tamu minimalis karena bentuknya manis dan pilihan warnanya bisa disesuaikan cat dinding atau sofa maupun kursi. Model tirai yang biasa saja namun dilengkapi motif bunga warna terang atau tirai polos tanpa motif juga sudah dapat dipadukan dengan warna cat dinding serta sofa atau kursi di ruang tamu.

8. Tambahkan Wallpaper

Tips menata ruang tamu sederhana adalah dengan menambahkan wallpaper. Hiasan dinding berupa wallpaper akan dapat dijadikan pengganti cat dinding, terutama apabila kita ingin mengganti suasana di ruang tamu agar lebih ramai serta ceria.

Fungsinya selain mengganti cat adalah menutup dinding yang retak akibat paku. Banyak pilihan motif wallpaper yang bisa kita pilih dan cocok untuk ruang tmau. Namun, perhatikan juga bahwa harga wallpaper terbilang lebih tinggi dari harga cat.

Itulah beberapa tips menata ruang tamu sederhana di rumah berkonsep minimalis agar semakin cantik. Kita bisa menerapkan ragam tips di atas agar ruang tamu minimalis semakin tampak cantik di samping tetap fungsional. Cara-cara di atas terbilang tidak sulit dimengerti dan dipraktekkan. (us) editted by RN22112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.