Tips Menata Ruang Keluarga Agar Nyaman untuk Bersantai

Ruang keluarga sudah menjadi satu dari sekian ruangan yang cukup penting untuk ada di sebuah desain rumah modern masa kini. Banyak orang mengakui bahwa fungsinya cukup vital untuk memfasilitasi keharmonisan keluarga. Atas dasar itulah pada artikel kali ini kita akan bahas secara khusus tentang tips menata ruang keluarga yang umum pada rumah minimalis.

Kenapa penting mengetahui cara terbaik mengaturnya? Tidak lain karena ruangan ini sudah seperti menjadi cerminan interaksi keluarga. Ruangan ini umumnya digunakan sebagai tempat bersantai mulai dari menonton televisi, ngobrol, ataupun sekadar menghabiskan waktu libur kerja bersama. Sekali lagi, disinilah pentingnya ruang keluarga dibuat senyaman mungkin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruang keluarga yang fungsional, nyaman, dan cantik. Penataan interior yang tepat mutlak diperlukan untuk menghasilkan nuansa ruang keluarga yang hangat dan nyaman. Diperlukan tips menata ruang keluarga yang tepat mulai dari menentukan bentuk, warna dinding ruangan hingga penataan perabotnya. Selengkapnya, bisa Anda simak pada artikel kali ini.

tips menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tv, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang luas, menata ruang keluarga sederhana, cara menata ruang tamu dan dapur, ruang keluarga lesehan
Desain ruang keluarga yang nyaman tertata dengan anggun – Diminimalis.com

Tips Menata Ruang Keluarga Berdesain Minimalis

Desain ruang keluarga minimalis banyak disukai masyarakat karena kesannya sederhana namun tetap elegan dan cantik. Desain ini tidak memerlukan banyak ornamen maupun komponen yang rumit namun tetap memberikan tampilan elegan dan yang paling penting, fungsional. Berikut ini beberapa tips menata ruang keluarga dengan tema minimalis yang cukup populer:

– Gunakan sedikit perpaduan warna namun senada

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Ruang keluarga dengan warna yang senada -diminimalis.com

Tips menata ruang keluarga yang pertama adalah memaksimalkan permainan warna. Desain minimalis erat dengan model yang sederhana dan tidak terlihat ramai. Sebaiknya Anda menggunakan kombinasi 2 atau 3 warna saja pada keseluruhan komponen ruang keluarga mulai dari dinding, gorden, hingga perabotan. Jangan pergunakan terlalu banyak warna karena akan membuat ruangan terasa berantakan dan kurang nyaman.

Anda bisa menggunakan kombinasi dua warna berbeda namun serasi, bisa aplikasikan 2 warna atau lebih yang berbeda intensitasnya. Misalkan tema warna ruangan Anda biru maka Anda bisa gunakan kombinasi warna biru muda dan biru tua. Kombinasi warna yang tidak berlebihan akan memberikan kesan ruangan yang jauh lebih rapi dan elegan.

– Gunakan nuansa warna yang sama

Anda perlu menyeragamkan nuansa warna yang digunakan pada dinding dan perabotan. Misalnya Anda menginginkan ruang keluarga bernuansa warna pastel maka pilihlah warna-warna untuk cat, sofa, karpet, gorden maupun komponen lain yang juga memiliki nuansa pastel.

Jangan gabungkan dinding pastel dengan sofa berwarna cerah ngejreng, gorden metalik maupun warna lain yang berbeda nuansa.Hal tersebut hanya akan membuat tampilan ruangan menjadi terlihat ganjil dan tidak nyaman dilihat.

Sebaiknya, tetap berprinsip pada keserasian warna agar tidak menimbulkan kesan yang jomplang. Di sisi lain, perpaduan warna perabot juga harus dipikir masak-masak agar tidak saling menutupi.

– Pilih perabotan yang sesuai

desain interior rumah sederhana-diminimalis.com
Ruang keluarga dengan perabot sesuai dengan tema interior – Diminimalis.com

Salah satu hal utama dalam menata ruang keluarga dengan desain minimalis adalah memilih perabot yang memiliki desain serupa. Jenis sofa panjang ataupun satu set sofa berbentuk letter U bisa jadi pilihan yang pas untuk ruang keluarga Anda.

Pemilihan warna perabot juga perlu menjadi perhatian, pilihlah warna yang serasi dengan dinding namun terlihat kontras. Misalkan dinding Anda berwarna cokelat muda maka Anda bisa menggunakan sofa berwarna cokelat tua.

Selain penggunaan sofa warna senada dengan dinding, Anda pun bisa berkreasi dengan menyamakan warna sofa dengan gorden. Pastikan warna perabotan terlihat cocok dengan warna keseluruhan ruangan.

– Pilih ornamen penghias ruangan

Tips menata ruang keluarga minimalis yang tepat identik dengan minimnya hiasan ruang yang berlebihan. Anda perlu menyesuaikan model jam dinding, hiasan dinding hingga ornamen lainnya dengan tema ruangan minimalis Anda.

Contohnya gunakan bingkai foto dengan model polos tidak berukir, pilih jam dinding model minimalis bukan klasik serta pilih hiasan lain dengan desain modern. Anda pun bisa menggunakan floating shelf sebagai bagian dari dekorasi sekaligus untuk meletakkan hiasan serta pajangan-pajangan.

Jika Anda ingin memasang hiasan berupa gambar maka pemilihannya pun perlu Anda perhatikan. Sebaiknya hindari memasang gambar bernuansa klasik di ruang keluarga berdesain minimalis modern karena hanya akan mengurangi keserasian tampilan.

– Atur pencahayaan dengan optimal

Sebaiknya Anda mengatur masalah pencahayaan ruangan dengan matang. Ruang keluarga akan terasa lebih hidup jika memiliki sumber penerangan yang cukup di siang hari.

Ruangan yang terang memungkinkan penghuni untuk beraktivitas di ruang keluarga pada siang hari tanpa perlu penerangan lampu. Pencahayaan ini dapat Anda atur dengan memberi jendela ataupun cara lain yang memungkinkan cahaya matahari menembus masuk ke dalam ruangan.

Sementara itu, untuk pencahayaan pada malam hari sekaligus untuk mempercantik ruang keluarga bisa ditambahkan dengan lampu hias. Tentu saja dalam memilih produknya juga harus mempertimbangkan kecerahan ruangan. Jadi, pilihlah produk lampu hias terbaik.

– Pasang karpet yang serasi

Cara menata ruang keluarga untuk memberi kenyamanan lainnya adalah dengan mamasang karpet. Pemasangan karpet ini akan membuat ruang keluarga terasa lebih hangat. Gunakan karpet yang tidak hanya enak dilihat namun juga nyaman digunakan.

Warna karpet sebaiknya dipilih menyesuaikan dengan warna perabot yang Anda gunakan. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan karpet berwarna gelap agar tidak mudah terlihat kusam ketika terkena kotoran.

– Pilih model jendela dan gorden terbaik

Model jendela juga harus disesuaikan untuk membuat tampilan ruang keluarga yang minimalis. Gunakan model jendela yang sederhana dengan warna bingkai yang netral. Sebaiknya gunakan jendela dengan model bingkai keliling tanpa sekat-sekat di bagian tengahnya.

Selain jendela pemilihan tirai atau gorden juga perlu diperhatikan. Model tirai minimalis dengan warna ataupun motif yang sederhana akan menjadi pilihan yang pas. Anda dapat menyamakan warna tirai ini dengan warna sofa ataupun bantal sofa.

Memiliki ruangan yang nyaman untuk berkumpul memerlukan cara menata ruang keluarga yang benar. Diperlukan perencanaan yang matang dalam menentukan tema, memilih warna dinding, memilih perabot hingga ornamen pemanis ruangan. Anda bisa menerapkan cara di atas sebagai cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga maupun cara menata ruang tamu sederhana karena desain minimalis membuat ruangan terlihat luas.

Akan tetapi, fungsi dari ruang keluarga jauh lebih penting dari penampilan yang terlihat. Pastikan Anda menata ruang keluarga sedemikian rupa agar dapat digunakan sesuai fungsinya serta memberikan kenyamanan pada seluruh penghuni.

Itulah tadi ulasan kami tentang tips menata ruang keluarga yang tepat. Sebagaimana dengan cara menata ruang tamu sederhana, menata ruang keluarga pun tak perlu ribet dan mahal. Asal sesuaikan dengan pemilihan furniture dan warna interior, maka rumah Anda akan terlihat cantik dan nyaman. (us) editted by RN23102020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.