by

Tips Menata Kamar Kos Sempit untuk Para Mahasiswa

-Tips-108 views

Apakah Anda seorang mahasiswa yang sedang membutuhkan tips menata kamar kos? Anda sangat beruntung karena artikel ini akan membahas tips menata kamar kos.

Perbedaan ukuran dan model kos menjadikan kamar kos setiap orang akan membutuhkan pengaturan peralatan dan kebutuhan kamar yang berbeda. Terlebih lagi setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk menata kamar kos.

Namun, tidak sedikit diantara kita yang masih bingung dan membutuhkan inspirasi untuk menata kamar kos. Dengan informasi atau contoh-contoh dalam menata kamar kos Anda akan memiliki gambaran yang banyak dan mungkin dapat Anda terapkan pada kamar kos Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menata kamar kos Anda yang sempit.

Tips menata kamar kos yang pertama adalah warna dinding/hiasan dinding

Kamar kos biasanya sudah dicat oleh pemilik kos. Ada yang boleh diganti warnanya, ada juga yang tidak boleh diganti. Namun, kebanyakan mahasiswa tidak mengganti warna cat kamar kos.

Sehingga, jika Anda masuk ke kos biasanya hanya diperbolehkan mengatur tata letak barang-barang yang ada di dalam kamar kos. Selain itu Anda juga biasanya hanya diperbolehkan menambahkan hiasan dinding saja.

Bagi Anda yang akan menambahkan hiasan dinding, khususnya hiasan dinding yang sifatnya menepel seperti tato, Anda sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu kepada pemilik kos.

Namun, jika hanya hiasan dinding yang digantung atau tidak menempel seperti tato maka Anda dapat menambahkannya sesuka Anda, selagi dinding yang ada muat untuk menempatkan hiasan tersebut.

Hiasan dinding yang mengantung atau menempel tidak permanen dapat Anda kreasikan sesuka Anda. Namun biasanya para mahasiswa enggan untuk menempel hiasan dinding di kamar kos.

Hal tersebut karena mereka lebih suka menempel hal-hal yang penting seperti note yang berkaitan dengan kuliah atau tugas dan note lainnya yang mungkin bermanfaat baginya. Hal ini sesuai dengan contoh pada gambar di bawah ini.

tips menata kamar kos

Gambar di atas sangat jelas, bahwa yang dipasang di dinding adalah hal-hal terkait dirinya, tugas kuliah dan lainnya. Namun, semua itu kembali lagi kepada Anda yang akan memilih dekorasi kamar yang seperti apa yang Anda inginkan.

Tips menata kamar kos yang ke-dua adalah tata letak tempat tidur

Tips yang ke dua adalah menata letak tempat tidur. Untuk kamar kos yang sempit sebaiknya tempat tidur ditempatkan menempel dengan dinding, dalam pertemua satu sudut dinding.

Hal tersebut harus Anda lakukan karena Anda harus mengatur space untuk peralatan lain yang Anda miliki. Selain itu, usahakan tempat tidur selalu dirapihkan ketika bangun. Sehingga kamar kos Anda tidak terlihat berantakan.

Untuk memberikan gambaran terkait tata letak peralatan dan perlengkapan di dalam kamar kos, Anda dapat melihat contoh gambar berikut ini.

tips menata kamar kos

Gambar di atas dapat Anda gunakan sebagai salah satu inspirasi untuk mengatur kamar kos Anda. gambar di atas terlihat bahwa ruangan sangat sempit namun paralatan pokok tetap dapat menempati posisinya masing-masing dan terlihat sangat rapih.

Tips menata kamar kos yang ke-tiga adalah tata letak meja belajar

Tips yang ke tiga adalah menempatkan meja belajar. Meja belajar bagi mahasiswa sangatlah penting, karena mereka membutuhkannya untuk belajar.

Anda dapat menempatkan meja belajar di samping tempat tidur atau di space yang kosong yang sekiranya nyaman untuk Anda belajar.

Tips menata kamar kos yang ke-empat adalah tata letak rak buku

Tips yang ke empat adalah menata letak rak buku. Untuk para mahasiswa yang memiliki kamar kos yang sempit, sebaiknya Anda membeli rak buku yang dapat di letakan di dinding.

Rak buku dinding dapat Anda pilih sebagai bentuk untuk meminimalisasi kondisi kamar yang semakin sempit karena banyaknya peralatan yang Anda miliki. Sehingga space lainnya dapat Anda gunakan untuk peralatan lainnya.

Tips menata kamar kos yang ke-lima adalah tata letak lemari pakaian

Lemari pakaian dapat Anda letakan bersebrangan dengan tempat tidur Anda atau letakan lemari pakaian di samping tempat tidur atau di space yang kosong, yang sekiranya pas untuk meletakan lemari pakaian.

Tips menata kamar kos yang ke-enam adalah tata letak gantungan baju

Nah, tips selanjutnya adalah tata letak gantungan baju. Hal ini karena setiap orang, termasuk Anda pasti membutuhkan gantungan baju.

Untuk Anda yang memiliki kamar kos yang sempit sebaiknya tempatkan gantungan baju Anda di belakang pintu kamar. Hal ini untuk meringkas kamar yang sempit dengan perlatan yang begitu banyak.

tips menata kamar kos

Dengan meletakan gantungan baju di belakang pintu, kamar Anda mungkin akan lebih terlihat rapih walaupun dengan peralatan dan perlengkapan yang cukup banyak di dalam kamar.

Tips menata kamar kos yang ke-tujuh adalah tata letak peralatan elektronik

Untuk tips yang terakhir adalah letak peralatan elektronik. Peralatan ini dapat Anda letakan sesuai dengan fungsinya masing2.

Jika laptop atau komputer, maka Anda dapat letakan di meja belajar. Jika kipas angin, Anda dapat meletakan menempel di dinding atau letakan di dekat tempat tidur atau meja belajar.

tips menata kamar kos

Namun, untuk meletakan peralatan elektronik sebaiknya perhatikan juga letak sumber listrik yang ada di dalam kamar kos Anda.

Tips-tips di atas dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dan inspirasi untuk Anda dalam menata kamar kos Anda. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membuat Anda merasa lebih mudah dalam menata kamar kos Anda.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapihkan kamar kos agar Anda selalu merasa nyaman di dalam kamar kos. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.