by

Tips Menata Kamar Anak Laki-Laki dan Perempuan

Anda mempunyai anak dan masih bingung dengan konsep menata kamar serta membutuhkan tips menata kamar anak? Anda sangat beruntung membaca artikel ini.

Artikel ini akan membahas tips menata kamar anak baik untuk anak laki-laki ataupun anak perempuan. Dengan tips-tips berikut diharapkan dapat membantu Anda dalam menata kamar anak Anda.

Tips ini sangat dibutuhkan oleh para orang tua yang sedang merencanakan untuk mebuatkan kamar untuk anaknya.

Kamar untuk anak sangat penting karena anak sebaiknya dibiasakan tidur terpisah dari orang tuanya sejak kecil. Terutama ketika anak sudah mulai memasuki sekolah. Sehingga orang tua perlu mempersiapkan kamar tersendiri untuk anaknya.

Kebiasaan tidur sendiri sejak dini dimaksudkan untuk membantu mental anak agar bisa menjadi anak yang lebih pemberani. Selain itu anak juga memerluka tempat untuk beristirahat yang nyaman setelah beraktivitas di sekolahnya.

Walaupun anak memiliki kamar tidur yang terpisah dari orang tuanya, namun anak tetap harus diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Informasi berikut dapat Anda gunakan sebagai inspirasi atau bahkan membantu Anda dalam mengambil keputusan dalam menata kamar anak Anda. Menjadi contoh dan bahan utama untuk merealisasikan konsep kamar anak yang diinginkan.

Berikut tips menata kamar anak laki-laki dan perempuan yang mungkin dapat membantu Anda dalam menta kamar anak Anda:

Tips Menata Kamar Anak Laki-Laki

Menata kamar anak laki-laki berbeda dengan kamar anak perempuan. Kamar anak laki-laki sebaiknya juga diseuaikan dengan karakter anak laki-laki.

tips menata kamar anak

Namun demikian, menata kamar anak laki-laki sebaiknya melibatkan si anak. Hal ini akan membuat anak merasa lebih dihargai dan akan berimbas pda kenyamanan anak berada di dalam kamar.

Berikut 5 tips menata kamar anak laki-laki yang mungkin dapat membantu Anda sebelum menata kamar anak:

a. Sesuaikan dengan usia anak

Konsep kamar tidur sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Hal ini karena anak kecil, remaja dan dewasa memiliki selera yang berbeda.

Kemudian hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan anak di dalam kamar. Sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan usia anak.

b. Pemilihan tema kamar

Untuk pemilihan tema kamar sangat disarankan untuk mengikuti kemauan anak. Hal ini mungkin anak memiliki pilihan terkait tema yang akan digunakan dalam kamarnya. Misalnya kamar dengan tema sepak bola.

tips menata kamar anak

c. Pemilihan warna

Jika sudah menentukan tema Anda akan lebih dipermudah untuk memilih warna cat tembok kamar. Namun, jika belum memilih tema kamar, Anda harus berdiskusi dengan anak. Sehingga warna kamar sesuai dengan keinginan anak.

Jika Anda masih bingung juga, Anda dapat mecari referensi terkait warna cat tembok yang cocok untuk kamar anak Anda. Atau anda dapat melihat contoh dibawah ini.

Contoh warna cat tembok kamar anak di atas dapat Anda gunakan sebagai inspirasi untuk kamar anak Anda.

d. Pemilihan dekorasi

Pemilihan dekorasi juga sebaiknya disesuaikan dengan kemauan si anak. Namun biasanya dekorasi kamar anak laki-laki lebih simpel dibanding dekorasi kamar anak perempuan.

e. Sediakan tempat penyimpanan barang

Tempat penyimpanan barang sangat dipelukan bagi anak laki-laki. Biasanya tempat penyimpanan barang ini digunakan untuk menyimpan mainan yang dimilikinya.

Sehingga kamar tidak terlihat berantakan jika Anda menyiapkan tempat peyimpanan barang di kamar anak.

Tips Menata Kamar Anak Perempuan

Tips yang akan dibahas selanjutnya adalah tips menata kamar anak perempuan. Kamar anak perempuan tentunya berbeda dengan kamar anak laki-laki. Sehingga tidak bisa dipersamakan.

tips menata kamar anak

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kamar untuk putri tercinta, Anda perlumembaca tips-pis menata kamar anak perempuan berikut ini:

a. Sesuaikan dengan usia anak

Sama halnya dengan kamar anak laki-laki, kamar anak perempuanpun harus disesuaikan dengan usia anak. Karena usia sangat berpengaruh terhadap konsep yang akan dipilih oleh anak.

b. Pemilihan tema kamar

Tema kamar anak perempuan biasanya menggunakan konsep yang lebih terlihat feminim. Hal ini karena sesuai dengan sikap anak perempuan.

Namun, pemilihan tema juga harus didiskusikan terlebih dahulu dengan si anak. Karena pemilihan tema akan berdampak langsung dengan selera atau kesukaan si anak.

Sehingga pemilihan tema kamar akan mempengaruhi secara langsung terhadap kenyamanan anak jika berada di dalam kamar.

c. Pemilihan warna

Pemilihan warna cat tembok kamar juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan tema yang telah dipilih si anak.

Misalnya jika anak Anda menghendaki kamar dengan tema “Frozen”, maka warna yang tepat untuk dinding kamar anak Anda adalah warna biru dan pink.

tips menata kamar anak

Sehingga Anda lebih mudah menentukan warna cat dinding dan Anda sangat terbatu karena sudah ditentukan tema kamar terlebih dahulu.

d. Pemilihan dekorasi

Pemilihan dekorasi kamar anak perepuan juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan tema yang sudah dipilih.

Hal ini untuk mendukung tema kamar dan menjadikan kamar tersebut lebih cocok dan sesuai/ mendukung tema yang sudah ditentukan.

e. Sediakan tempat penyimpanan boneka/buku/barang koleksi lainnya

Perempuan identik dengan kefinimannya. Sehingga kebanyakan dari perempuan memiliki koleksi boneka yang banyak.

Untuk itu jika anak perempuan Anda gemar mengoleksi bonek, Anda wajib menyedian tempat untuk menyimpan boneka.

Namun, jika anak Anda tidak suka mengoleksi boneka Anda wajib menyediakan tempat penyimpanan barang koleksi yang disukai oleh anak Anda. Misalnya buku.

f. Sediakan wadah aksesoris

Yang tidak kalah penting dari yang sudah dijelaskan di atas adalah wadah aksesoris. Dimana aksesoris menjadi salah satu barang yang sering dibeli oleh perempuan.

Memiliki aksesoris menjadi salah satu hal yang dianggap wajib bagi perempuan. Ada banyak jenis aksesoris perempuan, mulai dari yang besar sampai yang kecil.

Aksesoris menjadi salah satu hal yang menyebabkan kamar terlihat berantakan. Sehingga Anda perlu menyiapkan wadah aksesoris agar kamar terlihat lebih rapih.

Demikian tips-tips terkait menata kamar anak, baik anak perempuan maupun anak laki-laki. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menata kamar anak-anak Anda. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.