Tips Memilih Warna Cat Tembok yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Pada dasarnya, memilih warna cat dinding hanya perlu disesuaikan dengan selera. Namun, untuk beberapa orang yang kesulitan melihat nilai estetika kombinasi warna bisa saja bingung. Untuk itulah, tips memilih warna cat rumah minimalis kali ini hadir di tengah ruang baca Anda.

Ulasan tentang tips memilih warna cat ini sangat cocok untuk menambah referensi Anda yang ingin mempercantik tampilan hunian. Hanya dengan perpaduan warna cat yang tepat maka rumah minimalis bisa saja mewah dari sisi desain tampilan.

Euforia Rumah Minimalis di Masyarakat

Di Indonesia terutama di kota-kota besar, desain rumah minimalis masih menjadi salah satu yang favorit bagi banyak orang. Desainnya yang terkesan simpel, menjadikan gaya desain rumah minimalis memiliki daya tarik tersendiri.

Biasanya, ukuran rumah minimalis tergolong kecil sehingga perlu diberikan polesan terutama dalam hal warna agar ruangan terkesan lebih lapang. Kami akan menyuguhkan beberapa tips memilih warna cat rumah minimalis sehingga bisa Anda jadikan referensi dalam mewujudkan tempat yang nyaman.

desain rumah minimalis, warna cat rumah minimalis, warna cat rumah, kombinasi cat warna, model cat rumah minimalis
Tips memilih warna cat yang terbaik – diminimalis.com

Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Sebelum memilih warna yang tepat, alangkah baiknya Anda juga perlu memahami perbedaan tipe cat untuk interior dan eksterior, yuk kita bahas.

Cat Interior

Biasanya, cat interior lebih mudah untuk dibersihkan, tahan terhadap rembesan air, tidak mudah keropos dan juga memiliki daya rekat yang cukup tinggi. Cat interior juga bisa kamu gunakan dengan penambahan pengharum ruangan. Cat interior pada umumnya bebas dari kandungan logam berat ataupun bahan-bahan yang beracun. Namun, ini kembali lagi pada merk cat yang kamu gunakan.

Cat Eksterior

Sementara untuk cat eksterior, cat ini lebih sering diaplikasikan pada rumah bagian luar karena cat ini berfungsi untuk melindungi bahan dari cuaca. Sama halnya seperti cat interior, cat eksterior pun tidak bisa diaplikasikan pada interior rumah karena cat eksterior ini bisa dibilang kurang sesuai pada estetika rumah. Cat eksterior cenderung lebih tahan terhadap sinar UV, anti jamur, sulit pudar dan juga tidak mudah menggelembung.

• Untuk pemilihan cat eksterior, pilihlah yang double UV protection atau weatherproof. Hal ini sangat penting karena cat tidak cepat pudar karena paparan sinar matahari ataupun perubahan cuaca yang ekstrim. Untuk mendapatkan cat ini, Anda bisa meminta dipilhkan oleh penjaga toko saat Anda membelinya.

• Pilihlah cat yang tahan terhadap noda. Cat jenis ini tentu saja lebih mudah dibersihkan bila terkena noda. Untuk membersihkannya hanya dengan di lap ataupun dipercikan sedikit air. Dengan cara ini, Anda tidak perlu sering mengganti cat saat dinding rumah Anda terkena noda.

Cara paling mudah dalam memilih warna cat rumah adalah dengan menggunakan warna favorit Anda. Jika hal ini malah membuat Anda bingung, maka model cat rumah minimalis yang tepat adalah dengan menggunakan warna netral.

Agar tidak terkesan flat dan membosankan, gunakan kombinasi warna dinding hitam dan putih, abu-abu dan krem, atau cokelat terang dengan putih. Usahakan setidaknya ada minimal dua warna yang melapisi dinding rumah minimalis Anda.

Tips memilih warna cat, desain rumah minimalis, warna cat rumah minimalis, warna cat rumah, kombinasi cat warna, model cat rumah minimalis
Tips memilih warna cat_soft purple dapat memberikan kesan nyaman dan damai – diminimalis.com

Selain pemilihan warna netral yang terkesan fleksibel, Anda juga bisa menonjolkan kesan feminin dalam konsep rumah minimalis. Warna soft purple dengan kombinasi cat warna putih gading akan menimbulkan nuansa nyaman dan rileks.

Pengaplikasian warna ini lebih cocok digunakan di ruang tidur atau ruang bersantai keluarga. Pilih beberapa perabotan yang mendukung dan sesuaikan dengan warna cat rumah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Model cat rumah minimalis yang lainnya adalah dengan menggunakan hijau atau biru. Kedua warna ini general untuk diterapkan karena tidak terkesan girly maupun boyish. Warna biru yang dipadu padankan dengan biru tua atau biru yang lebih muda dapat mencerminkan ketenangan sehingga cocok jika diaplikasikan pada kamar tidur atau kamar mandi.

Untuk warna hijau dapat diterapkan di keseluruhan ruangan karena akan menciptakan efek fresh dan teduh. Kombinasi cat warna hijau dengan putih dapat Anda pilih untuk menciptakan nuansa segar pada rumah minimalis Anda.

Demikian ulasan kami tentang tips memilih warna cat rumah minimalis yang tepat. Soal warna, silahkan tentukan yang terbaik, kami hanya memberikan gambaran perbedaan pengaplikasian cat untuk interior dan eskterior. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN23052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.