Tips memilih sofa rumah yang tepat merupakan informasi yang sangat dibutuhkan ketika Anda hendak membeli sofa untuk rumah Anda. Informasi ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan sofa yang tepat yang akan memberikan kenyamanan bagi Anda dan siapa saja yang menggunakannnya.

Sofa memiliki fungsi yang sangat penting di rumah, yaitu sebagai tempat duduk yang dapat digunakan oleh Anda dan keluarga juga dapat digunakan oleh tamu yang datang ke rumah. Jadi sebaiknya Anda bisa memilih sofa yang tepat agar bisa memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang duduk di atasnya.

Bagi Anda yang penasaran akan tips-tipsnya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menentukan pilihan sofa terbaik yang bisa Anda beli.

1. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan ukuran

Tips pertama dalam memilih sofa rumah adalah dengan mempertimbangkan ukuran. Baik ukuran sofa dan ukuran ruangan dalam rumah Anda yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan atau meletakan sofa.

Jika Anda akan meletakan sofa tersebut di ruang tamu, makan Anda harus tau berapa ukuran ruang tamu yang Anda miliki sehingga ketika Anda membeli sofa Anda bisa menentukan sofa mana yang pas dengan ukuran ruang tamu Anda.

Ukuran menjadi salah satu hal yang penting mengingat ukuran akan memberikan kesan bagus atau tidaknya sofa dalam ruangan. Selain itu, ukuran juga bisa berdampak pada nilai guna dari sofa berkurang.

Misalnya, ukuran sofa terlalu besar sehingga tidak cukup jika diletakan pada ruang tamu. Hal ini akan menjadikan sofa tidak berguna juga diletakan di ruang tamu tersebut, karena mungkin akan menutup jalan atau bahkan yang lainnya.

7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya 1
tips memilih sofa rumah via www.getvan.co.uk

Oleh karena itu, ukuran sofa dan ruangan yang tepat menjadi kunci pertama dalam memilih sofa. Hal ini harus dipertimbangkan ketika Anda dalam proses pemilihan sofa atau jika Anda membuat sofa secara custom, Anda dapat mengajukan ukuran yang sesuai dengan ruangan Anda.

Sehingga sofa dan ruangan menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi dan dapat digunakan secara maksimal. Selain itu, sofa tersebut juga akan memiliki nilai guna yang tinggi dibandingkan dengan sofa yang memiliki ukuran yang tidak sesuai.

Bagi Anda yang masih dalam proses memilih sofa, jangan lupa untuk memperhatikan poin pertama ini dengan baik. Sehingga Anda akan mendapatkan sofa yang memiliki ukuran yang tepat dan bisa berfungsi secara maksimal pada ruangan Anda.

2. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan kualitas

Poin ke dua adalah memperhatikan kualitas dari sofa tersebut. Anda harus tau kulitas yang ditawarkan dari sofa yang menjadi salah satu pilihan Anda. Kualitas merupakan salah satu hal yang penting dan wajib Anda ketahui sebelum membeli sofa.

7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya 2
tips memilih sofa rumah via cf.shopee.co.id

Kualitas sofa yang baik dapat Anda ketahui dengan cara menanyakan langsung ke penjual atau dapat dengan membandingkan spesifikasi yang ditawarkan dari masing-masing sofa.

Kualitas-kualitas yang baik dapat Anda lihat dari berbagai material yang digunakan untuk membuatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Kualitas rangka sofa

Pilihlah sofa yang memiliki rangka yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti kayu. Pilihlah bahan kayu yang berkualitas tinggi, tahan lama dan kuat, sehingga sofa yang Anda miliki tidak cepat rusak.

Untuk mengetahui ini, sebaiknya Anda tanyakan dulu kepada penjualnya terkait bahan rangka sofa yang digunakan pada sofa tersebut. Sehingga Anda tidak salah dalam memilih sofa dan bisa memiliki sofa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

b. Kualitas busa sofa

Selanjutnya adalah kualitas dari busa sofa. Sofa yang dijual dipasaran pasti menggunakan busa sebagai isian dari dudukan atau jok sofa rumah. Pilihlah busa yang dengan kualitas yang bagus yang digunakan dalam sofa tersebut.

Busa yang bagus adalah busa yang memiliki destiny yang banyak. Hal itu sangat mempengaruhi umur ekonomis sofa atau ketahanan sofa dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, pilihlah sofa dengan kualitas busa terbaik dan jangan lupa untuk selalu merawat sofa tersebut secara rutin agar sofa bisa bertahan lebih lama atau awet.

c. Kualitas bahan pelapis sofa

Yang terakhir adalah terkait kualitas bahan pelapis sofa. Bahan pelapis sofa yang baik adalah bahan yang memiliki kualitas bagus. Ada banyak jenis bahan pelapis sofa yang digunakan di pasaran.

Ada yang terbuat dari nilon, linen, rayon, oscar (semi kuli) atau bahan lainnya. Anda dapat dengan mudah menanyakan kepada penjual terkait detail sofa yang akan Anda pilih.

Sehingga Anda dapat mempertimbangkan sofa mana yang akan Anda beli dan dijadikan sebagai sofa ruma terbaik untuk Anda dan keluarga.

Dengan mempertimbangkan kualitas sofa, diharapkan bisa menjadi sarana untuk memiliki sofa terbaik untuk rumah Anda yang tahan lama atau memiliki umur ekonomis yang panjang.

Jadi Anda tidak perlu khawatir apakah sofa tersebut akan cepat rusak atau tidak. Selain itu, Anda juga disarankan untuk selalu rajin merawat dan membersihkan sofa rumah dengan rajin agar sofa tetap awet dan tahan lama.

3. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan model

Tips memilih sofa rumah yang ke tiga adalah dengan mempertimbangkan model sofa. Adanya berbagai macam model sofa yang bermunculan di pasaran mungkina akan membuat Anda lebih lama dalam memilih sofa.

7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya 3
tips memilih sofa rumah via www.batamnews.co.id

Oleh karena itu, Anda perlu mencari referensi terlebih dahulu terkait model sofa dan menjadikan model tersebut menjadi acuan Anda dalam memilih model sofa rumah, baik model sofa rumah minimalis ataupun bukan.

Yang terpenting Anda sudah memiliki gambaran model sofa yang seperti apa yang akan Anda beli. Sehingga ketika sudah di toko sofa Anda tidak memakan waktu yang lama hanya untuk memilih model sofa.

4. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan motif atau warna

Tips yang ke empat adalah memperhatikan motif dan warna dari sofa yang akan Anda beli. Sebaiknya Anda sesuaikan dengan tema atau warna ruangan yang akan Anda jadikan sebagai tempat untuk meletakan sofa tersebut.

7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya 4
tips memilih sofa rumah via s3.bukalapak.com

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih warna dan motif yang tepat dan cepat. Sehingga Anda akan mendapatkan sofa terbaik yang akan menjadi bagian sofa rumah Anda.

Dengan demikian Anda akan merasa lebih senang dan puas dengan pilihan sofa rumah tersebut. Selain itu diharapkan akan membuat Anda tidak menyesal pada akhirnya.

5. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan harga

Hal yang sangat penting selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan harga sofa. Harga menjadi hal yang wajib dijadikan sebagai acuan dalam memilih barang yang akan dibeli.

Harga juga akan memperngaruhi terjadinya transaksi jual beli atau tidak. Sehingga harga bisa menjadi bagian yang tidak bisa terlewatkan yang menjadi faktor penentu Anda dalam membeli sofa.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan survey harga terlebih dahulu sebelum membelinya. Sehingga Anda bisa menyiapkan kebutuhan uang yang akan digunakan untuk membeli sofa rumah.

Dengan demikian Anda diharapkan tidak akan mengalami masalah keuangan karena sudah menyiapkan dan merencanakan semuanya termasuk dalam hal finansial.

6. Tips memilih sofa rumah dengan memperhatikan garansi

Tips memilih sofa rumah yang ke enam adalah dengan mempertimbangkan garansi yang diberikan dari penjual. Garansi pembelian sofa adalah salah satu hal yang penting, mengingat ketidak tahuan akan kualitas barang.

Garansi menjadi penolong Anda ketika barang yang Anda beli ternyata rusak atau cacat pada masa garansi. Jadi Anda bisa melakukan klaim terhadap garansi tersebut dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk memperbaiki atau mengganti sofa.

Jadi Anda harus menanyakan terkait garansi sofa yang akan Anda beli tersebut. Untuk mendapatkan garansi sofa, sebaiknya Anda membeli sofa pada toko sofa yang terpercaya dan memiliki garansi produk yang dijualnya.

Jadi Anda tidak khawatir jika dalam masa garansi sofa yang Anda miliki rusak atau tidka sesuai dengan kondisi wajar sofa tersebut. Semoga dengan poin ini, Anda menjadi semakin teliti dalam membeli sofa rumah yang tepat.

Garanis sofa biasanya diberikan bagi Anda yang membeli sofa baik memebelinya secara langsung atau untuk Anda yang membelinya melalui online store terpercaya. Jangan lupa untuk menanyakan garansi sofa sebelum Anda memutuskan untuk membeli sofa.

7. Tips memilih sofa rumah dengan mencobanya sebelum membeli

Tips memilih sofa rumah yang terakhir adalah dengan mencobanya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Tips ini sangat berlaku untuk Anda yang hendak membeli sofa.

Jadi setiap pembeli sofa, pasti diijinkan untuk mencobanya terlebih dahulu. Maksudnya adalah mencoba dengan cara duduk di atanya. Jadi Anda dapat merasakan seberapa empuk atau seberapa nyamannya jika Anda duduk di atas sofa tersebut.

Jika Anda merasa nyaman dengan sofa tersebut, Anda dapat langsung memilihnya dan membelinya. Namun, tetap harus memperhatikan poin-poin penting di atas.

7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya 5
tips memilih sofa rumah via i1.wp.com

Jika Anda merasa tidak nyaman Anda bisa mencoba sofa lainnya yang tersedia di toko tersebut. Jadi Anda bisa memilih dengan leluasa hingga Anda menemukan sofa terbaik yang sesuai dengan keinginan Anda.

Poin ini termasuk sangat penting dan harus diterapkan untuk Anda yang akan membeli sofa secara langsung. Namun, tips ini tidak bisa dilakukan oleh Anda jika Anda membelinya secara online melalui online store.

Jadi bagi Anda yang akan membeli sofa melalui online store, Anda perlu memperhatikan spesifikasi produk dengan benar dan teliti. Sehingga Anda bisa memperkirakan apakah sofa tersebut adalah sofa yang baik atau tidak.

Demikian beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai kunci utama dalam memilih sofa rumah yang tepat. Informasi di atas diharapkan bisa menjadi informasi yang memberikan banyak kebermanfaatan bagi siapa saja yang membacanya.

Poin-poin penting di atas bisa Anda jadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan yang tepat guna mendapatkan sofa rumah yang tepat. Sesuaikan semua pilihan dengan kebutuhan, kenginan dan kemampuan Anda.

Sehingga akan mendapatkan sofa yang terbaik sesaui dengan keinginan Anda dan diharapkan Anda tidak menyesal setelah memilih sofa rumah tersebut. Setelah Anda menentukan sofa terbaik, jangan lupa untuk selalu membersihkan sofa rumah dengan rajin.

Anda dapat membersihkannya dengan cara mencuci sofa di rumah atau dapat juga membawanya ketempat laundry atau memanggil jasa cuci sofa. Sehingga sofa yang Anda miliki akan menjadi sofa yang selalu aman dan nyaman digunakan. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *