Tips Memilih Lokasi Rumah Minimalis untuk Investasi dan Tempat Tinggal

Membangun rumah sendiri dari nol bisa jadi merupakan impian setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa merencanakannya dengan baik. Minimal tahu bagaimana tips memilih lokasi rumah yang akan dijadikan hunian. Apakah rawan bencana, lokasinya strategis, atau ada hal lain yang sebetulnya area tersebut perlu dihindari untuk dibangun rumah.

Nah, pada artikel kali ini, diminimalis akan mengajak Anda untuk membahas mengenai tips memilih lokasi rumah baik untuk investasi properti maupun hunian pribadi. Nanti Anda akan tahu apa saja hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lokasi pembangunan rumah. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Rumah untuk Investasi vs untuk Ditinggali

Pentingnya memilih lokasi rumah yang tepat akan memudahkan Anda mendapat area hunian yang ideal untuk ditinggali. Memilih sebuah properti seperti halnya rumah atau tanah adalah sesuatu yang penting dipertimbangkan dengan baik. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kenyamanan tinggal yang nantinya akan Anda rasakan.

tips memilih lokasi rumah, tips memilih lokasi rumah tinggal, tips memilih rumah di perumahan
Tips memilih lokasi rumah untuk rumah tinggal atau investasi – diminimalis.com

Selain itu, lokasi yang bagus akan meningkatkan nilai rumah Anda, sehingga bagus untuk dijadikan investasi jangka panjang. Jadi, mau bangun rumah untuk investasi ataupun dipakai sendiri dalam waktu dekat sama pentingnya jika bicara soal penentuan lokasi.

Tips memilih lokasi rumah yang baik

Rumah di lokasi strategis, 5 kali lipat lebih penting daripada rumah bagus di lokasi buruk. Namun sebagian orang ada yang mempertimbangkan pemilihan lokasi dari satu atau dua sisi saja, misal jangkaun lokasi yang berdekatan dengan fasilitas umum. Padahal masih ada hal lainnya yang juga sangat penting untuk di pertimbangkan, diantaranya adalah potensi perkembangan daerah tersebut, potensi terhadap bencana alam seperti banjir atau longsor, dan lain sebagainya.

Memilih lokasi rumah yang ingin Anda bangun perlu didiskusikan oleh seluruh anggota keluarga. Semakin banyak yang dilibatkan, semakin banyak pula referensi lokasi yang ideal untuk dipilih.Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam mencari lokasi rumah adalah kecermatan dalam mengamati perkembangan potensi suatu daerah.

Saat memilih lokasi hunian Anda dapat mempertimbangkan akses jalan, fasilitas umum, kemudahan transportasi umum, lokasi sungai besar terdekat, dan lain sebagainya. Anda pun dapat mencari informasi secara online maupun langsung bertanya pada rekan-rekan yang memahami daerah yang akan Anda pilih sebagai lokasi hunian.

Bila Anda sejak awal memiliki tujuan mencari lokasi rumah sebagai aset investasi, maka hasil bisa jadi diluar perkiraan Anda. Bila Anda membangun rumah pada lokasi yang tidak tepat, bisa jadi rumah Anda akan dibeli dibawah harga pasaran. Sedangkan bila Anda membangun rumah untuk hunian pribadi, keluarga Anda juga tidak mendapatkan kenyamanan yang maksimal, karena lokasinya tidak kondusif.

Rumah yang berada di kawasan strategis sudah pasti dicari banyak orang. Maka ketika Anda hendak membangun rumah, baik untuk ditinggali atau diinvestasikan, alangkah baiknya bila Anda menyimak ulasan kami di bawah ini.

Cek Sarana dan Prasarana yang Sudah Tersedia

Tips memilih lokasi rumah yang pertama adalah cek sarana dan prasarannya. Pada dasarnya sarana dan prasarana ini berbentuk fasilitas umum dan fasilitas sosial, yaitu:

Fasilitas umum:

• Kemudahan akses jalan masuk dan keluar komplek
• Saluran drainase / got air hujan
• Penerangan jalan
• Fasilitas saluran air bersih ( PAM)
• Jaringan telepon , internet, dan lain-lain.

Fasilitas sosial:

• Masjid/ Musholla/rumah ibadah
• Lapangan terbuka / taman
• Posko Keamanan
• Balai Pertemuan warga, dan lain-lain.

tips memilih lokasi rumah, tips memilih lokasi rumah tinggal, tips memilih rumah di perumahan
carilah lokasi rumah yang memiliki potensi perkembangan yang bagus -diminmalis.com

Carilah Lokasi yang Memiliki Potensi Perkembangan

Sebuah lokasi yang ideal umumnya adalah lokasi yang berada di luar jalur rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Lokasi tersebut semakin potensial bila diimbangi laju penduduk dan laju ekonomi yang baik.

Lokasi seperti inilah yang diminati banyak orang, dan apabila Anda memiliki properti di daerah tersebut, maka rumah yang Anda miliki nilainya akan semakin naik, dan Anda bisa mendapat keunutungan bila dijadikan obyek investasi.

Lakukan Survei Di Lokasi Yang Potensial

Tips memilih lokasi rumah selanjutnya adalah berkaitan dengan survey. Ini penting untuk dilakukan karena dapat memfilter pilihan dan tawaran yang Anda dapatkan. lokasi potensial tidak hanya satu, tapi ada beberapa bahkan banyak.

Ketika Anda sudah mendapatkan beberapa lokasi yang menurut anda cocok, ada baiknya bila Anda bandingkan antar lokasi tersebut dengan melakukan survey langsung. Bentuk survey ini dapat beraneka ragam, misalnya seperti tanya jawab dengan warga sekitar atau mempelajari silsilah rumah dan tanah tersebut.

Hindari Lokasi yang terlalu padat.

Tips memilih lokasi rumah hunian selanjutnya adalah agar Anda hindari memilih lokasi yang terlalu padat penduduk. Lokasi yang terlalu padat ini rentan terhadap berbagai resiko. Misalnya bahaya kebakaran yang mudah merembet,terlebih bila lokasi tersebut tidak memiliki sistem pemadaman darurat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah Minimalis Anda

Hindari Lokasi perbukitan

Walaupun terlihat indah namun pertimbangkan pula potensi bahayanya seperti kontur tanah yang mudah longsor. Akses jalan yang menanjak, dalam jangka panjang akan menyebabkan mesin kendaraan lebih mudah rusak bila Anda tidak rajin merawatnya.

Mungkin itu saja ulasan tentang tips memilih lokasi rumah yang baik. Ingat bahwa penentuan lokasi ini sangat penting demi keawetan rumah Anda kedepannya. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN23022021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.