Kasur sudah jadi bagian tak terpisahkan dari ranjang/kamar tidur. Bisa dikatakan, kamar tidur yang nyaman bisa dilihat dari kasurnya yang bagus. Dalam artian tidak cepat rusak dan benar-benar menjamin kenyamanan saat membaringkan badan di atasnya.

Untuk mendapatkan kasur yang bagus dan berkualitas, tentu perlu memahami cara pembeliannya yang tepat. Ada beberapa tips memilih kasur agar Anda bisa mendapatkan barang terbaik dari sisi harga dan juga kualitas. Mau beli secara langsung ke toko atau mau beli secara online, juga sama saja, perlu dipertimbangkan dengan matang.

Resiko Salah Memilih Kasur

Tidak semua kasur yang Anda anggap bagus dan estetis secara tampilan, berdampak bagus pula untuk kualitas tidur Anda. Sebab penampilan bisa menipu, kasur tebal mungkin terlihat lebih bagus, tapi jika tidak mampu memberi kenyamanan untuk punggung Anda, maka percuma saja.

Pembelian kasur menjadi penting karena bagi sebagian orang tertentu, bisa mengalami penyakit bahaya tidur di lantai tanpa kasur seperti:

Masuk angin: termasuk di dalamnya gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kembung serta diare. Ini akan membuat tubuh Anda lemas serta mudah terkena penyakit.

Sinusitis: Penyakit lain yang bisa datang karena sering tidur di lantai ialah sinusitis. Gejalanya adalah influenza, sakit kepala, serta hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Sakit paru-paru: Selain sinusitis, tidur di lantai juga bisa menyebabkan penyakit paru-paru. Ini karena lantai yang tidak bersih akan membuat kotoran terhirup oleh hidup dan masuk ke dalam paru-paru.

Sakit punggung: menjadi resiko selanjutnya yang bisa jadi akan dirasakan apabila Anda terlalu sering tidur di lantai. Ini karena tulang dan otot tidak dapat rileks sepanjang tidur lantaran membaringkan diri di atas permukaan yang keras.

Gangguan tidur: Kondisi di atas juga dapat berlanjut ke resiko kesehatan selanjutnya yaitu gangguan tidur. Rasa tidak nyaman akan membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak dan jika kualitas tidur menurun maka tubuh juga akan melemah.

tips memilih kasur, tips memilih kasur busa, tips memilih kasur spring bed, tips memilih kasur bayi
Tips memilih kasur berkualitas – diminimalis.com

Tips Memilih Kasur yang Terbaik Untuk Kamar Anda

Seperti diketahui, bahwa efek tidur langsung di lantai tanpa kasur bisa menyebabkan beberapa hal buruk, maka jika mau yang lebih nyaman harus menyiapkan kasur terbaik. Kali ini Diminimalis akan memberikan tips tentang cara memilih kasur yang berkualitas dan bagus saat Anda hendak membelinya, diantaranya yaitu:

1. Kenali berbagai pilihan kasur yang ada

Tips memilih kasur berkualitas yang pertama adalah mengenali berbagai pilihan kasurnya. Kasur sendiri memiliki jenis yang beragam, mulai dari yang standar, keras hingga lembut. Ketika Anda hendak membeli kasur, setidaknya Anda perlu pahami beberapa jenis kasur yang ada tersebut, seperti di bawah ini:

Kasur jenis standar. Kasur jenis standar dibuat dari beragam bahan baku dan dijual dengan harga yang bervariasi. Anda bisa memilih kasur dengan berbagai pilihan berdasarkan keras dan lembutnya, sesuai keinginan Anda.

Kasur jenis memory foam. Kasur jenis ini dibuat dari bahan baku yang dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh saat Anda berbaring, dan mempertahankan bentuk tersebut saat Anda tidur.

Bagi Anda yang cenderung tidak bergerak banyak saat tidur, kasur jenis ini bisa dijadikan pilihan yang cocok. Namun apabila Anda sering merasa gerah saat tidur, kasur jenis memory foam mungkin bukan pilihan yang tepat karena kasur jenis ini dapat menyimpan suhu tubuh.

Kasur jenis sleep number. Kasur jenis ini memilki tombol yang dapat menyesuaikan tingkat kekerasan atau kelembutanya. Biasanya terdapat pembagian zona pada kasur jenis ini yang memungkinkan pasangan Anda memilih tingkat kelembutan yang berbeda dengan yang Anda pilih.

2. Coba keempukan kasur dan kualitas materialnya hingga benar-benar yakin

Tips memilih kasur berkualitas selanjutnya adalah dengan cek sendiri keempukannya. Jangan biarkan penjual meyakinkan Anda mencoba kasur hanya dalam waktu yang sangat singkat. Sebaiknya Anda menguji kasur di toko selama 10-15 menit. Semakin baik keinginan kaulitas tidur Anda, maka harusnya semakin matang pula pertimbangan Anda dalam memilih kasur yang akan Anda beli.

Berbaringlah di kasur tersebut dalam posisi normal dan rasakan apakah tubuh Anda merasa nyaman atau tidak. Jika tidak, maka jangan sungkan untuk memilih model yang lain.

tips memilih kasur, tips memilih kasur busa, tips memilih kasur spring bed, tips memilih kasur bayi
Tips memilih kasur berkualitas- diminimalis.com

3. Pertimbangkan pemilihan berdasarkan merk

Meskipun beberapa merek memproduksi kasur berkulitas baik, hal ini tidak berarti bahwa kasur-kasur yang lebih murah dan tidak begitu dikenal itu tidak berkualitas. Meski sering kali memang kualitas mempengaruhi reputasi merek-merek tertentu, namun merek-merek ternama juga tidak selalu menunjukkan kualitas yang sebenarnya.

Hal yang terpenting dari poin tips memilih kasur yang ketiga ini adalah lakukan adalah mencoba sendiri kasur-kasur yang ada dan mencari tahu mana yang terbaik bagi Anda. Memilih kasur berkualitas memang gampang-gampang susah karena seperti memilih baju, harus fit dan proper.

Baca juga: Cara Merawat Kasur Spring Bed Supaya Awet dan Tahan Lama

4. Mau Beli Online? Boleh, Tapi Hati-hati

Kalau yang Anda pilih adalah opsi beli di toko online, maka Anda juga harus selektif. Cari toko online kasur yang reputasinya sudah bagus. Baca semua review yang ditulis oleh para konsumen yang sudah lebih dulu membeli di toko online tersebut.

Selanjutnya, kontak seller dan tanyakan soal biaya ongkos kirim. Termasuk misalnya Anda ingin ukuran custom juga tanyakan via pesan langsung. Dengan begitu, ketika Anda pesan hingga check oout, melakukan pembayaran, dan barang dikirim, nantinya tidak akan kecewa berat.

Dengan mempertimbangkan berbagai tips memilih kasur di atas, sebenarnya kuncinya adalah Anda mencobanya langsung saat beli. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarlan merk kasur baru. Begitu juga jangan mudah percaya atau fanatik terhadap merk tertentu sampai tidak bisa membedakan mana yang ori dan yang KW.

Bicara soal tips memilih kasur yang poin terakhir. Pertimbangkan untuk membeli kasur secara online jika memang Anda tahu ada toko online yang terpercaya, murah, dan rating penjualannya bagus. Biasanya, pembelian online sedikit lebih murah karena memang kebanyakan dari produsennya langsung. Tambahnnya paling cuma di ongkos kirim dan ketepatan waktu pengiriman. Jadi, mau beli online atau offline? Silahkan pertimbangkan sendiri.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang tips memilih kasur yang bagus untuk dipakai di rumah minimalis Anda. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. (ls.) editted by RN02032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *