Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis Modern

Sudah semestinya para pemilik rumah minimalis memperhatikan sumber pencahayaan alami dalam hal ini jendela. Memasang gorden yang pas dan sesuai dengan konsep rumah bukan lagi sebuah pilihan tapi keharusan. Sampai-sampai, tips memilih gorden yang terbaik pun sudah banyak diupayakan oleh sebagian besar orang.

Apa saj sih hal utama yang harus diperhatikan saat akan membeli gorden? Pertama tentu saja material/ bahannya, pilih yang terbaik meski sedikit lebih mahal. Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaiannya dengan konsep rumah. Selebihnya Anda tinggal menyesuaikannya dengan selera jika bicara soal motif.

Manfaat dan Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis Masa Kini

Artikel singkat tentang tips memilih gorden kali ini akan kami ulas dengan tujuan agar desain rumah minimalis Anda terlihat lebih modern. Gorden sendiri memiliki fungsi sebagai penutup jendela dan mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, gorden juga berfungsi untuk menjaga privasi demi kenyamanan pemilik rumah. Pada kesempatan kali ini Diminimalis akan berbagi informasi dan tips memilih gorden untuk rumah minimalis.

Secara umum material bahan yang digunakan untuk membuat gorden berasal dari bahan sintesis bersumber minyak bumi, seperti rayon, polyester dan nilon. Semakin banyak prodak berbahan sintetis ini digunakan, tentunya semakin mengancam ketersediaan minyak bumi di alam. Ini artinya turut mengancam juga keberlangsungan hidup manusia di dalamnya.

Penggunaan bahan sintetis pada gorden minimalis secar berkepanjangan juga akan memperburuk kualitas hidup Anda dikarenakan bahan tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Kain sintetis yang terkena sinar matahari akan mengeluarkan uap mengandung residu yang dapat menggangu kesehatan penghuni rumah termasuk juga hewan peliharaannya. Untuk itu, alangkah baiknya supaya kita cermat memilih gorden secara bijak untuk rumah minimalia kita.

Tips memilih gorden, Tips memilih gorden rumah minimalis, warna gorden yang bagus
salah satu jenis desain gorden yang dapat membuat rumah minimalis Anda terlihat modern – diminimalis.com

5 Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis Modern

Memilih gorden bukan hal yang sulit dilakukan jika Anda pintar menyelaraskan warna dengan konsep rumah. Rumah minimalis sendiri biasanya tidak membutuhkan banyak furniture yang variatif dan mencolok. Sebab, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang sederhana untuk lebih menghemat pengeluaran untuk dekorasi rumah.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih gorden untuk rumah minimalis Anda. Anda bisa praktekkan tips ini untuk membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih modern dan elegan.

1. Memilih bahan gorden terbaik

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih gorden terbaik adalah pmilihan bahan. Kenapa penting? karena ini erat kaitannya dengan keawetan dari gorden itu sendiri.

Pilihlah bahan yang tidak kaku namun tegas agar sesuai dengan rumah minimalis Anda. Jangan memilih kain yang transparan dan kasar karena akan mengurangi fungsinya dalam menjaga privasi sekaligus membuat ruangan tampak panas. Hindari pula bahan yang berat agar mudah untuk digantung pada pengait.

Baca: Cara mencuci gorden yang baik supaya tetap awet

2. Gunakan ukuran yang sesuai dengan bukaan jendela

Sebelum membeli gorden tentu Anda harus mengukur terlebih dahulu panjang dan lebar bukaan yang akan ditutupi. Nah, disinilah pentingnya untuk benar-benar memperhatikan ukuran jendela, dan memastikan ukurannya akurat. 

Jangan sampai saat Anda membeli gorden, Anda hanya mengira-ira ukuran bukaan jendela rumah Anda. Gorden yang baik adalah gorden yang memiliki ukuran sedikit lebar sehingga dapat menutup jendela dengan sempurna. Ingat, jangan beli yang ukuran ngepres ya.

3. Pilih motif yang tepat

Selain bahan dan ukuran, hal lain yang mesti diperhatikan adalah pemilihan motif. Motif gorden yang cocok untuk ruangan minimalis adalah yang memiliki pola sehingga ruangan tidak terlihat hampa dan lebih hidup. Pilih saja motif sederhana seperti polkadot dan garis-garis. Motif tersebut juga tidak begitu menabrak desain interior ruangan minimalis

4. Model yang indah

Anda bisa mendapatkan model gorden yang bervariasi sesuai dengan selera Anda. Untuk rumah bergaya minimalis, pilih model yang simple dan tidak ribet untuk dipasang. Model yang simple juga memberi kesan yang rapi pada ruangan. Hampir senada dengan motif, pilih model terbaik agar gorden yang Anda beli tidak hanya berfungsi biasa, namun secara estetis juga bernilai.

Tips memilih gorden, Tips memilih gorden rumah minimalis, warna gorden yang bagus
tampilan warna gorden yang selaras dengan warna dinding – diminimalis.com

5. Pemilihan warna yang baik

Tips memilih gorden minimalis terakhir berkaitan dengan pemilihan warna. Kita tau, warna merupakan indikator penting dalam menciptakan suasana yang nyaman pada rumah. Untuk warna minimalis sebaiknya pilih warna yang cocok sesuai dengan warna dinding ruangan. Jika dinding Anda berwarna berwarna cream, Anda bisa menggunakan warna coklat, karena paduannya tidak begitu kontras sehingga kesan modern tetap terpancar.

Pemilihan warna gorden rumah minimalis pada area kamar tidur sebaiknya Anda pilih gorden yang berwarna netral. Warna-warna netral selain akan mengesankan luas pada ruangan juga bisa digunakan sebagai pengundang kesan hangat. Gorden minimalis warna abu-abu ataupun warna gelap lainnya bisa Anda coba. Warna gelap pada gorden akan dapat memblokir sempurna sinar matahari yang bisa mengganggu istirahat siang Anda.

Untuk menyeimbangkan warna ruangan, Anda bisa menggunakan warna putih atau warna-warna pastel pada dinding kamar tidur. Sekedar satu tips untuk mengakhiri ulasan kita kali ini, hindari pemilihan warna gorden minimalis yang bercorak mencolok dan kontras. Warna yang terang atau mencolok akan membuat Anda terjaga dalam waktu istirahat yang tentunya akan menjadikan Anda terbangun dalam suasana yang tidak fresh.

Demikian ulasan kami tentang beberapa tips memilih gorden untuk rumah minimalis modern. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat ya. (ls.) editted by RN23032020


Comment