Dalam kaitannya dengan interior rumah, furniture/mebel menjadi elemen terpenting yang harus ada untuk menunjang segala aktivitas di dalamnya. Untuk itulah, perlu paham tentang bagaimana tips memilih furniture terbaik untuk rumah minimalis Anda.

Dengan tidak sembarangan membeli furniture, maka Anda berarti sudah berupaya untuk berhemat ratusan ribu bahkan jutaan. Dengan kata lain, furniture yang Anda beli akan lebih awet dipakai bertahun-tahun. Anda tidak perlu memikirkan biaya reparasi dan pembelian baru dalam jangka waktu dekat.

Selain itu, memilih furniture terbaik dampaknya juga banyak. Minimal tampilan interior rumah jadi terlihat berbeda. Bayangkan jika harus beli furniture berkali-kali dan interior ruangan tata ruangnya jadi berubah-ubah, tentu kurang sedap dipandang.

Memilih Elemen Furniture Terbaik Sesuai Kebutuhan

Bicara soal furniture yang masih cukup luas, maka ada banyak elemen yang perlu Anda beli. Beberapa yang paling urgent adalah meja, kursi/sofa, dan beberapa elemen penting lainnya yang harus ada untuk melengkapi konsep rumah minimalis modern.

Meski ada banyak jenis furniture, dalam hal ini material yang dipakai, namun Anda harus mulai mempertimbangkan prioritas pembeliannya sejak awal.

Furniture dari limbah kayu juga bisa dipilih jika memang Anda lebih menyukai konsep natural. Kayu sendiri mampu menunjukkan ciri khas dan berkarakter. Meski kayu banyak dielukan, bukan berarti material non kayu itu kurang bagus. Jika ingin mengusung konsep mediteran bisa adopsi furniture dari material besi atau baja ringan.

Yang terpenting dalam pemilihan jenis furniture ini adalah menyesuaikan dengan konsep/tema yang akan diusung. Dengan berpatokan pada hal tersebut maka akan lebih mudah dalam menciptakan keserasian tampilan ruangan.

Tips Memilih Furniture Terbaik untuk Rumah Minimalis

Saat ini sudah banyak dijumpai furniture untuk interior minimalis dengan desain dan tema yang modern yang bisa dipilih. Desain-desain tersebut sangat mendukung terciptanya nuansa modern dan elegan meski huniannya berkonsep minimalis.

Tips memilih furniture
Tips memilih furniture rumah minimalis – diminimalis.com

Nah, untuk mendapatkan furniture terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan. Berikut ini tips memilih furniture dengan desain berkualitas:

1. Pemilihan Tema/Konsep

Tips memilih furniture yang pertama, ini yang paling umum, Anda harus terlebih dulu menentukan tema untuk desain rumah Anda. Rencanakan desain furniture dari material jenis apa yang akan Anda gunakan.

Secara umum, ada 2 tema dalam memilih furniture yaitu desain klasik dan modern. Apabila Anda memilih desain klasik, maka perbanyaklah furniture yang berkarakter natural seperti kayu.

Biasanya, kayu yang sering digunakan adalah kayu jati karena warna naturalnya yang pas. Sedangkan untuk furniture rumah berdesain modern biasanya menggunakan material besi, kaca, dan atau aluminium yang dapat memberikan kesan modern di ruangan Anda.

funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
Tips memilih furniture dengan desain meja dan kursi berbahan dasar rotan yang elok- diminimalis.com

2. Memilih model furniture yang tepat

Tips memilih furniture rumah minimalis dengan desain yang tepat, maka bisa memberikan kesan yang luas di ruangan Anda. Maka dari itu harus cerdas dalam memilih desain furniture yang menurut sesuai dengan ruangan tersebut.

Pilihlah furniture yang mudah dibersihkan, karena akan mempermudah Anda untuk merawat furniture tersebut. Walaupun rumah Anda tidak terlalu luas, tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan mengatur penataan furniture yang pas.

Anda bisa memilih meja dan lemari yang multifungsi yang bisa diletakkan pada ruang tamu yang kecil. Contohnya seperti lemari buku, meja kerja dan keperluan kantor. Atau Anda bisa menggunakan meja unik yang dapat digulung yang terbuat dari kayu.

3. Sesuaikan Budget

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berkaitan dengan anggaran. Dalam melakukan pembelian funirtue sebaiknya tidak lepas dari pertimbangan soal budget.

Tidak perlu yang mewah-mewah sekali, asal sudah cukup untuk membeli yang standar tidak masalah. Utamakan keawetannya agar tidak membuat Anda semakin banyak mengeluarkan biaya pembelian dan reparasi.

4. Pertimbangkan Membeli Via Online

Meski bisa jadi beresiko, namun belum tentu membeli online itu tidak reccomended. Jika memang Anda punya referensi seller furniture yang bagus dan berkualitas di online shop bisa pertimbangkan untuk membelinya dari sana. Sebab bisa jadi ada selisih harga yang lebih murah.

5. Tips Khusus Memilih Sofa untuk Ruangan

Bagi Anda yang memiliki ruangan minimalis, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.  Tujuannya agar fungsi sofa di dalam ruangan bisa termaksimalkan dengan baik:

• Tentukan fungsi sofa tersebut

Apa tujuan Anda membeli sofa minimalis tersebut, apakah akan menghiasi interior ruang tamu minimalis modern atau untuk bersantai di ruang keluarga. Anda bisa memilih sofa yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga untuk menentukan bentuk dan modelnya jadi lebih mudah.

• Pastikan ukuran sofa dengan ruangan sesuai

Pastikan dulu ukuran ruangan Anda, jangan sampai saat membeli sofa bahkan tidak bisa masuk ke ruangan Anda. Ukur dulu pintu agar tidak susah dalam memasukkan sofanya. Perhatikan juga tangga di rumah Anda, apabila Anda ingin meletakkan sofa di lantai 2 karena jelas akan sulit dipindahkan bahkan tidak bisa sama sekali.

• Bentuk

Bentuk sofa minimalis juga perlu diperhatikan. Apabila bentuknya terlalu besar atau memakan tempat, maka ruangannya akan terlihat semakin sempit. Anda bisa memilih sofa dengan bentuk L karena bisa dimasukkan sampai pojok dan tidak menghalangi jalan saat keluar masuk. Apabila konsep rumah Anda modern, maka pilihlah sofa dengan gaya modern pula agar terlihat harmonis.

Jadi, beberapa tips memilih furniture rumah minimalis yang sudah dibahas di atas sebenarnya mudah saja dipraktekkan. Asalkan, Anda benar-benar jeli dan penuh perencanaan di awal.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang tips memilih furniture yang tepat untuk rumah minimalis dan bagaimana mengaturnya supaya berfungsi maksimal. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN12042021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *