Tips Membangun Rumah Tropis minimalis : Cocok Diterapkan di Indonesia

Rancanglah banyak bukaan untuk membuat rumah tropis yang sehat - diminimalis.com

Tips membangun rumah tropis penting untuk kami ulas karena wilayah Indonesia termasuk dalam zona iklim tropis. Di negara yang memiliki 2 musim ini, keberadaan rumah tropis dinilai sangat cocok diterapkan di negara ini. Di samping musim yang sekarang tidak menentu, dalam sehari hujan dan kemarau bisa berjalan bergantian. Maka untuk mengusung konsep rumah tropis di Indonesia, memerlukan perancangan tersendiri. Berikut akan kami ulas apa saja tips membangun rumah tropis, khusus untuk Anda.

Desain Rumah wilayah tropis, Desain Rumah daerah tropis, rumah tropis minimalis
Rancanglah banyak bukaan untuk membuat rumah tropis yang sehat – diminimalis.com

Tips Membangun Rumah Tropis dengan simple dan mudah

Sebelum membangun rumah tropis, ada baiknya kita memahami efek dari iklim tropis terlebih dahulu. Penyinaran matahari yang berlangsung secara terus menerus akan menyebabkan kondisi udara panas. Begitu pula jika diguyur hujan deras, alhasil menyebabkan tingkat kelembaban menjadi tinggi. Hal-hal inilah yang harus dijadikan perhatian khusus apabila Anda menginginkan desain rumah tropis yang baik.

tips membangun rumah tropis, rumah tropis di indonesia, ventilasi rumah tropis, orientasi bangunan, lantai rumah tropis, desain rumah tropis, atap rumah tropis.
desain rumah tropis yang ideal – diminimalis.com

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah orientasi bangunan. Letak bangunan yang dianjurkan adalah memanjang dari timur ke barat sehingga meminimalisir masuknya sinar matahari secara langsung ke dalam rumah tropis. Jika letak bangunan yang seperti ini tidak memungkinkan, Anda bisa mensiasatinya dengan memperhatikan faktor ventilasi, atap, maupun lantai pada rumah tropis. Untuk ventilasi rumah tropis, Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari pada siang hari. Gunakan skylight atau lubang udara. Desain rumah tropis yang baik adalah yang menggunakan cross ventilation, yaitu aliran masuk udara berseberangan dengan aliran keluar udara sehingga aliran udaranya menjadi rata dan memberikan kenyamanan bagi pengguna rumah tropis.

Lantai rumah tropis yang cocok digunakan adalah bahan dengan material yang dingin seperti keramik atau lantai batu alam. Hindari penggunaan lantai kayu karena bahan ini menyerap panas. Penggunaan atap rumah tropis dianjurkan yang bentuknya miring agar aliran air saat hujan dapat mengalir dengan baik. Kemiringan yang baik untuk rumah tropis adalah minimal 30 derajat serta tinggi minimal pada atap-atapnya adalah 2,7 meter.

Demikian ulasan kami tentang tips rumah minimalis tropis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang rumah minimalis tropis dan modern berbalut gaya minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Rumah minimalis tropis dan modern berbalut gaya minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.