by

Tips Memasak Gulai Daging Kambing yang Enak

Tips memasak gulai daging kambing biasanya sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idhul Adha yang dikenal dengan bagi-bagi daging qurban, termasuk daging kambing.

Nah, salah satu olahan daging kambing adalah dimasak gulai. Memasak gulai daging kambing merupakan salah satu tantang karena daging kambing memiliki bau prengus/apek dan juga daging yang terkadang alot/keras.

Sehingga Anda harus mengurangi/ menghilangkan kedua masalah tersebut. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah pengolahan awal untuk menghilangkan bau prengus dan membuat daging kambing empuk. Setelah itu Anda dapat melanjutkan memasak daging tersebut menjadi gulai daging kambing yang enak.

Berikut tips memasak gulai daging kambing yang perlu Anda ketahui:

Tips sebelum memasak gulai daging kambing

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan daging kambing. Sebelum diolah menjadi gulai, sebaiknya Anda melakukan beberapa teknik khusus yang dilakukan terhadap daging kambing yang Anda miliki.

Hal ini harus Anda lakukan untuk mengurangi bau apek dan membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

Yang pertama Anda rebus daging kambing dengan menggunakan panci presto dan masukan bumbu-bumbu seperti jahe, bawang putih, daun jeruk, sere, lengkuas dan daun salam. Kemudian yang terakhir tambahkan garam, lalu panci ditutup rapat dan direbus selama kurang lebih 15 menit.

Setelah direbus kemudian daging kambing diangkat dan tiriskan. Nah, sekarang daging kambing sudah siap untuk dimasak menjadi gulai daging kambing yang enak sesuai dengan selera Anda.

Dengan cara di atas, daging kambing dapat menjadi lebih empuk dan mengurangi bau apek pada daging kambing. Sehingga Anda dapat menyantapnya dengan nyaman setelah dimasak menjadi gulai.

Tips memasak gulai daging kambing

Memasak gulai merupakan makan yang sederhana namun membutuhkan bumbu-bumbu yang istimewa. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam gulai kambing cukup banyak. Hal ini digunakan agar gulai menjadi lebih enak dan lezat.

Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, bahwa pengolahan daging kambing menjadi gulai memang perlu ada cara yang khusus. Cara khusus tersebut sudah Anda baca di step pertama.

Step pertama membahas cara mengolah daging kambing sebelum dimasak menjadi gulai. Sehingga daging kambing tersebut tidak bau prengus dan menjadi lebih empuk.

Untuk step ke dua, Anda dapat melanjutkan memasak daging kambing menjadi gulai. Nah, untuk tips memasak gulai daging kambing, Anda dapat baca pada informasi berikut ini:

a. Siapkan Bumbu

Langkah pertama, Anda harus menyiapkan bumbu yang diperlukan untuk memasak gulai daging kambing. Bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan adalah sebagai beriku:

Pertama, Anda siapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan sebagai bumbu halus. Bumbu-bumbu tersebut antara lain: cabe rawit, cabe merah, jinten hitam, jinten putih, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, lada hitam dan pala.

Tips Memasak Gulai

Setelah itu Anda dapat menghaluskan bumbu tersebut dengan menggunakan blender atau penghalus bumbum yang biasa Anda gunakan. Setelah bumbu-bumbu tersebut halus, kemudian Anda dapat menyiapkan bumbu berikutnya.

Kedua, Anda siapkan bumbu yang tidak perlu di haluskan, bumbu tersebut antara lain: daun salam, daun jeruk, cabe rawit merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis, kembang lawan dan garam.

Bumbu-bumbu diatas dapat Anda gunakan sebagai bumbu tambahan agar masakan menjadi lebih lezat. Selain itu juga dapat mempercantik masakan Anda.

Nah, setelah semuanya disiapkan, selanjutnya Anda juga harus menyiapkan bumbu penting yang tidak kalah berperan dalam memasak gulai kambing.

Ketiga, Siapkan santan cair, santan kental, dan bubuk malabar. Untuk santan cair ataupun santan kental, semuanya wajib Anda gunakan dan masuk dlaam bahan utama yang harus ada dalam memasak gulai.

Sedangkan untuk bubuk malabar, Anda dapat menggunakannya tapi jika Anda tidak memiliki Anda tidak menggunkannya tidak apa-apa. Karena jika tidak menggunakan bubuk malabar sebenarnya gulai kambing sudah enak dan lezat.

b. Proses memasak

Setelah bumbu telah diseiapkan semua, selanjutnya adalah memasak gulai daging kambing.

Langkah pertama, Anda perlu memasukan minya ke wajan yang akan digunakan untuk memasak gulai. Kemudian panaskan minyak. Setetalh panas Anda dapat memasukan bawang merah bawang putih, cengkeh, kapulaga dan kembang lawang lalu dimasak sampai agak mencoklat.

Langkah ke dua, Anda masukan semua bumbu halus yang sudah Anda siapkan. Kemudian ditumis sampai harum sambil diaduk-aduk. Setelah sudah harum Anda dapat memasukan sere, daun salam, dan daun jeruk. Kemudian Anda masak sampai benar-benar matang.

Setelah itu, Anda masukan garam secukupnya. Setelah bumbu matang Anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya.

Langkah ke tiga yaitu memasukan daging kambing. Kemudian diaduk dan dimasak sampai mendidih. Kemudian Anda dapat melanjutkan keangkah selanjutnya.

Langkah ke empat, Anda dapat memaskukan santan cair. Sambil sesekali diaduk dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih Anda dapat memasukan santan kental, sambil sesekali diaduk dan tunggu sampai mendidih.

Langkah ke lima, setelah mendidih, Anda dapat memasukan bubuk malabar dan cabe rawit utuh (tanpa di potong/ dihaluskan). Kemudian diaduk-aduk beberapa saat sampai benar-benar matang.

Setelah itu Anda dapat bersiap-siap untuk menyajikan gulai daging kambing yang sudah matang.

c. Hidangkan

Langkah terakhir adalah menyajikan hidangan yang sudah matang. Anda dapat menyajikan gulai daging kambing yang sudah matang dengan menggunakan mangkuk yang Anda miliki.

Tips Memasak Gulai

Selain itu Anda juga dapat menambah beberapa hiasan tambahan untuk menambah cantik hidangan. Setelah itu, gulai daging kambing dapat disajikan.

Tips memasak gulai di atas dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dalam membuat gulai daging kambing saat Idhul Adha besok. Semoga dengan tips-tips tersebut dapat membantu Anda dalam memasak gulai dan Anda dapat membuat gulai kambing yang lezat.

Selamat mencoba dan semoga menghasilkan masakan yang sesuai dengan keinginan Anda. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.