by

Tips Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Cepat Empuk

Tips Memasak Daging Kambing sering dicari ketika Idhul Adha atau sering dikenal dengan Lebaran Haji. Hal ini dikarena bertepatan dengan waktu pelaksanaan ibadah haji.

Sedangan dalam menunaikan ibadah haji disyaratkan untuk menyembelih hewan kurban. Nah, salah satunya adalah kambing. Sehingga banyak orang yang akan mendapatkan daging kambing karena banyak yang berqurban.

Daging kambing ini akan diperoleh setiap rumah secara gratis. Tanpa harus membayarnya. Sehingga, dengan adanya perayaan Idhul Adha ini dapat memberikan kebahagiaan untuk semua orang.

Dengan demikian banyak orang yang memasak daging kambing. Namun, sayangnya banyak juga yang belum mengetahui tips memasak daging kambing agar tidak bau dan cepat empuk.

Oleh karena itu, Anda harus membaca informasi di bawah ini agar Anda tidak bingung dalam menyelesaikan masalah daging kambing yang sangat umum tersebut.

Berikut informasi terkait tips memasak daging kambing agar tidak bau dan cepat emput:

1. Tips memasak daging kambing agar tidak bau apek/prengus

Daging kambing merupakan daging merah yang banyak diminimati oleh banyak orang. Namun, sayangnya daging kambing merupakan daging yang dikenal memiliki bau apek/prengus.

Tips Memasak Daging Kambing

Hal ini menjadi salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing. Sehingga, banyak orang yang ingin menghilangkan bau tersebut karena merasa tidak nyaman dengan baunya. Semua ini dilakukan agar daging kambing yang lezat dapat dinikmati dengan enak.

Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti tips memasak daging kambing berikut ini, agar daging kambing tidak bau apek/prengus:

a. Jangan mencuci daging jika belum mau segera dimasak

Yang pertama setelah Anda mendapatkan daging kambing, Anda sebaiknya tidak langsung mencucinya. Apalagi jika Anda belum mau memasaknya.

Ada sebagian orang juga menyarankan untuk tidak mencuci daging kambing. Jadi setelah Anda mendapatkan daging kambing, sebaiknya Anda langsung merebusnya kedalam air mendidih.

b. Taburan Garam

Tips selanjutnya sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu menyiapkan garam. Kemudian taburkan garam di atas daging kambing. Tips ini dapat Anda gunakan jika Anda sudah terlanjur mencuci daging kambing milik Anda.

Jangan lupa untuk menaburi garam secara merata dan jangan langan langsung dicuci. Anda sebaiknya mendiamkan terlebih dahulu taburan garam tersebut selama kurang lebih 60 menit agar garam meresap dan menetralkan bau darah daging kambing.

Setelah itu, Anda bisa mencuci kembali dengan menggunakan air dingin sebelum memasaknya sesuai keinginan Anda.

c. Jeruk nipis

Tips yang ke tiga adalah dengan menambahkan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis ini sebaiknya Anda gunakan untuk membalurkan keseluruh daging kambing secara merata.

Setelah itu, diamkan selama 30 sampai 60 menit agar air jeruk nipis meresap sempurna kedalam daging kambing. Setelah itu Anda dapat mengolah daging kambing sesuai dengan keinginan Anda.

d. Rebus Daging Kambing pada air yang mendidih

Tips yang terakhir cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan air. Kemudian Anda dapat merebus daging kambing tersebut dengan air yang Anda siapkan.

Cara merebusnya yaitu dengan cara memasukan daging kambing kedalam air yang sudah mendidih. Sebaiknya, Anda tidak memasukan daging kambing kedalam air yang direbus tetapi belum mendidih.

2. Tips memasak daging kambing agar cepat empuk

Permasalahan kedua yang harus Anda ketahui mengenai daging kambing setelah memiliki bau prengus adalah daging kambing termasuk daging alot. Sehingga Anda perlu membuatnya agar menjadi daging yang empuk.

Tips Memasak Daging Kambing

Hal ini menjadi salah satu tantangan untuk Anda yang menginginkan untuk menyantap daging kambing yang enak. Sehingga Anda perlu berusaha eksta untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Seperti halnya dengan daging sapi, daging kambing-pun perlu diolah dengan teknik-teknik tertentu agar cepat empuk. Berikut tips memasak daging kambing agar cepat empuk yang perlu Anda ketahui:

a. Nanas

Nanas menjadi buah yang tidak hanya enak untuk dimakan secara langsung ketika sudah matang. Namun, buah nanas juga dapat digunakan sebagai buah yang membantu mempercepat dalam mengempukan daging.

Caranya adalah dengan memarut nanas, kemudian air nanas dapat Anda ambil. Selanjutnya air tersebut dapat Anda gunakan untuk merendam daging kambing yang Anda miliki. Anda dapat merendam daging kambing dengan air nanas selama kurang lebih 30 menit.

b. Jeruk Nipis

Yang ke dua adalah jeruk nipis. Selain digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengempukan daging kambing.

Sehingga Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus jika Anda memilih untuk menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu buah yang digunakan sebagai bahan pengolahan awal pada daging kambing.

Caranya cukup mudah, Anda hanyak perlu menyiapkan jeruk nipis dan daging kambing. Kemudian Anda dapat memeras jeruk nipis tersebut.

Setelah diperas dan mendapatkan air yang cukup, Anda dapat merendam daging kambing pada air perasan jeruk nipis. Kemudian Anda rendam daging tersebut selama kurang lebih satu jam.

Setelah itu, Anda dapat mengolah daging kambing sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

c. Pepaya

Tips yang terakhir adalah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan daun pepaya. Kemudian Anda dapat meremasnya sampai getahnya keluar.

Selanjutnya, Anda dapat membungkus daging kambing dengan menggunakan daun pepaya tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, Anda dapat langsung mengolah daging kambing sesuai dengan selera Anda.

Informasi di atas dapat Anda gunakan sebagai salah satu referensi atau inspirasi Anda dalam menyambut Hari Raya Idhul Adha yang identik dengan berbagi daging kambing.

Sehingga dengan informasi tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi jika Anda hendak mengolah daging kambing. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan segala kebutuhan yang Anda perlukan sebelum Hari Raya Idhul Adha tiba.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda semua. Selamat mencoba tips-tips di atas dan selamat memasak daging kambing. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.