Tinggal di Rumah Dinas, Senyaman Tinggal di Rumah Sendiri

Tinggal di rumah dinas merupakan pilihan ketika kondisi belum memungkinkan untuk menempati rumah sendiri. Bisa juga karena memang rumah asalnya jauh sementara penempatan kerja membutuhkan pengabdian yang lama.

Kekurangan tinggal di rumah dinas tentu ada saja, seperti kurang nyaman dengan suasananya. Atau, perasaan tidak bebas ketika ingin mengotak atik interior dan eksterior rumah sesuai keinginan. Hal-hal seperti ini yang seringkali membuat sebagian orang kurang/bahkan tidak betah.

Meski Anda tinggal di rumah dinas, tidak berarti kreativitas mandeg. Anda tetap bisa mengeksplorasi ide serta desain untuk diterapkan pada rumah dinas yang kita tinggali. Meskipun perubahan desainnya hanya untuk hal-hal yang ringan saja.

Bagi Anda yang saat ini tinggal di rumah dinas, ada banyak tips yang bisa diusahakan agar nyaman dan tidak jenuh karena desain asal yang monoton.

 Tinggal Di Rumah Dinas, tips tinggal di rumah dinas, cara nyaman tinggal di rumah dinas
Meski bukan milik sendiri, namun perlu membuat diri merasa nyaman tinggal di dalamnya – Diminimalis.com

Tips Tinggal di Rumah Dinas Agar Senyaman Rumah Sendiri

Langkah awal sebelum menempati rumah dinas adalah memahami peraturan yang berlaku. Perlu diketahui, terdapat dua jenis istilah rumah dinas yaitu untuk PNS atau rumah negara dan rumah dinas swasta yang merupakan fasilitas perusahaan.

Untuk rumah dinas negara, secara umum memiliki 3 hal penting yang harus diketahui. Pertama, penghuni rumah negara tidak boleh mengubah sebagian atau seluruh bagian rumah. Kedua, penghuni rumah negara tidak boleh menyewakan rumah kepada pihak lain. Dan yang ketiga, dilarang juga untuk membuat rumah menjadi tempat yang tidak semestinya.

yang Harus Ada Pada Desain Modern, prinsip desain grafis, pengertian tekstur dalam desain grafis, desain rumah minimalis modern, rumah minimalis 2018
Interior rumah dinas bisa Anda desain sesuai selera – Diminimalis.cpom

Sedangkan untuk rumah dinas swasta, tentunya bergantung pada kebijakan perusahaan pemberi rumah dinas. Tidak seperti rumah negara yang diatur dalam undang-undang, untuk rumah dinas swasta aturannya cenderung tidak ketat dan dapat berganti seiring pergantian kepemimpinan alam organisasi.

Namun pada umumnya tetap sama bahwa penghuni dilarang mengubah bangunan, dilarang menyewakan kepada orang lain dan juga tidak boleh membuat rumah untuk hal-hal yang tidak pantas dilakukan yang bisa membuat malu perusahaan.

Dari pemahaman tersebut, yang paling harus diperhatikan adalah soal aturan tidak boleh mengubah bangunan. Anda memang perlu menerima apa adanya bentuk bangunan rumah dinas yang Anda tinggali.

Namun tidak ada larangan bagi penghuninya untuk mendesain ruangan dengan gaya yang diinginkan. Anda bisa memaksimalkan pemilihan serta penataan furniture, untuk membuat interior Anda semakin menawan. Jangan lupa berikan kesan elegan pada dinding Anda dengan berbagai hiasan yang cantik.

Meski penataan ekterior, terutama cat dinding belum tentu boleh dirubah, rumah dinas Anda tetap disulap jadi rumah idaman. Nantinya nampak indah dari luar dengan mengoptimalkan penataan taman dengan aneka tanaman yang cantik.

Tinggal di sebuah rumah yang tidak bisa diubah secara bebas memang dapat membuat penghuninya merasa bosan. Maka dari itu,ada baiknya Anda menyimak tips membuat rumah nyaman meskipun tinggal di rumah dinas, berikut penjelasan detailnya.

• Atur konsep interior minimalis sesuai keinginan

Tips pertama adalah memiliki konsep minimalis pada interior rumah. Konsep yang mengedapankan nilai fungsi dan esensi pada sebuah hunian akan membuat Anda memiliki rumah yang yang terasa lega. Rumah dinas ukuran berapapun tetap bisa terasa nyaman untuk ditinggali jika penataan furniture bisa diaplikasikan dengan gaya minimalis.

Untuk itu, jangan isi rumah dinas Anda dengan perabotan yang membuat sesak dan tidak terlalu penting, karena hal ini akan membatasi ruang gerak Anda sekeluarga.

• Catlah dinding rumah sesuai warna kesukaan

 Tinggal Di Rumah Dinas, tips tinggal di rumah dinas, cara nyaman tinggal di rumah dinas
Ada baiknya Anda mengecat ulang rumah dinas Anda agar tampilannya lebih menawan – Diminimalis.com

Rumah dinas yang baru Anda tinggali sebaiknya dicat ulang sesuai dengan selera. Tentu saja terlebih dahulu Anda perlu memahami aturan dasar dalam mendekorasi ulang rumah dinas Anda, terutama untuk cat eksterior.

Umumnya, jika hanya sekadar mengecat ulang rumah agar lebih bersih dan menarik tentu tidak masalah. Mengecat ulang merupakan renovasi rumah dinas yang paling memungkinkan untuk Anda lakukan.

• Hiasi jendela rumah dengan dekorasi yang tepat

Memilih gorden untuk rumah minimalis yang memiliki kesan hangat juga akan membuat rumah menjadi lebih nyaman ditinggali. Tampilan jendela yang menarik akan berdampak besar pada kehangatan rumah dinas Anda sehingga nyaman untuk ditinggali.

Baca juga: Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis Modern

• Hiasi dinding dengan temporary wallpaper

Bisa juga Anda hidupkan rumah dinas yang umumnya kaku menjadi lebih hangat, ceria, menggunakan temporary wallpaper. Selain untuk menambah nilai estetika interior rumah dinas Anda, wallpaper juga dapat menjadi pelindung dinding dari bahaya kebakaran.

• Usahakan bersosialisasi dengan tetangga

Rumah dinas umumnya berada di lokasi yang strategis dan dekat dengan jalan raya. Walaupun bukan berada di sebuah kelompok hunian atau perumahan, tetapi Anda tetap harus bersosialiasi dengan tetangga terdekat dan menatati aturan yang berlaku.

Hal ini pun penting dilakukan, karena Anda pun bagian dari masyarakat setempat yang terikat dengan kewajiban-kewajiban yang berlaku.

• Biasakan bayar sewa tepat waktu

Rumah dinas terutama untuk PNS memiliki biaya sewa yang wajib dibayar. Ada pula sejumlah perusahaan yang juga mamatok harga sewa rumah dinas kantor untuk para karyawannya. Yang perlu diperhatikan adalah selalu usahakan membayaran sewa wajib selalu tepat waktu untuk membuat Anda terhindar dari denda.

• Disiplin menabung untuk rumah pribadi

Memang dengan tinggal di rumah dinas, Anda tak perlu mengeluarkan budget besar untuk mengupayakan tempat tinggal bagi keluarga, namun sejak saat ini sebaiknya Anda sudah mulai menambung untuk persiapan membeli atau membangun rumah sendiri. Karena tentu saja anda tak akan selamanya tinggal di rumah dinas yang Anda tempati saat ini.

Itulah tadi rangkuman tips yang harus diperhatikan oleh Anda sebelum menempati rumah dinas. Dengan tips tinggal di rumah dinas tadi, maka Anda akan lebih bisa memiliki kehidupan yang nyaman.(an) editted by RN17072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.