10 Tips Membuat Teras Rumah Minimalis Semakin Manis

Keberadaan teras rumah minimalis merupakan bagian eksterior pertama kali yang dilihat sebelum memasuki rumah seseorang. Secara tidak langsung, kesan dari rumah tersebut akan muncul pada saat kita melihat terasnya. Untuk itu, mempermanis tampilan teras minimalis sangat penting untuk dilakukan. Desain teras minimalis yang baik adalah yang mencerminkan karakteristik rumah yang dibangun. Bagi Anda yang ingin mendapatkan teras rumah minimalis yang manis, kali ini diminimalis akan mengulasnya untuk Anda.

Tips Teras Rumah Minimalis agar Semakin Manis

Teras Rumah Minimalis, Teras Rumah Minimalis 2016, Teras Rumah sederhana
Teras dengan taman minimalis dengan pohon kecil yang indah – diminimalis.com

Anda ingin teras rumah tampak lebih cantik? Namun bingung karena terbatasnya lahan dan biaya? Apa bisa memperhatikan tips berikut ini agar teras Anda tampak lebih cantik dengan nuansa yang elegan.

1. Menyesuaikan Luas Lahan

Tips teras minimalis yang pertama adalah dengan menyesuaikannya dengan luas halaman depan rumah Anda. Ukuran teras minimalis biasanya tidak terlalu luas, sehingga perabotan yang akan diletakkan pun juga perlu disesuaikan. Letak dan besarnya tiang penyangga atap pada teras rumah minimalis harus disesuaikan dengan model dan ukuran rumah. Dengan demikian jika dilihat, tampilan teras rumah minimalis akan proporsional karena ukuran tiang penyangganya tidak terlalu lebar sehingga menutupi rumah.

Apabila Anda tidak bisa membuat teras di bagian depan rumah. Anda bisa menggunakan area di belakang rumah. Anda bisa menggunakan lahan kosong belakang rumah untuk bersantai dengan keluarga Anda. Bisa juga membuat nuansa alam dengan berbagai hiasan tanaman dan furnitur teras di halaman belakang.

Teras Rumah Minimalis, Teras Rumah Minimalis 2016, Teras Rumah sederhana
contoh teras yang ideal untuk rumah di wilayah tropis – diminimalis.com

2. Atap Menutupi Seluruh Teras

Teras minimalis yang ideal adalah yang bagian atapnya mampu menutupi seluruh teras, dan tidak menyerap panas. Kesan natural bisa didapatkan dengan unsur kayu yang ada pada furnitur seperti meja dan kursi.

Salah satu contoh teras sederhana yang elegan adalah dengan penambahan batu alam, entah itu untuk pijakan atau penghias pada dinding. Anda juga bisa dengan menggunakan marmer untuk menambahkan kesan mewah dan elegan.

3. Penyesuaian Model Teras

Model teras rumah juga harus disesuaikan dengan iklim pada tempat tinggal terutama dalam pemilihan keramiknya. Misalnya jika Anda tinggal di daerah dataran tinggi, maka pilihlah keramik yang tidak terlalu licin jika terkena air hujan. Warna keramik pada teras rumah minimalis juga diserasikan dengan warna dinding dan atap rumah.

Anda bisa menggunakan model seperti model teras klasik. Konsep ini terdiri dari satu lampu klasik dengan aksesoris pot bunga menggantung. Anda juga membangun taman mini dengan bunga-bunga kecil dan ringan yang akan membuat kamu terasa sangat nyaman. Model yang krdua adalah model teras modern. Luas model teras ini sekitar 3×3 meter persegi dengan mengadopsi ruang sekunder dan menyematkan dua lampu di bagian depan.

4. Pemilihan Desain yang Tepat

Dalam pemilihan desain, Anda bisa menggabungkan konsep natural dan modern. Teras minimalis dengan konsep modern, umumnya memiliki sudut-sudut dan penyangga atap dengan bentuk tajam atau persegi. Selain itu, model teras modern biasanya dipercantik dengan warna dinding yang natural dan menyatu dengan kondisi taman sekitar, sehingga memberikan kesan indah pada eksterior rumah bagian depan.

Menggabungkan dinding bata dengan dinding kayu berwarna putih akan memberikan kesan yang kontemporer pada rumah. Warna alami kayu dan lantai pada teras akan menawarkan tampilan yang segar, apalagi dilengkapi dengan tanaman hijau. Anda dapat menggunakan konsep ini untuk memunculkan nuansa natural dan alami.

5. Memilih Furnitur yang Menarik

Memilih furnitur sangat penting untuk penataan teras rumah, agar terlihat lebih kekinian. Anda dapat membeli furnitur seperti kursi dan meja yang terbuat dari kayu untuk menampilkan kesan klasik. Atau apabila Anda yang suka dengan gaya unik, dapat menggunakan kursi yang bergaya vintage. Bahan ini terbuat dari penyangga full besi dan tempat dudukannya terbuat dari busa yang dilapisi kulit sintetis.

Anda dapat menggunakan furnitur yang terbuat dari rotan. Furnitur ini dikenal tidak lekang oleh waktu dan akan membawa kesan natural. Anda juga memberi sentuhan batu alam pada dinding teras untuk memunculkan kesan lebih mewah dan modern.

6. Menggunakan Pencahayaan

Tidak hanya di dalam rumah, lampu digunakan untuk penerangan. Namun, di teras rumah Anda juga harus menggunakan pencahayaan yang sesuai. Anda dapat menggunakan lampu berwarna kuning untuk menghemat dayanya dan terasa lebih hangat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti LED string lights yang akan membuat teras menjadi kerlap-kerlip. Ada juga model edison string lights yang akan menawarkan keindahan visual melalui kilauan cahayanya. Namun, karena lampu jenis ini merupakan lampu bohlam Anda perlu menggantinya secara berkala untuk mengantisipasi kerusakan.

7. Memanfaatkan Barang Bekas

Apabila untuk mempercantik teras Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal sebenarnya. Anda bisa menggunakan barang-barang bekas untuk menambah estetika rumah. Anda bisa membuat sofa dari drum bekas atau dari ban bekas. Selain itu, Anda juga bisa menambah vas bunga yang terbuat dari botol atau kaleng bekas. Tambahkan juga tanaman hias yang memanfaatkan botol bekas kemudian digantung.

Penggunaan barang bekas ini tidak hanya menghemat budget Anda. Namun, juga bisa mengurangi sampah dan semakin mempercantik teras Anda. Anda dapat membersihkan terlebih dahulu kemudian mengecat ulang menggunakan cat yang bebas dari zat berbahaya agar tetap aman ketika anak-anak bermain.

8. Menggunakan Tema yang Simple

Rumah minimalis sangat cocok dengan tema-tema yang tidak memerlukan desain ribet. Anda dapat menggunakan tema yang simple dan hangat. Misalnya, Anda bisa menggunakan tema Skandinavia yang begitu honey. Anda bisa juga menambahkan furnitur kursi dan meja putih untuk menambah kesan manis. Sebaiknya, jangan terlalu banyak juga menggunakan furnitur karena akan menambah kesan menumpuk dan berantakan.

9. Menggunakan Kursi Gantung

Langkah selanjutnya untuk membuat teras rumah Anda semakin cantik adalah menambahkan kursi gantung atau ayunan. Jika ukuran teras tidak terlalu besar, Anda bisa memilih kursi gantung yang kecil. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan meja atau beberapa pot bunga. Usahakan memilih kursi gantungyang kuat dan sesuai dengan warna dinding teras Anda. Tambahkan bantal untuk tempat duduk agar lebih nyaman.

10. Menggunakan Karpet

Teras sempit minimalis ternyata mempunyai keunggulan juga lho. Anda bisa menciptakan teras yang menarik untuk bersantai, tanpa ribet menggunakan banyak ornamen. Anda cukup menggunakan karpet berbentuk rumput dan sofa kecil yang cantik akan memperindah dan menambah kesan santai. Letakkan meja di bagian tengah untuk meletakkan gelas dan makanan ringan yang dapat nikmati di sore hari.

Demikian ulasan kami tentang cara mempercantik teras rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat pohon buah diteras rumah miimalis Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (ls) AL130321.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.