Teras Rumah Minimalis Batu Alam Menyegarkan dan Berestetika Tinggi

Teras rumah minimalis batu alam merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah hunian. Keberadaan teras sering dijadikan sebagai bahan penilaian awal penghuni rumah. Teras yang senantiasa bersih dan terawat menunjukkan penghuni rumah yang rajin dan menyukai kebersihan. Sebaliknya, jika sebuah teras rumah memiliki kondisi kotor dan tidak terawat, maka hal ini mengindikasikan pemilik rumah yang jorok dan malas.

teras rumah minimalis batu alam
teras rumah batu alam – diminimalis.com

Keberadaan teras yang terletak pada bagian terdepan sebuah rumah, bisa Anda manfaatkan sebagai pemanis tampilan eksterior rumah. Anda bisa mendesain teras dengan bentuk yang indah dan mewah, sehingga rumah minimalis Anda terasa lebih mewah. Ataupun, desain klasik yang ingin Anda terapkan pada area teras, ini akan semakin membuat kagum mata yang memandang.

Teras Rumah Minimalis 1 Lantai

Anda bisa merancang sendiri model teras rumah minimalis yang dinginkan. Namun, jika Anda merasa kesulitan dalam membuatnya, Anda bisa mencari referensi melalui internet, majalah properti maupun berkonsultasi dengan desainer rumah yang Anda percayai. Harapannya, agar teras rumah yang dimiliki bisa menjadikan representasi yang baik dan menarik bagi penghuninya. Orang yang berkunjung pun bisa merasa lebih betah saat di dalamnya.

Fungsi teras memang tidak sekedar menjadi tempat singgah pertama kali para tamu dan kerabat yang berkunjung. Namun juga sebagai area pelindung bagi jendela dan pintu agar tidak terkena panas dan air hujan yang secara langsung bisa mengakibatkan kerusakan. Teras juga biasanya difungsikan sebagai tempat bersantai anggota keluarga atau tempat bermain anak-anak.

teras rumah batu alam
furnitur untuk teras – diminimalis.com

Untuk Anda yang memiliki rumah dengan 1 lantai, teras rumah minimalis 1 lantai akan terlihat simpel dan elegan jika ditata dengan baik. Ada banyak elemen yang bisa Anda gunakan sebagai media untuk memperindah tampilan teras.

Furnitur

Pemilihan furnitur untuk area teras perlu Anda perhatikan baik-baik. Anda bisa menyesuaikan desain dan modelnya dengan konsep rumah yang ingin Anda tampilkan. Untuk konsep teras minimalis, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan furnitur terbuat dari kayu yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, agar area teras tidak terkesan sempit. Tambah dengan cusion yang bermotif unik sebagai penambah kenyamanan siapa pun yang berada di area teras.

Lantai

Elemen selanjutnya untuk menghasilkan teras minimalis rumah idaman Anda adalah jenis lantai. Pastikan Anda memilih jenis lantai yang sesuai dengan katakteristik eksterior rumah Anda. Anda bisa menggunakan nuansa batu alam untuk mendapatkan kesan alami dan asri. Tapi, jika Anda ingin mendapatkan kesan yang modern dan klasik bisa menggunakan lantai jenis kayu dengan di modifikasi berbagai desain dan model.

Tanaman Hias

Anda dapat meletakkan tanaman hias di teras rumah misalnya tanaman Lavender, Peace Lily, Begonia, Petunia, Anggrek, Krisan, dan lain-lain. Tanaman ini bisa di letakkan di pot atau bisa juga digantungkan jika teras Anda tidak mempunyai cukup ruang untuk beberapa tanaman di dalam pot. Jangan lupa untuk menyirami tanaman pada pagi dan sore hari agar selalu tumbuh dan berkembang.

Lampu Teras

Elemen selanjutnya yang dapat Anda tambahkan pada teras rumah adalah keberadaan lampu teras. Lampu teras akan menghasilkan kesan dramatis karena efek pencahayaan yang baik. Anda dapat memilih jenis lampu teras dengan model yang menempel pada dinding atau menggantung pada atap. Hanya saja efek hangat pada lampu akan bisa dirasakan pada malam hari.

Tiang

Tiang berfungsi untuk menyangga atap. Besar atau kecilnya tiang yang ingin di pasang tergantung pada beban yang ingin di topang. Apabila beban yang di topang cukup besar, pastikan tiang mempunyai kekuatan yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda bisa menggunakan bahan tiang dari kayu, beton, atau logam tergantung dengan keinginan Anda. Penambahan bentuk atau ukiran pada tiang juga akan menambah cantik nuansa teras Anda. Apabila Anda bingung untuk memilih bahan apa yang cocok di rumah Anda, tiang dengan jenis kayu sangat cocok untuk di tempatkan di semua jenis teras rumah.

Teras Rumah Minimalis Batu Alam yang Menyegarkan

Material penutup dinding pada teras rumah minimalis batu alam juga perlu Anda pilih dengan baik. Salah satu material penutup dinding yang banyak digunakan adalah material dari batuan alam. Material batu alam yang Anda gunakan sebagai penutup dinding teras akan mengesankan natural dan segar pada area teras. Ada satu tips yang perlu dilakukan jika Anda menginginkan agar tampilan teras rumah minimalis batu alam selalu terlihat indah, yaitu lakukanlah pembersihan secara berkala pada material batu alam tersebut.

Tidak hanya batu alam yang dapat digunakan sebagai material dinding teras rumah, berikut ini beberapa material yang dapat Anda kombinasikan dengan batu alam dan sangat cocok untuk rumah minimalis Anda:

1. Mengkombinasikan batu alam dengan campuran kayu dan plastik

Campuran kayu dan plastik dapat disebut dengan WPC (Wood Plastic Composite). WPC adalah campuran dari kayu dan plastik yang menghasilkan material baru dan harganya jauh lebih murah daripada kayu. WPC mempunyai kelebihan yaitu tahan terhadap jamur, rayap, dan hama. Penggunaan WPC pada rumah minimalis Anda akan menambah kesan elegan dan modern.

Anda dapat mengkombinasikan bahan dari batu alam dan WPC yang dapat disusun secara vertikal atau horizontal. Pastikan warna dari WPC sesuai dengan warna dari batu alam yang ingin Anda gunakan.

2. Mengkombinasikan batu alam dengan beton

Model industrial pada zaman sekarang menjadi hal yang tidak asing lagi. Penggunaan material beton pada dinding teras rumah minimalis batu alam Anda akan menghasilkan kesan yang alami dan klasik. Selain itu, material beton juga lebih menghemat waktu dan biaya dalam pengerjaannya. Proses pembangunan akan lebih hemat karena tidak menggunakan finishing dan coating.

Kedua bahan ini sama-sama mempunyai nuansa alam. Anda dapat menentukan desain dan variasi lain pada beton agar kedua bahan ini dapat menyatu dengan sempurna.

3. Mengkombinasikan batu alam dengan material rotan dan bambu

Rotan dan bambu dikenal penggunaannya untuk kerajinan tangan seperti tas, peralatan dapur, maupun furnitur. Pada zaman sekarang rotan dan bambu tidak hanya berfungsi untuk hiasan saja, namun bisa digunakan untuk lapisan dinding teras. Saat ini untuk mendapatkan rotan asli cukup sulit, sehingga tidak heran jika banyak yang memperjualbelikan rotan sintesis.

Rotan sintesis ini jauh lebih murah dan lebih awet di bandingkan dengan rotan asli. Hanya saja rotan jenis ini akan mudah pudar warnanya apabila di letakkan di teras luar rumah karena keberadaannya yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

Anda dapat menggunakan batu alam pada dinding tiang, kemudian untuk bagian dinding teras dapat menggunakan bahan dari rotan dan bambu. Kesan ramah lingkungan dan alami akan menyatu dengan elegan.

4. Mengkombinasikan batu alam dengan model roster

Rekomendasi material dinding pada teras selanjutnya adalah penggunaan roster. Roster adalah material yang berasal dari batu dan mempunyai bentuk yang berlubang untuk keluar masuk angin. Roster terbuat dari tanah liat tau beton yang juga dapat berfungsi sebagai pencahayaan pada siang hari.

Anda bisa memilih model roster yang diinginkan sesuai dengan selera Anda. Untuk menambah kesan indah pada teras rumah minimalis Anda, bisa ditambahkan tanaman hias atau pohon kecil di depan dinding roster.

Batu alam dan roster merupakan material yang sama-sama terbuat dari bahan dasar batu. Pemasangan batu alam dapat Anda gunakan diantara sela-sela roster atau sekedar hiasan di pinggir-pinggir roaster. Pastikan juga warna kedua bahan ini dapat menyatu.

Demikianlah sedikit uraian mengenai teras rumah minimalis batu alam yang bisa menjadikan desain rumah minimalis Anda semakin nampak segar dan indah. Semoga menginspirasi. (Is) editted by AL10052020


Comment