Tips Memilih Teralis Jendela yang Kuat untuk Rumah Minimalis Anda

Sistem keamanan di sebuah rumah menjadi satu hal yang amat penting. Apa maksdunya? Rumah yang aman dari gangguan entah itu dari orang yang hendak berbuat jahat atau hewan buas berarti sudah mengupayakan perihal keselamatan penghuninya semaksimal mungkin.

Nah, salah satu cara untuk menjamin keamanan hunian, teralis jendela yang kuat adalah juga salah satu syaratnya. Mengapa jendela menjadi penting untuk dijadikan sebagai tolok ukur syarat keamanan? Tentu saja karena sudah lumrah terjadi bahwa jendela rumah sering kali jadi pintu masuk orang yang berniat jahat.

Selain itu, untuk hewan-hewan tertentu juga sering kali masuk lewat jendela karena biasanya paling dekat dengan luar rumah/pekarangan. Jadi, disinilah peran penting jendela rumah dibuat bertralis agar setidaknya ada jaminan keamanan dan kenyamanan untuk ditinggali.

Kriteria Teralis Jendela yang Kuat dan Aman

Saat memutuskan untuk memiliki rumah minimalis, memang teralis jendela yang kuat sudah seharusnya jadi prioritas. Sebab teralis merupakan pelindung tambahan untuk jendela agar rumah aman dari maling atau hewan pengganggu.

Karena sebagai pelindung maka pengaplikasiannya sangat disarankan agar tidak dilakukan sembarangan. Dimulai dari pemilihan bahan teralis, meteode pemasangannya hingga perawatannya agar tetap bisa dipakai dalam jangka panjang.

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan tips bagaimana memilih teralis jendela yang kuat untuk rumah minimalis Anda. Minimal Anda tahu hal-hal penting apa saja yang perlu dilakukan agar teralis yang dipasang berfungsi maksimal.

Sebelum membahas tentang tips pemasangan teralis jendela yang kuat, alangkah baiknya kita bahas dulu kriteria seperti apa jendela rumah minimalis yang aman dan ideal:

 1. Mudah dibuka tutup

Ciri jendela ideal dan sehat yang pertama adalah mudah dibuka dan ditutup. Hal ini berguna agar sistem sirkulasi udara dapat berganti secara sempurna. Sirkulasi udara yang lancar membuat kamar tidur terhindar dari pengap dan lembab. Ketika kamar lembab maka ruangan akan mudah ditumbuhi jamur dan membuat napas menjadi terasa sesak.

2. Lebar jendela

Di dalam sebuah rumah biasanya memiliki lebar jendela yang berbeda-beda. Anda tentu harus terlebih dahulu mengetahuinya sebelum membuat teralis jendela. Kesalahan dalam pengukuran akan mengakibatkan bertambahnya biaya pembuatan, sekaligus bertambah lama pula dalam pengerjaannya.

3. Sesuaikan dengan konsep ruangan

Dengan penyesuaian konsep ruang dengan model teralis yang serasi akan menjadikan suasana nyaman dan aman. Konsep ruangan yang modern bisa Anda padukan dengan model teralis jendela minimalis yang terpasang indah di kusen jendela.

4. Hindari bentuk aneh

Banyaknya usaha jasa membuat teralis yang ada akan memudahkan Anda dalam menentukan model teralis yang diinginkan. Namun, ada baiknya Anda hindari bentuk-bentuk teralis aneh yang nantinya justru akan menjadikan kesan aneh pula pada rumah Anda. Bentuk seperti jeruji penjara misalnya, akan menjadikan penghuni rumah terasa sedang terkurung di dalam penjara.

Teralis Jendela, Teralis Jendela minmalis, model Teralis Jendela klasik , Teralis jendela
teralis besi tempa termasuk jenis teralis yang kuat- diminimalis.com

Tips Desain Teralis Jendela yang Kuat

Di bawah ini ada ada beberapa tips bagi Anda bila ingin memiliki teralis jendela yang kuat, diantara tipsnya yaitu :

1. Memilih model-nya

Tips teralis yang kuat pertama adalah memilih model teralisnya. Ada 2 model teralis yang umum dijumpai yakni tempa dan minimalis. Agar terlihat selaras, teralis model minimalis dapat menjadi pilihan yang tepat dan juga kuat.

2. Menyesuaikan dengan ukuran jendela

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan teralis dengan ukuran jendela. Terkadang ukuran jendela antara satu ruang dengan ruangan lainnya tidak sama. Oleh karena itu, ukuran jendela harus diketahui oleh pemilik rumah sebelum dipasang teralis agar pemasangannya dapat dilakukan dengan tepat dan benar.

Teralis Jendela yang kuat, Teralis Jendela minmalis, model Teralis Jendela klasik , Teralis jendela
teralis jendela dengan bahan yang kuat – diminimalis.com

3. Memilih bahan yang kuat

Bahan yang kuat menjadi penentu teralis berkualitas. Untuk rumah minimalis, Anda bisa menggunakan teralis dari bahan stainless steel. Bahan ini terbukti kuat, tahan terhadap cuaca dan anti korosi. Atur jarak teralis dengan jeruji maksimal 30 cm agar orang asing tidak mudah membuka teralis.

4. Memasang baut secara tersembunyi

Biasanya teralis di jual terpisah dari jendela dan kusen. Dengan demikian Anda perlu memanggil tukang untuk memasangnya. Untuk baut sebaiknya pasang secara tersembunyi. Baut yang nampak di luar akan memungkinkan orang lain untuk membobol teralis tersebut. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat teralis menyatu dengan kusen dengan bantuan tukang.

Teralis jendela yang kuat dapat Anda terapkan dengan memperhatikan hal-hal di atas. Teralis kini memiliki bentuk dan desain yang lebih menarik. Meski begitu, faktor keamanaan tetap menjadi prioritas. Hindari menggunakan teralis yang tampak seperti jeruji penjara karena memunculkan kesan yang suram dan tidak nyaman. Pilih teralis dengan bahan kuat dan tahan lama agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang untuk memiliki teralis jendela yang kuat. Semog bermanfaat dan berguna kami yang akn (ls.) editted by RN20042021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.