Desain Teralis Jendela Minimalis, Simpel dan Aman Namun Tetap Elegan

Salah satu bentuk membuat rumah aman adalah dengan menambahkan teralis pada jendela. Meski bukan jaminan keamanan 100 %, setidaknya mampu mengurangi potensi kejahatan oleh orang tak dikenal yang akan masuk rumah. Pada umumnya, teralis jendela dibuat selain untuk membuat rumah aman, juga ada unsur estetika yang diharapkan tercipta. Namun begitu, tujuan utamanya tentu saja adalah jaminan keamanan yang lebih baik ketimbang tidak berteralis sama sekali.

Nah, untungnya, pada kesempatan kali ini, diminimalis akan coba mengajak Anda untuk ngomongin soal desain teralis jendela rumah. Meski singkat, kita akan coba membahas mengenai tips membuat dan memasangnya di jendela. Di akhir pembahasan juga akan ada sedikit contoh yang bisa diadopsi untuk membuat jendela yang aman dengan teralis yang bagus.

Fungsi Penting Teralis pada Jendela Rumah

Pada umumnya, ketika Anda membeli rumah baru kepada pengembang ataupun membangun rumah sendiri, kondisinya masih polos tanpa perabot. Termasuk area pada jendela, yang biasanya masih dalam kondisi tanpa pengaman. Jika seperti itu Anda perlu waspada, dikarenakan area jendela bisa menjadi pintu masuk orang yang berniat jahat kepada Anda dan keluarga. Disinilah pentingnya memasang teralis jendela yang aman dan bagus.

Teralis jendela
jendela berteralis – diminimalis.com

Pada perkembangannya, teralis jendela tidak hanya berfungsi sebagai media pengaman saja, namun bisa juga dijadikan sebagai elemen penghias interior dan eksterior sebuah hunian. Desainnya yang atraktif dan beragam akan semakin memudahkan Anda dalam menyesuaikannya dengan konsep ruangan. Apalagi jika nanti dicat sebagai langkah finishingnya, hasilnya akan tampak lebih estetis dan lebih dari sekedar pengaman jendela rumah minimalis Anda.

Tip memilih model teralis jendela

Ada baiknya sebelum Anda menentukan model teralis jendela yang diinginkan, pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut:

• Ukuran lebar jendela

Di dalam sebuah rumah biasanya jendelanya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Anda tentu harus terlebih dahulu mengetahui ukurannya sebelum membuat teralis jendela yang diinginkan. Kesalahan dalam pengukuran akan mengakibatkan bertambahnya biaya pembuatan, sekaligus bertambah lama pula dalam pengerjaannya.

• Sesuaikan dengan konsep ruangan

Dengan penyesuaian konsep ruang dengan model teralis yang serasi akan menjadikan suasana nyaman dan aman. Konsep ruangan yang modern bisa Anda padukan dengan model teralis jendela minimalis yang terpasang indah di kusen jendela.

• Hindari bentuk aneh

Banyaknya usaha jasa membuat teralis yang ada akan memudahkan Anda dalam menentukan model teralis yang diinginkan. Namun, ada baiknya Anda hindari bentuk-bentuk teralis aneh yang nantinya justru akan menjadikan kesan aneh pula pada rumah Anda. Bentuk seperti jeruji penjara misalnya, akan menjadikan penghuni rumah terasa sedang terkurung di dalam penjara.

Teralis jendela
memasang baut – diminimalis.com

• Sembunyikan baut pemasang

Pemasangan teralis pada kusen jendela biasanya menggunakan baut ataupun paku. Pemasangan baut yang terlihat dan muncul keluar akan menjadikan teralis rawan terlepas dan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu usahakan semaksimal mungkin Anda memasang baut pada tempat yang sulit dijangkau.

• Utamakan keamanan

Meskipun model yang ada di pasaran begitu beragam, Anda tidak perlu tergiur dengan hal tersebut. Satu hal yang perlu diingat bahwasannya tujuan pemasangan dari teralis jendela adalah untuk keamanan rumah, jadi lebih baik memilih model yang biasa namun lebih aman dibandingkan memilih model yang indah namun tidak aman.

Contoh model teralis jendela di rumah minimalis

Ada beberapa model teralis jendela minimalis yang banyak beredar di pasaran. Namun secara umum ada dua model yang paling banyak digunakan pada rumah minimalis. Mana pilihan model teralis yang Anda pilih? Demikian ulasan singkatnya.

Teralis jendela model minimalis

Teralis jenis ini biasanya memiliki bentuk yang sederhana. Bentuk berupa garis menyilang vertikal maupun horizontal menjadi ciri khasnya. Model teralis ini merupakan model faforit yang banyak dipakai pada rumah-rumah. Bentuknya yang sederhana namaun terkesan elegan menjadi nilai tambah tersendiri pada teralis jenis ini.

Teralis jendela
teralis besi tempa- diminimalis.com

Teralis jendela besi tempa

Dari segi bentuk teralis jenis ini memiliki banyak variasi. Keterampilan dalam membuatnya sangat dibutuhkan, biasanya Anda pun bisa memesan bentuk yang diinginkan. Teralis jenis ini memiliki harga yang relatif mahal dikarenakan proses pengerjaannya lama dan tidak semua orang bisa membuatnya.

Meski ada banyak model jendela yang bisa dipilih, namun jangan lupakan untuk fokus pada kekuatannya. Ini karena kekuatan material jendela tentu akan berpengaruh terhadap keamanan saat dijebol atau dirusak oleh penjahat.

Jika orientasi keamanan sudah terpenuhi, baru bicara soal kecantikan modelnya. Anda bahkan bisa membuatnya cantik hanya pesan model dan pengecatannya piliuh warna yang bagus. Cukup mudah jika hanya berorientasi pada cantik tampilannya saja. Jadi, semoga rumah Anda tetap aman, ikhtiarnya tetap jalan dengan memasang teralis jendela.

Mungkin demikian saja ulasan singkat mengenai desain teralis jendela yang bisa diminimalis sajikan. Ingat..! utamakan faktor keamanan dalam pemilihannya, sehingga rumah aman dan nyaman akan Anda rasakan. Salam diminimalis (am.). editted by RN06012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.