Tempat Bakteri Bersarang di Rumah yang Perlu Kita Ketahui

ornamen dan pelengkap - diminimalis.com

Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak tempat-tempat bakteri bersarang di rumah kita. Makhluk yang super kecil memang sering kali baru disadari betapa mengancamnya saat kita sudah terserang berbagai penyakit. Sebenarnya, melawan bakteri bisa dimulai dengan menjaga pola hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga dan juga selalu membiasakan cuci tangan sebelum makan serta setelah beraktivitas.

Tempat Bakteri Bersarang , persiapan pindah rumah baru
Wastafel yang tidak higinis dapat menjad sarang bakteri – diminimalis.com

Pentingnya cuci tangan sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak sekolah dasar bahkan lebih dini dari itu. Tetapi semakin dewasa, banyak orang yang menyepelekan pentingnya cuci tangan. Padahal, terdapat banyak sekali sarang bakteri yang tidak disadari selalu dekat disekitar tempat tinggal dan selalu kita sentuh. Tempat-tempat bakteri bersarang di rumah kita tersebut bahkan seringkali tidak terbayang merupakan sumber berbagai penyakit yang mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.

Tempat-Tempat Bakteri Bersarang di Rumah Kita

Agar lebih waspada, ketahuilah tempat-tempat bakteri bersarang di rumah kita. Terutama bagi anda yang memiliki anak anak, penting sekali mengetahuinya agar si buah hati yang imun tubuhnya belum sekuat orang dewasa akan lebih terlindungi. Apa sajakah tempat tempat sarang bakteri tersebut? Berikut penjelasannya:

benda penuh bakteri, benda penuh bakteri di kamar, benda penuh bakteri di kamar mandi
remot TV merupakan benda penuh bakteri yang sering kita pegang – diminimalis.com

1. Remot TV

Hampir semua orang selalu menyempatkan menonton tv dirumah setiap harinya. Inilah mengapa, remot tv menjadi sarang bakteri yang paling tidak disadari oleh masyarakat. Penelitian menyebutkan, remot tv justru salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri dan kuman yang jahat.

Hal ini lantaran seringkali manusia menyentuh remot saat tangan tidak bersih dan dilakukan secara terus menerus. Selain itu, remot juga sering menjadi barang yang letaknya sembarangan seperti jatuh ke lantai, terselip disela sela barang atau sofa, dan juga masuk pada kolong meja yang mengandung banyak kuman dan bakteri.

2.  Sikat Gigi

Banyak orang yang tidak sadar bahwa sikat gigi yang sering terbasuh air dan dicuci justru menjadi sarang bakteri. Hal ini lantaran sikat gigi seringkali tetap basah setelah dipakai dan kondisi basah adalah tempat tinggal favorit dari para mikroba jahat. Selain itu, banyak orang juga memiliki kebiasaan menaruh sikat gigi pada kamar mandi yang juga menjadi sarang bakteri.

Perlu diketahui, bakteri dapat melompat jauh dan saat melayang layang bisa hinggap pada sikat gigi anda. Sikat gigi akan menjadi berlipat kotornya ketika menggunakan pelindung atau helm sikat yang tidak pernah dibersihkan.

3.  Bak Cuci Piring

Mengapa bak cuci piring yang sering terkena air dan sabun menjadi sarang bakteri? Hal ini karena kebiasaan manusia itu sendiri yang tidak membersihkan tempat cucian piring dengan benar. Tempat cuci piring atau wastafel merupakan tempat yang paling sering menjadi sumber mencuci untuk menghilangkan kotoran termasuk bakteri dan virus.

Orang akan berpikir bahwa benda, piring, tangan, sayur dan buah akan menjadi bersih dan bakteri akan hilang terbawa air. Tapi faktanya, justru bakteri akan berkumpul di bak cuci piring yang tidak selalu dibersihkan dengan benar setiap harinya.

4. Gadget

Ponsel sudah pasti mengandung banyak bakteri karena sering menjadi teman beraktivitas. Dan parahnya, tidak semua orang sadar bahwa ponselnya ini bisa menjadi sumber penyakit. Selain itu, keyboard pada komputer atau gadget pun juga menjadi sarang bakteri yang sangat jarang disadari dan dibersihkan.

Itulah tadi tempat-tempat bakteri bersarang di rumah kita yang sering tidak disadari. Setelah mengetahuinya, segerlah berusaha untuk membersihkan benda benda tersebut dan juga memproteksi diri dari serangan bakteri dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan dan juga selalu memperkuat sistem daya tahan tubuh, semoga bermanfaat (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.