by

Tata Cahaya Interior Rumah Minimalis (#2 dari 3)

Selain tampilan rumah dari luar yang harus dipertimbangkan, aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah sistem pecahayaan. Secara garis besar tentang pencahayaan sebenarnya sudah kita bahas di artikel tata cahaya interior rumah tinggal. Anda bisa membacanya di link tersebut.

Pada dasarnya, pencahayaan rumah dimanapun ruangannya tidak lain adalah bertujuan untuk membuat ruangan tersebut nyaman dipakai beraktivitas. Misalnya seperti pada pembahasan sebelumnya tentang tata cahaya di dapur. Sebagaimana kita tahu, dapur adalah tempat yang sentral untuk melakukan aktivitas memasak. Maka, pencahayaannya akan lain dengan kamar mandi sebab dapur perlu penerangan yang ekstra untuk meningkatkan fokus.

Pentingnya Tata Cahaya Interior Rumah

Tata cahaya interior rumah selanjutnya adalah pada ruang makan. Setelah pada artikel sebelumnya kita bahas tentang ruang keluarga, mari kita lanjutkan pembahasan tentang tata cahaya interior rumah khususnya pada ruang makan dan dapur.

Tata cahaya interior rumah tinggal, tata cahaya interior rumah, tata cahaya dalam interior, tata cahaya dalam desain interior, tata ruang rumah minimalis
tata cahaya ruang makan tema natural – diminimalis.com

Tata cahaya interior rumah pada ruang makan menambah aksen nuansa ruang

Ada dua ruangan yang akan kita bahas tata pecahyaannya, yaitu ruang makan dan dapur. Keduanya hampir tidak  bisa dipisahkan akrena sama-samna berhubungan dengan makanan.

Dapur digunakan untuk memproses pembuatan makanan, sementara ruang makan adalah tempat untuk mennyantap makanan tadi. Oleh karenanya kedua ruangan tersebut berkaitan erat dengan kenyamanan di rumah.

Tata cahaya dalam interior ruang makan

Ruang makan difungsikan bagi keluarga yang hendak menyantap hidangan makanan. Seringkali cantiknya penyajian dapat menambah selera makanan, tidak sekedar hanya soal rasa. Maka perlu diperhatikan juga terkait warna cat dinding ruang makan dan juga lampu penerangan yang digunakan.

Untuk ruang makan, pilihlah warna-warna yang cerah agar tampilan lebih ruangan menggugah selera. Menurut penelitian, warna cerah seperti orange dan merah dapat menambah selera makan, namun tidak ada larangan juga jika Anda lebih memilih hijau atau biru untuk ruang makan Anda. Hanya saja, warna yang cenderung terang akan memberikan efek lebih baik pada mood makan Anda sekeluarga.

Tata cahaya interior rumah tinggal, tata cahaya interior rumah, tata cahaya dalam interior, tata cahaya dalam desain interior, tata ruang rumah minimalis
tata cahaya ruang makan – diminimalis.com

Selain warna dinding, tata cahaya lampu untuk ruang ini hendaknya dibuat cukup terang. Tujuannya adalah agar Anda dapat menikmati hidangan dan melihat dengan baik apa yang terhidang di atas meja. Anda bisa juga meletakkan lampu gantung di atas meja untuk menyorot meja makan dengan menggunakan lampu berwarna kuning hangat yang warnanya tidak terlalu tajam. Dnegan ini Anda seperti sedang menikmati nuansa candle light dinner terutama pada momen-momen spesial.

Tata cahaya dalam interior dapur

Setalah ruang makan, dapur menjadi salah satu ruang paling berbahaya menurut penelitian di dunia. Di ruang dapur, terdapat banyak hal atau barang-barang yang perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Pisau yang tajam, garpu, minyak panas, gas, dan benda-benda lain yang dapat menimbulkan resiko bahaya, perlu terlihat dengan jelas. Dengan kondisi seperti ini, maka jelas dapur memerlukan general lighting yang cukup terang. Tujuannya tadi, agar kita bisa lebih wasapada terhadap kemungkinan buruk di ruang dapur.

Untuk mewujudkan tujuan itu, aturlah tata cahaya dalam interior dapur ke sistem yang lebih baik. Pilih lampu berwarna putih dengan cahaya lampu yang tajam, sehingga seluruh ruang terlihat jelas pada setiap sudutnya dan memudahkan Anda ketika meracik masakan di dapur.

Tata cahaya interior rumah tinggal, tata cahaya interior rumah, tata cahaya dalam interior, tata cahaya dalam desain interior, tata ruang rumah minimalis
tata cahaya interior ruang dapur rumah minimalis – diminimalis.com

Jika Anda hendak memberi aksen untuk mempercantik ruang dapur, Anda bisa menggunakan lampu di balik langit-langit dengan konsep down ceiling. Konsep ini akan membuat lampu yang dihasilkan bukan berupa cahaya langsung, namun berupa pantulan pada dinding. Anda bisa memilih berbagai warna yang Anda sukai untuk keperluan ini. Dengan begitu tata cahaya interior rumah Anda akan terlihat elegan.

Memadukan warna cat pada dinding dapur dan perabot dengan baik dapat membentuuk suasana ceria yang Anda idamkan pada area dapur, teruttama jika Anda suka berkreasi masakan dengan buah hati Anda. Ditambah aksen pecahayaan yang sesuai, semakin membuat dapur Anda nyaman ketik harus menyiapkan hidangan untuk keluarga.

Baiklah itu dia ulasan singkat mengenai tata cahaya interior rumah minimalis khususnya untuk ruang makan dan dapur. Semoga setelah membaca artikel ini Anda jadi lebih punya pandangan yang tepat untuk menyulap rumah Adna jauh lebih baik (rd). (editted by RN 06/12/19)


Comment