by

Tandon Air Rumah Seperti Apa Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis Anda?

Tidak sedikit orang yang kini harus siap dengan tandon air rumah agar terjamin ketersediaan airnya jika musim kemarau datang. Tidak beraturannya pergantian musim pada akhir-akhir ini lebih disebabkan oleh pemanasan global. Yang mana penyebab utamanya tidak lain adalah ulah dari manusia itu sendiri.

Tapi ya mau bagaimana lagi, Anda tetap harus siap siaga mengantisipasi musim kemarau panjang melanda dengan membangun tandon air. Sebab, selain sebagai cadangan, ada juga manfaat lain dari memiliki tandon di rumah.

Tandon air rumah
Memilih tandon air rumah – diminimalis.com

Manfaat lain dari memiliki tandon air juga bisa untuk mengantisipasi jikalau penyedia layanan air langganan Anda suatu saat bermasalah. Anda jadi tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya lebih untuk membeli air saat terjadi kelangkaan. Justru Anda malah bisa membantu orang lain dengan simpanan air di tandon rumah Anda yang cukup.

Tips memasang tandon air rumah yang sesuai untuk rumah minimalis

Meski sepertinya mudah hanya tinggal membeli tandon dan memasangnya dengan memanggil tukang, namun soal itu juga perlu diperhatikan.

Misalnya soal bagaimana memilih tandon di pasaran, memasang dan menempatkannya dengan strategi yang tepat. Semua itu penting sebab hal itu berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi pemasangannya.

Rumah minimalis biasanya identik dengan konsep bangunan berbentuk persegi dan memiliki desain sederhana. Konsep rumah ini bisa menjadi keuntungan sendiri jika Anda hendak menggunakan tandon air.

Berikut ini akan diminimalis jabarkan bagaimana cara memilih hingga pemasangan tandon air rumah minimalis yang tepat. Selamat menyimak.

1. Ukuran tandon air

Tandon air yang ada di pasaran sangat beragam sekali ukurannya mulai dari kapasitas ratusan liter hingga puluhan ribu liter. Banyaknya pilihan ini tentu saja memudahkan Anda dalam memilh tandon air mana yang cocok. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pemakaian air seluruh anggota keluarga.

Atau bisa juga dengan menyesuaikan ukurannya dengan luas lahan yang akan ditempati tandon. Ini penting sebab tandon yang akan ditempatkan akan membutuhkan area penempatan yang pas.

2. Jenis tandon air

Ada beberapa macam jenis tandon air yang mungkin sudah cukup masif digunakan masyarakat, seperti tandon air berbahan plastik, beton dan logam.

Untuk jenis tandon air rumah berbahan logam masih memiliki beberapa jenis material lagi yaitu, tandon air stainless, zincalume dan baja galvanis. Kesemua bahan tandon air di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang akan kita kupas di lain waktu. Untuk sementara, Anda bisa memilih salah satu diantaranya dengan pertimbangan budget saja.

3. Penempatan pada rumah

Penempatan tandon air yang tepat juga sangat menentukan lancar tidaknya aliran air di rumah Anda. Jika rumah Anda berlantai lebih dari satu pastikan Anda memiliki area dak yang bisa dijadikan tempat menaruh tandon air. Namun jika rumah minimalis Anda hanya satu lantai pembangunan konstruksi menara untuk tandon air mungkin bisa menjadi pilihan.

Soal penempatan tandon sangat penting sebab erat kaitannya dengan kelancaran supplay air ke dalam instalasi rumah.

Tandon air rumah
garansi terbukti – diminimalis.com

4. Perhatikan garansinya

Tandon air rumah yang berkualitas baik biasanya memiliki garansi pakai berkisar 10 tahun dan juga anti lumut.

Anda jangan mudah tergoda dengan penawaran murah dari sales penjual yang menawarkan produknya dengan garansi minim. Agar Anda lebih mantap saat membeli tandon air cari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Baca juga:

Masalah Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Drainase Rumah

5. Kemudahan saat instalasi dan perawatan

Mudahnya pemasangan instalasi tandon air juga sebaiknya Anda pertimbangkan. Semakin mudah instalasi terpasang tentunya akan mempercepat waktu pemasangan yang tentunya juga akan menghemat waktu dan biaya yang digunakan.

Sebagai usaha dalam menjaga tandon air tetap bagus, perawatan secara bekala juga harus Anda lakukan agar air yang ada di dalam tandon tetap terjaga kebersihannya. Oleh sebab itu carilah tandon air rumah yang mudah dalam perawatannya. Bersihkan tandon air dari lumut dan partikel-partikel yang bisa jadi mencemari air dalam tandon. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). -editted by RN09042019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.