Tanaman Rambat yang Bisa dijadikan hiasan untuk Rumah Minimalis Anda

dinding terlihat indah dan sejuk dengan memanfaatkan tanaman rambat - diminimalis.com

Tanaman rambat yang ditanam di pekarangan rumah, mampu memberikan kesan sejuk pada area rumah Anda.Tanaman hias merambat selain membuat tampilan taman Anda lebih cantik, juga akan membuat udara lebih segar. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang sangat minim tanaman hijau, maka tanaman hias merambat ini cocok untuk di tanam di pekaranagn rumah minimalis Anda.

tanaman rambat, tanaman rambat hias, tanaman merambat dinding
dinding terlihat indah dan sejuk dengan memanfaatkan tanaman rambat – diminimalis.com

Tanaman rambat sebagai hiasan rumah minimalis

Terdapat beberapa jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk taman minimalis Anda. Namun Anda harus cermat saat memilihnya karena masing masing tanaman memiliki karakteristik tersendiri. Ada banyak jenis tanaman rambat yang baik untuk di tanam di taman minimalis Anda, di antaranya:

Sirih (Piper betle)

Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat yang cocok untuk merambat di pergola eskterior rumah Anda. Tanaman sirih ini mampu menjulur tinggi jika diimbangi dengan penopang. Karena tidak memiliki kekuatan untuk berdiri sendiri, maka tanaman ini membutuhkan media untuk menopang tubuhnya.

Air Mata Pengantin
Tanaman airmata pengantin memiliki nama ilmiah Antigonon leptopus. Di Inggris disebut coral creeper, sedangkan di Belanda dinamakan rode bruidstranen atau valse bruidstranen. Tanaman ini memiliki alat pembelit, yang berfungsi sebagai penopang pertumbuhan daun dan bunganya. Akarnya menggelembung, memanjang dan berbentuk umbi.

Air mata pengantin mampu berbunga sepanjang tahun. Bunganya berderet dalam untaian rapat, dan berwarna merah jambu dan putih. Tanaman ini tumbuh baik di tempat-tempat terbuka.

Anda bisa memperbanyaknya dengan melakukan stek batang atau mencangkok. Pada dasarnya, perawatan tanaman airmata pengantin cukup mudah. Alangkah baiknya saat akan mulai berbunga, Anda perlu memberi pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi.

tanaman rambat, tanaman rambat hias, tanaman merambat dinding
tanaman rambat sebagai peneduh dan memperindah tampilan terasrumah – diminimalis.com

Nona Makan Sirih
Dari penampakannya, tanaman nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae) pada sekujur batangnya terlihat mirip sirih, karena batangnya selalu berbelit untuk merambat. Daunnya pun hampir persis dengan daun sirih, hanya warnanya lebih hijau gelap. Kelopak daunnya berwarna putih bercampur merah, sementara bunganya berwarna merah yang muncul di tengah kelopak daun tersebut.

Nona makan sirih termasuk tanaman yang rajin berbunga. Jika Anda rajin merawat dengan memangkas batang tua dan membuang bunga yang layu, tanaman ini akan lebih rajin berbunga. Tanaman ini menyukai sinar matahari secara langsung. Untuk memperbanyak tanaman, Anda bisa melakukannya dengan stek batang, atau dengan menyemaikan biji-bijinya.

Demikian ulasan kami tentang ragam tanaman rambat untuk menghias rumah minimalis Anda. Selain dengan tanaman rambat, Anda juga bisa membuat taman dengan konsep vertikal yang ulasannya bisa Anda baca pada artikel kami di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Desain taman vertikal artistik percantik rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.