Tanaman Pengusir Nyamuk yang Cocok Ditanam di Taman Rumah Anda

Tanaman pengusir nyamuk merupakan tanaman penting guna melindungi anggota keluarga Anda dari gigitan nyamuk. Seperti kita ketahui, nyamuk memiliki beragam jenis dan diantaranya dapat menyebabkan demam berdarah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanganan khusus agar kedatangan nyamuk dapat diantisipasi secara alami.

tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk alami

mengusir nyamuk menggunakan tanaman alami, lebih aman daripada obat nyamuk kimia – diminimalis.com

13 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Rumah Anda

Obat nyamuk konvensional mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh, maka ada baiknya bila Anda bisa mencegah nyamuk secara alami dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah minimalis Anda. Di bawah ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda manfaatkan mencegah nyamuk datang ke rumah.

1. Bunga Geranium

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Tanaman ini mampu mengusir nyamuk karena mengandung zat sitronelol dan geraniol. Sifat kedua zat tersebut yang mudah terbawa angin, membuat aromanya tercium di area sekitarnya.

Karena zat dari geranium bisa tersebar dengan sangat cepat, maka usahakan untuk menaruh tanaman ini di dekat tempat yang terkena angin, seperti jendela. Hal ini dimaksudkan agar aromanya bisa menyebar secara cepat dan merata.

2. Zodia

Bagi masyarakat pedalaman Papua, zodia bukanlah tanaman yang asing lagi di telinga mereka. Masyarakat Papua sudah terbiasa memetik daun zodia, kemudian menggosokkannya pada bagian tubuh mereka sebelum mengejar buruan di area hutan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Kandungan rutaecarpine dan evodiamine pada tanaman zodia terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk secara tuntas. Agar aroma bunga zodia dapat tersebar di sekeliling rumah, disarankan untuk menanamnya menggunakan pot di halaman rumah.

tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk alami

akar wangi efektif dapat mengusir nyamuk – diminimalis.com

3. Akar Wangi

Tanaman akar wangi merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang tidak cocok untuk ditanam menggunakan media pot. Tanaman ini merupakan sejenis rumput-rumputan yang seringkali tumbuh secara liar di daerah pekarangan rumah.

Bau menyengat dari akar wangi ini konon terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk. Bahkan nyamuk sekelas aedes aegypti pun tidak tahan terhadap aroma dari akar wangi.

4. Selasih

Selasih merupakan tanaman pengusir nyamuk yang bisa dimanfaatkan untuk lalapan atau bumbu masak. Tanpa perawatan khusus, selasih bisa tumbuh dengan cepat di sekitar pekarangan rumah. Bagi Anda yang menyukai lalapan, selasih cocok ditanam di pekarangan rumah Anda, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

5. Bunga Lavender

Bunga lavender (Lavandula Agustifolia) memiliki penampilan yang sangat menarik. Bunganya berwarna ungu kecil-kecil dan bergerombol di ujung tangkai. Tanaman ini memiliki aroma wangi dan mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Dua zat inilah yang tidak disukai nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk, sebaiknya tanaman ini diletakkan di dekat pintu rumah, ventilasi atau lubang-lubang besar lainnya. Tidak hanya itu, bunga lavender juga bisa digosok-gosokkan pada kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

6. Serai Wangi

Serai wangi (Citronella) tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, ternyata tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Serai wangi memiliki kandungan karbon dioksida yang tinggi dan aroma yang sangat kuat sehingga membuat nyamuk tidak datang dan menggigit. Tanaman ini juga sering menjadi bahan utama dalam produk anti nyamuk yang ada di pasaran.

Anda dapat memotong tipis-tipis kemudian letakkan di wadah terbuka. Letakkan di bawah ranjang atau sudut-sudut yang dihuni nyamuk. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan minyak sereh pada kulit. Pertama, potong sereh kecil-kecil kemudian masak dengan minyak kelapa pada api kecil.

Setelah satu jam, tunggu hingga minyak dingin. Saring dan tuang minyak sereh ke dalam botol. Simpanlah di tempat yang sejuk, gunakan bila dibutuhkan.

7. Marigold

Marigold atau sering disebut dengan kenikir merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tanaman ini mempunyai kandungan Pyrethrum yang dapat digunakan untuk menolak serangga.

Tanaman ini memiliki bunga warna kuning yang cantik. Tanaman ini dapat tumbuh pada sinar matahari yang cukup dengan berbagai kondisi tanah. Selain itu, tanaman ini juga dapat Anda gunakan sebagai pagar rumah atau hiasan cantik di teras rumah.

8. Bunga Rosemary

Bunga rosemary biasanya digunakan untuk bahan memasak hidangan lezat seperti ayam panggang dan salad. Namun, tidak hanya bisa digunakan untuk memasak. Bunga ini juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Tanaman ini mempunyai aroma yang sangat mirip dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Anda dapat menggosokkan tanaman ini pada kulit maka nyamuk tidak akan mendekat karena bau yang sangat menyengat.

9. Bawang Putih

Bumbu dapur yang sangat mudah sekali untuk di dapatkan untuk mengusir nyamuk adalah bawang putih. Bawang putih mempunyai aroma yang sangat khas dan menyengat, sehingga mudah untuk mengusir nyamuk.

Anda dapat mengolah bawang putih dengan mengirisnya yang kemudian menyebarkan ke area yang sering dipenuhi nyamuk. Jika tidak ingin menyebarkan bawang putih, Anda dapat meletakkan irisan bawang tadi ke dalam mangkok.

10. Lemon Balm

Lemon balm merupakan golongan tumbuhan mint lamiaceae. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan minuman atau obat. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih dan aroma lemon yang lembut.

Lemon balm memiliki kandungan senyawa sitronelal yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Aromanya yang mirip dengan jeruk juga membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Anda dapat menanam tanaman ini di halaman atau pekarangan rumah.

11. Pennyroyal

Tanaman pennyroyal atau sering disebut sebagai mentha pulegium merupakan tanaman jenis perdu yang mempunyai aroma mirip dengan mint. Tanaman ini dapat mengusir nyamuk dengan cara dihancurkan terlebih dahulu setelah itu Anda dapat menyimpannya di kantong atau mangkok.

Perlu diperhatikan juga bahwa tanaman ini dapat dikategorikan beracun apabila di konsumsi. Jangan berikan tanaman ini pada anak-anak karena akan sangat membahayakan.

12. Sage

Sage atau yang memiliki nama latin salvia officinalis mempunyai beberapa manfaat yaitu sebagai penyedap bumbu, bahan pewangi pada kosmetik, dan pengusir nyamuk. Apabila Anda ingin menggunakan tanaman ini untuk mengusir nyamuk. Anda dapat membakarnya sampai mengeluarkan asap. Asap yang keluar dapat membuat seisi rumah memiliki aroma yang segar.

13. Bunga Floss

Bunga floss (Ageratum Houstounianum) mempunyai aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini sangat disukai oleh kupu-kupu dan kumbang, namun tidak disukai oleh nyamuk. Bunga floss mempunyai zat kumarin yang secara alami dapat membasmi nyamuk.

Anda dapat menanam di halaman rumah untuk mengantisipasi nyamuk masuk rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bunga ini sebagai hiasan rumah atau hadiah untuk teman Anda.

Demikian ulasan kami tentang ragam tanaman pengusir nyamuk yang bisa di tanam di sekitar rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat menanam tanaman buah di teras rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL071220.

Manfaat pohon buah di teras rumah minimalis Anda

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.