Anda menginginkan hunian yang hijau dan asri di setiap sudut rumah? Tanaman pagar rumah bisa menjadi solusinya. Ya, Anda bisa merasakan kesejukan yang lebih jika menggunakan tanaman sebagai pagar pengaman hunian. Berbeda jika Anda menggunakan pagar tralis ataupun beton yang kaku dan monoton, menggunakan desain pagar tanaman tentunya lebih menarik.

Pagar merupakan salah satu elemen eksterior yang memiliki fungsi sebagai pengaman sekaligus juga sebagai elemen yang dapat memperindah desain rumah. Dengan membuat pagar yang hijau dan penuh bunga tentunya akan membuat hunian yang Anda tempati akan semakin nyaman dan juga enak dilihat.

Memperindah Rumah dengan Tanaman Pagar Rumah

Rumah yang hijau nan asri bisa Anda buat dengan menaruh beberapa jenis tanaman pada area sekitar pagar. Ada banyak jenis tanaman pagar hidup yang bisa Anda gunakan untuk menghijaukan rumah dan masing-masing jenis tanaman tersebut memiliki fungsi berbeda.

tanaman pagar rumah
fungsi tanaman pagar rumah – diminimalis.com

Pelengkap Pagar

Jika Anda termasuk orang yang mudah bosan dengan semua hal, ada baiknya Anda menggunakan tanaman pagar rumah sebagai pelengkap saja. Anda hanya perlu menyediakan beberapa pot sebagai media tanam yang nantinya Anda letakkan disekitaran pagar. Jadi, jika Anda merasa bosan dengan tanaman tersebut tinggal Anda ganti dengan tanaman lainnya.

Jenis tanaman yang cocok sebagai pelengkap pagar antara lain Dieffenbachia dan Aglaonema. Kedua tanaman ini cukup mudah perawatannya dan juga mudah sekali tumbuh sehingga Anda tidak terlalu direpotkan saat merawatnya.

Anda juga bisa menggunakan tanaman Euphorbia yang dapat digunakan sebagai pembatas sekaligus memberikan keamanan. Atau Anda bisa menggunakan tanaman rambat misalnya nona makan sirih dengan bunganya yang berwarna menarik yaitu merah dan putih.

Merambat

Rumah minimalis identik dengan lahan yang terbatas, tak terkecuali area sekitaran pagar. Anda bisa menyiasati sempitnya lahan dengan memilih jenis tanaman pagar rumah yang tumbuhnya merambat sehingga tidak memerlukan lahan yang luas. Salah satu tanaman merambat yang bisa Anda pilih yaitu morning glory yang memiliki bunga biru mencolok.

Selain morning glory, Anda juga bisa menanam tanaman dollar. Tanaman ini cocok dengan tembok yang tinggi dan tebal. Tanaman ini mudah merambat naik ke atas sehingga akan memberikan kesan yang mewah dan elegan. Sirih merah juga dapat menjadi alternatif. Harganya yang murah, penanamannya juga mudah. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat herbal.

Tanaman merambat di atap atau kanopi juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik rumah Anda. Anda bisa memilih tanaman melati irian yang merupakan salah satu tanaman merambat yang menjuntai ke bawah. Tentunya jika Anda ingin membeli bibit tanaman ini memang cukup mahal bisa sampai ratusan ribu rupiah. Namun pastinya hasil yang di dapatkan sangat cantik dan elegan.

Pembatas

tanaman pagar rumah
tanaman pagar rumah sebagai pembatas – diminimalis.com

Bagi Anda yang belum memiliki pagar sebagai pembatas rumah dengan lingkungan sekitarnya ternyata bisa juga loh menggunakan tanaman. Biaya yang besar untuk membuat pagar dari tralis dan beton bisa dihindari dengan menggunakan pagar tumbuh ini. Anda juga tidak dibayang-bayangi besarnya biaya perawatan pagar jika memilih menggunakan tanaman sebagai pembatasnya.

Jenis tanaman pagar rumah yang biasa dipakai sebagai media pembatas adalah jenis acalypha dan hanjuang. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis tanaman agar terlihat lebih indah dan juga agar tidak membosankan.

Manfaat Menanam Tanaman Hias di Rumah Minimalis

Menanam tanaman hias merambat di rumah selain dapat mempercantik rumah Anda. Warna bunga yang cantik dan harum serta warna hijau daun yang dapat menyegarkan mata. Anda sebagai pemilik rumah pasti mendapatkan keuntungan dari menanam tanaman rambat ini. Berikut ini manfaat pagar rumah dari tanaman yang akan dapatkan.

1. Menanam Tanaman Merambat dapat Mempercantik Rumah

Tanaman pagar rumah yang merambat seperti morning glory, bougenville, melati irian, alamanda, dan lainnya dapat memperindah pagar rumah Anda. Menanam tanaman ini dapat menimbulkan kesan asri dan hijau.  Selain itu, menanam tanaman di rumah juga dapat membantu menghilangkan penat atau stres setelah seharian bekerja.

2. Menanam Tanaman Merambat dapat Menjadi Tanaman Obat

Tanaman hias juga bisa Anda manfaatkan sebagai tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk menjadi obat herbal yaitu:

  • Sirih Merah. Sirih mengandung alkaloid dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula merah sehingga dapat mengobati diabetes. Kandungan alkaloid dan antikanker juga bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Alamanda. Bagian kulit batang dan buah alamanda mengandung saponin yang dapat digunakan untuk obat penyakit hati. Getah bunganya dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri. Bunganya juga bisa Anda manfaatkan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.
  • Ivy. Daun ivy mengandung sifat anti inflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk proses inflamasi akut atau inflamasi kronis. Kandungan flavonoid pada daun ini bisa digunakan sebagai antioksidan yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
  • Bougenvill. Bunga bogenvill mempunyai senyawa pinitol yang dapat mengatasi resistensi insulit yang bisa mengobati diabetes. Mengkonsumsi teh dari bunga ini dapat menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah. Kandungan senyawa anti inflamasi juga bisa memberikan efek yang menenangkan untuk usus dan bisa mengobati gangguan pencernaan seperti asam lambung.

3. Menanam Tanaman Merambat dapat Menjadi Peneduh

Tanaman hias selain dapat merambat pada pagar atau tembok juga dapat merambat di atap rumah atau kanopi. Apabila Anda memilih tanaman yang dapat merambat di kanopi dapat difungsikan untuk meneduhkan atap ketika kemarau atau siang hari.

Kamu juga bisa mendesain ruangan yang terdapat tanaman merambat untuk dijadikan suasana outdoor. Anda bisa memasang sofa, meja, dan aksesoris lainnya di tempat ini. Bahkan Anda juga bisa mendesain tempat ini sebagai tempat memasak untuk mengadakan BBQ atau arisan.

4. Menyegarkan Udara

Menanam tanaman pagar rumah dapat membersihkan udara. Pohon merupakan penyaring udara yang dapat berfungsi sebagai penyerap gas dan komponen berbahaya di udara kemudian mengeluarkan oksigen sehingga dapat membantu kita untuk bernapas. Selain itu, penanaman tanaman di rumah juga bisa menyingkirkan asap dan debu.

5. Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Perubahan iklim di bumi dapat disebabkan karena banyaknya karbon dioksida di udara. Menanam tanaman rambat dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida secara signifikan dan melepaskan oksigen ke udara. Selain itu, suasana rumah juga lebih nyaman dan adem jika menanam tumbuhan di rumah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tanaman pagar rumah minimalis yang bisa menjadikan rumah Anda aman sekaligus juga asri dan indah.Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL090121.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *