Tanaman pagar rumah minimalis adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan pagar lebih fungsional. Fungsi pagar memang secara umum digunakan sebagai pengaman privasi penghuni rumah.

Namun dengan menambahkan tanaman untuk pagar rumah minimalis, kesan indah dan asri pada eksterior rumah akan sekaligus Anda peroleh.

tanaman pagar rumah minimalis
tanaman pagar rumah minimalis – diminimalis.com

Memang, jika Anda menggunakan pagar beton atau tralis sudah cukup untuk mengamankan area sekitar rumah. Tapi, Anda juga bisa memberi nilai tambahnya dengan menambahkan tanaman pagar berbunga.

Terlebih jika rumah Anda terletak di perkotaan atau dekat dengan jalan raya, penggunaan tanaman pagar rumah minimalis juga bisa Anda gunakan untuk meredam polusi udara dan juga kebisingan yang ada.

Macam-macam Tanaman Pagar Rumah Minimalis Merambat

Ada banyak jenis tanaman pagar hidup yang bisa dipilih untuk menghijaukan eksterior rumah. Untuk Anda yang sedang mencari referensinya, berikut ini diminimalis sajikan beberapa contoh jenis tanaman pagar rumah yang bisa Anda gunakan.

1. Bunga Morning Glory

morning-glory
bunga morning glory – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Jenis bunga ini merupakan tanaman yang mempunyai lebih dari 1.000 spesies. Bunga morning glory memang sangat mirip dengan bunga pada tumbuhan kangkung. Hal ini karena kangkung termasuk dalam keluarga Morning Glory.

Jika Anda ingin melihat bunga ini mekar, Anda dapat melihat pada saat pagi mulai pukul 05.00 dan akan mekar dengan sempurna pukul 07.00. Anda dapat menanam bunga ini dengan metode stek batang. Potonglah beberapa batang yang terdapat minimal 3-4 ruas mata tunas dalam setiap batang yang dipotong.

Setelah itu Anda dapat langsung menanam pada tempat yang sudah disediakan seperti polybag atau pot. Gunakan pupuk kandang, tanah sebagai media tanam. Jangan lupa untuk menyiapkan media rambat seperti tiang kayu, rangkaian besi yang menempel di dinding, atau tali.

2. Bunga Alamanda

alamanda
bunga alamanda – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Bunga alamanda atau disebut juga dengan bunga terompet. Bunga ini selain dapat Anda gunakan sebagai pagar rumah ternyata juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit malaria dan pembengkakan limpa. Akarnya juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit kuning.

Apabila Anda ingin menanam bunga ini pertama sediakan pot yang berisi gambut, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan seimbang. Jangan lupa untuk menyediakan media tempat perambatan misalnya tali, tiang kayu, atau pagar besi.

Tanaman ini sangat rentan dengan laba-laba dan lalat putih. Anda dapat menggunakan sabun hortikultura untuk menghindari serangan hama. Rajinlah menyiram saat musim kemarau dan tidak perlu menyiramnya saat musim hujan.

3. Sirih Merah

sirih-merah
sirih merah – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Bila Anda tertarik untuk menjadikan tembok rumah minimalis Anda penuh dengan warna hijau. Penggunaan sirih merah untuk pagar rumah sangat cocok. Langkah pertama Anda dapat memilih tempat yang tidak terlalu lembab, cukup sinar matahari, dan cukup air.

Anda dapat membuat kawat-kawat dengan bentuk vertikal untuk media rambatnya. Anda dapat menanam dengan teknik stek. Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan komposisi 3:3:1. Anda dapat menanam ke pot atau langsung ke dalam tanah.

Selain bisa digunakan untuk hiasan rumah. Sirih merah juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal. Daun sirih mempunyai kandungan alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, karvakol, dan ugenol. Kandungan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes, sakit jantung, kanker dan tumor, sariawan, dan lain-lain.

4. Bunga Mandevilla

mandevilla
bunga mandevilla – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Bunga mandevilla merupakan bunga yang berbentuk terompet. Tanaman ini mempunyai ciri khas daun besar, hijau, dan elips. Bunga ini dapat ditanam dengan cara biji atau stek.

Pertama tanamlah pada pot dengan media tanam arang sekam. Disarankan untuk tidak menggunakan media tanam pupuk kompos atau kandang karena dapat menimbulkan penyakit pada akar.

Jika sudah berumur 1-2 minggu Anda dapat memindahkan tanaman ini pada area yang lebih luas. Apabila akan digunakan untuk pagar rumah, dapat dipindahkan di dekat pagar tersebut. Usahakan pagar yang terbuat dari besi atau susunan dari kayu.

Sehubungan dengan pertumbuhan yang cepat tanaman ini, Anda dapat melakukan pemangkasan minimal 4 bulan sekali. Pangkaslah pada bagian cabang dan ranting muda agar muncul banyak tunas baru.

5. Bunga Melati Irian

melati-irian
melati irian – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Bunga melati irian merupakan tanaman yang sering digunakan untuk penutup pergola karena memiliki sifat yang merambat. Bibit tanaman ini berasal dari cangkok dengan bunga yang dapat di hasilkan beberapa kali dalam sebulan.

Anda yang ingin menanam bunga melati irian ini dapat menggunakan pot dengan diameter > 60 cm untuk tempatnya. Sedangkan media tanamnya dapat menggunakan tanah humus atau tanah kompos. Jika ingin digunakan sebagai pagar rumah, Anda dapat menyiapkan pergola yang terbuat dari bambu atau besi untuk media rambatnya.

6. Golden Moneyworth

golden-moneyworth
golden moneyworth – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Tanaman merambat selanjutnya adalah golgen moneyworth. Tanaman ini memiliki warna hijau muda yang cerah dan menyejukkan mata. Tanaman ini mempunyai sifat menjuntai ke bawah, sehingga cocok untuk di tanam di kanopi rumah.  Tanaman ini akan membentuk seperti gorden yang diletakkan di depan rumah. Anda harus rutin memangkasnya agar ukurannya sama rata.

7. Bunga Soap Worth

soap-worth
soap worth – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Bunga soap worth adalah jenis tanaman yang mempunyai bunga kecil berwarna pink, lila, dan violet yang indah. Tanaman ini biasanya digunakan untuk hiasan pada pagar rumah. Cara menanam tumbuhan ini cukup mudah. Anda tinggal menaburkan benih ke beberapa titik dengan jarak 10-20 cm di ruangan bawah kaca.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang baik. Anda dapat menaburkan bibit pada bulan Maret sampai akhir April. Setelah bibit mengembangkan beberapa pasang daun, pindahkan ditempat yang akan Anda jadikan lokasi permanen tanaman ini. Anda juga bisa melakukan penyemaian pada akhir bulan April dan Mei.

8. Celematis

celematis
celematis – tanaman pagar rumah minimalis / diminimalis.com

Berikutnya adalah tanaman celematis. Bunga pada tanaman ini biasanya tumbuh sepanjang musim panas hingga musim gugur. Tanaman ini sangat fleksibel untuk tumbuh di dinding atau pagar melalui pohon dan semak-semak.

Tanaman ini memang cukup lama untuk menghasilkan bunga hingga beberapa tahun. Oleh karena itu, untuk mempersingkat waktu penanaman Anda dapat membeli tanaman ini yang berusia dua tahun. Cara menanam tanaman ini cukup mudah. Tempatkan dasar tanaman disekitar tanaman semak untuk melindungi dasar tanamannya.

Langkah pertama tanam pada pot dengan memberikan pupuk dan media untuk mendukung pertumbuhan lainnya. Setelah beberapa hari pindahkan ke media tanah dengan posisi lebih dalam sampai daun pertama menempel tanah. Siram secara teratur.

Itulah beberapa macam tanaman pagar rumah minimalis yang dapat Anda jadikan referensi untuk menciptakan hunian yang asri dan unik. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL050121. – Last update: 06/01/2021 by diminimalis

Baca juga: tanaman pagar rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *