Siapa sangka bahwa ternyata tanaman hias yang dimasukkan ke dalam ruangan bisa membuat suasana rumah jadi berbeda. Apalagi jika yang ditambahkan adalah jenis tanaman hias indoor berbunga indah. Selain enak dipandang, juga akan mampu menghadirkan wewangian yang khas. Jika Anda tertarik, kebetulan artikel kali ini akan membahas tentang topik tanaman hias indoor berbunga. Anda bisa baca sampai selesai agar bisa dapat gambarannya.

Jika Anda masih ragu, nanti juga Anda akan tahu alasan kenapa perlu mengadopsi tanaman hias ke dalam ruangan. Khusus untuk Anda yang berminat melakukannya, silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Manfaat Memiliki Tanaman Hias pada Interior Rumah

Secara umum, adanya tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan akan berdampak positif pada psikologis penguni rumah. Bagaimana ruangan yang setiap hari dilihat dan dipakai beraktivitas rutin terdapat semacam fokus lain yang bisa mengalihkan.

Lalu tanaman hias indoor berbunga ternyata juga dapat membantu mengusir hawa dingin yang muncul ketika musim hujan tiba. Kita tahu bahwa hawa dingin yang muncul saat musim hujan biasanya mendukung untuk malas-malasan beraktivitas. Nah dengan adanya tanaman hias bunga ini harapannya tidak akan lagi kedinginan dan jadi lebih semangat prduktif.

Kembali ke manfaat psikologis, para ilmuwan NASA sendiri pernah melakukan penelitian tentang hubungan antara bunga dengan tingkat kebahagiaan seseorang. Para ilmuwan tersebut sampai pada kesimpulan bahwasanya tanaman hias berbunga indah akan menjadikan hidup seseorang lebih bahagia. Orang yang sering menyaksikan tanaman hias berbunga juga memiliki kemampuan otak lebih baik dibanding dengan yang tidak pernah/jarang berinterakisi dengan tanaman bunga dalam kesehariannya.

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Sebelum ke tips, berikut ini diminimalis berikan rekomendasi tanaman bunga yang cocok untuk ada di salah satu ruangan rumah Anda.

1. Lavender

Lavender memiliki warna yang cantik dan berbau wangi sehingga membuat tanaman hias ini banyak digemari. Tanaman ini memiliki aroma tersendiri yang dipercaya memberikan efek yang khas. Salah satu manfaat aroma ini ialah mampu menghilangkan stres dan gangguan kesulitan tidur/insomnia. Jadi, lavender menjadi salah satu tanaman recommended yang sangat cocok untuk ada di salah satu sudut kamar tidur Anda.

2. Bunga Anthurium

Bunga anthurium sendiri ketika mekar akan sangat indah terlebih jika dijadikan dekorasi dalam rumah. Bentuk daun tanaman ini cukup unik dengan bunga yang berwarna merah. Uniknya, tanaman hias ini bisa Anda tanam tanpa menggunakan tanah, alias hanya mengandalkan air saja. Gimana, bagus bukan?

3. Cocor Bebek

Rekomendasi tanaman hias indoor berbunga selanjutnya ialah cocor bebek. Tanaman ini sudah cukup sering dipilih sebagai penghias rumah karena warna bunganya yang bagus dan cerah. Ditambah lagi daunnya tebal berdaging serta mengandung banyak air. Tanaman cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda yang akan terlihat cantik saat mekar.

Jika ingin mengadopsi tanaman bunga ini, letakkan saja di dekat jendela agar terkena cahaya matahari. Pastikan tanahnya terhidrasi dengan baik, tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering agar bisa tetap bertahan hingga berbunga berulang kali.

4. Tanaman Kupu-kupu/Oxalis Plant

Tanaman bunga kupu-kupu memiliki warna daun yang ungu dan berbentuk menyerupai sayap kupu-kupu sehingga membuat tampilannya istimewa. Sementara itu, bentuk bunganya sendiri sekilas mirip dengan bunga anggrek.

Oxalis plant ini bisa ditanam di dalam ruangan menggunakan pot dengan akses cahaya matahari yang sedang/cukup. Mesti diingat bahwa jika tanaman ini diletakkan di kamar yang cukup gelap, efeknya bisa jadi tidak akan berbunga.

5. Bunga Peace Lily

Tanaman peace lily atau yang dikenal dengan lili perdamaian menjadi salah satu tanaman bunga yang kami rekomendasikan. Tanaman hias indoor ini berguna mengurangi spora jamur di kamar mandi, membantu membersihkan udara, dan meningkatkan kualitas tidur yang buruk. Wajar, jika tanaman ini paling pas diletakkan sebagai penghias dekorasi di kamar mandi atau kamar tidur.

Tips Menambahkan Tanaman Hias Indoor Berbunga ke dalam Rumah

Tanaman hias indoor berbunga
Tanaman hias indoor berbunga – diminimalis.com

Tanaman hias memang memiliki segudang manfaat yang baik. Diantaranya ialah mampu mengatur suhu ruangan dan pandangan siapapun yang melihatnya jadi menyenangkan. Tanaman hias indoor juga mampu menyerap polutan yang dapat menjadikan kualitas udara jadi lebih baik.

Nah, agar Anda merasakan manfaat lebih dengan adanya tanaman hias indoor berbungan di rumah Anda, berikut ini tips terbaik mengaturnya.

Pertama, pilih tanaman hias terbaik yang diinginkan. Anda bisa pilih pohon bonsai yang unik agar suasana lebih rileks. Pohon bonsai memangh memiliki ukuran yang kecil, namun dengan ukuran kecil tersebut itu, bonsai mampu menangkal gangguan yang bersifat restoratif penyebab stress. Semakin lama berinteraksi dengan pohon bonsai juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selanjutnya, terkadang Adna bisa jadi terbangun dari tidur dalam keadaan tidak bersemangat dan malas-malasan dalam menjalani hari. Hal ini bisa Anda hilangkan dengan melihat dan merawat tanaman hias indoor berbunga di kamar. Para pakar berkata, menaruh tanaman hias bunga di sekitaran area tidur akan dapat meningkatkan mood dan semangat hidup. Tentu saja juga mampu memperbaiki kualitas tidur.

Tanaman hias indoor berbunga
bonsai indah – diminimalis.com

Terakhir, jika Anda termasuk orang yang malas-malasan saat bekerja ataupun belajar, meletakan bunga di meja belajar atau meja kerja juga bisa Anda lakukan. Tanaman bunga di atas meja akan membantu Anda lebih bersemangat dalam bekerja dan belajar, sehingga kesuksesan akan mudah Anda raih. Ini karena kemampuan kinerja kognitif menurut beberapa peneliti bisa ditingkatkan dengan penambahan bunga dan dedaunan di dalam ruangan.

Sebagai penutup, para pakar di NASA menyatakan satu tanaman hias indoor berbunga bisa diperuntukkan pada lahan seluas 100 kaki persegi. Gejala alergi yang timbul dari debu yang beterbangan di ruangan juga akan berkurang dengan tanaman hias ini. Jadi, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak menambahkan tanaman hias indoor ya. Selamat mencoba (am). Editted by RN08012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *