Ide Menambahkan Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Mempercantik Interior Rumah Anda

Rumah berkonsep modern hampir tidak ada yang mengusung jargon “asal jadi” saja. Kebanyakan suda aware dan sudah mempertimbangkan berbagai hal termasuk elemen interior di dalamnya. Hal yang paling sering jadi pertimbangan dari elemen dekorasi indoor adalah tanaman hias dalam ruangan. Para pemilik rumah modern saat ini sudah menerapkan prinsip menambahkan hiasan multifungsi. Kita tahu kenapa tanaman dipilih sebagai salah satu elemen hias, sebab selain mampu memperindah ruangan juga ada motif kesehatan disana.

Dengan adanya tanaman hias yang hijau dan segar dalam ruangan maka nuansa natural akan sangat terasa. Tidak terlalu panas meski pakai AC. Mungkin inilah motivasi terbesar dari para pemilik rumah yang menambahkan tanaman hias di dalamnya. Anda sendiri bisa mencoba gaya desain ini lantaran ada begitu banyak pilihan tanaman hias yang bagus di luar sana. Tanaman “kering” seperti lidah buaya, palem, dan kaktus bisa jadi pilihan terbaik jika Anda tidak mau pusing-pusing cari referensi.

Tips Memilih Tanaman Hias dalam Ruangan

Seperti kita tahu bersama bahwa tanaman hias dalam ruangan memiliki berbagai efek positif untuk rumah dan penghuninya. Banyak orang memilih untuk menambahkan tanaman hias di dalam rumah mereka karena bisa membuat suasana di dalam tampak asri dan sejuk. Selain itu, dari sisi kesehatan jasmani misalnya, tanaman hias juga bisa membersihkan udara di sekitar rumah khususnya dalam ruangan, jumlah oksigen jadi auto meningkat.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa prinsip menanam tanaman hias dalam ruangan memang berbeda dengan penempatandi halaman atau luar rumah. Jika Anda ingin menanam tanaman hias dalam ruangan, maka Anda perlu memilih tanaman yang memiliki ketahanan hidup cukup tinggi. Hal ini dikarenakan suhu, kelembaban, cahaya, dan sirkulasi udara di dalam sangat beda dan terbatas dibandingkan dengan kondisi di luar ruangan.

tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur

tanaman dalam pot-pot cantik pada interior rumah minimalis – diminimalis.com

Nah untuk memuluskan misi Anda dalam menentukan ide seperti apa yang terbaik berkaitan dengan menanam tanaman hias dalam ruangan, Anda bisa praktekan tips berikut:

Pertama, pilih tanaman hias terbaik

Untuk memilih tanaman hias dalam ruangan yang paling tepat, Anda harus mempertimbangkan tanaman yang paling dapat menyesuaikan diri dengan kondisi dalam ruangan. Contoh tanaman hias yang sering diadopsi adalah anggrek bulan, palem, lidah buaya, kaktus, bunga lili, sirih gading.

Pilih media tanam terbaik untuk tanaman hias Anda

Media tanam yang baik adalah yang memiliki karakter porous, yaitu hanya menampung sedikit air. Menanam tanaman hias dalam ruangan rumah yang paling umum medianya adalah menggunakan pot. Kemudian bisa ditambahkan dengan sekam bakar, cacahan pakis, atau kombinasi media tanam lainnya. Media tanam sebaiknya dicampur dengan humus, pupuk kompos, ataupun pupuk kandang guna menambah nutrisi tanaman tersebut.

Tanaman hias dalam ruangan, merawat anggrek bulan, merawat bunga anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

Agar rajin berbunga,anggrek bulan perlu dirawat dengan baik dan benar – diminimalis.com

 

 

Lakukan rotasi peletakkan tanaman hias

Sistem pencahayaan dalam rumah juga perlu diperhatikan jika mau menanam tanaman hias dalam ruangan/umah. Oleh karenanya, melakukan rotasi peletakkan tanaman sangat penting dilakukan. Lakukan pemindahan tempat setiap 2 minggu sekali ke tempat yang memiliki pencahayaan yang lebih baik.

Anda juga bisa meletakkan pot tanaman di pekarangan rumah untuk beberapa waktu. Jika dirasa sudah cukup bisa dimasukkan lagi ke dalam ruangan. Rotasi semacam ini memberikan efek kesegaran dan asupan cahaya bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis. Dengan demikian pertumbuhan tanaman tersebut akan jauh lebih baik.

Lakukan perawatan rutin

Selain mengusahakan penanaman dengan metode terbaik, perawatannya pun mesti dipikirkan. Untuk merawat tanaman hias dalam ruangan rumah agar selalu segar dan asri, Anda bisa melakukan perawatan dasar seperti penyiraman, pencabutan gulma, hingga pemangkasan. Lakukan perawatan tersebut secara rutin supaya tanaman hias Anda tampil optimal untuk menghiasi interior rumah minimalis Anda.

Opsi Jenis Tanaman Hias dalam Rumah Terbaik

Untuk anda yang masih bingung soal tanaman apa yang akan dipilih, daftar berikut mugkin bisa sedikit membantu Anda. Daftar 7 tanaman hias dalam ruangan rumah terfavorit:

  • Lidah Buaya

Lidah buaya jadi tanaman yang paling popule untuk ditanam di dalam rumah. Sejak zaman Mesir, tanaman ini dikenal tidak hanya sebagai hiasan namun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Anda bisa menggunakan cairan dari daging lidah buaya untuk pertolongan pertama pada luka bakar, gigitan serangga, kulit kering, dan lainnya. Jadi, bagaimana, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak memilih tanaman hias yang satu ini bukan?

Untuk perawatannya, tanaman yang satu ini hanya perlu diletakkan di dekat jendela dan tidak perlu terlalu sering disiram, hanya sesekali saja. Tanaman lidah buaya sendiri ada berbagai macam, Anda bisa mencari tahu via internet lalu memilih yang terbaik.

  • Palem Kuning

Selain lidah buaya, palem kuning juga bisa Anda pilih sebagai tanaman hias indoor. Tinggi tanaman ini sendiri jika tumbuh dengan baik bisa mencapai 8 kaki. Untuk peletakkanya tidak harus terkena matahari langsung, karena lebih cocok di temperatur yang hangat dan penyiramannya juga cukup sesekali saja.

  • Euphorbia (Crown of Thorns)

Tanaman yang satu ini asalnya dari Madagaskar. Euphorbia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman dalam rumah karena kemampuannya yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan. Kelebihan dari tanaman ini ialah bisa disimpan dan dapat hidup di ruangan dengan suhu dan kelembapan yang normal dari sebuah kamar.

Namun meski mudah penanamannya, tanaman hias ini perlu ditempatkan di lokasi yang terjangkau matahari langsung sekitar 3-4 jam setiap harinya. Perlu diingat pula bahwa Anda mesti segera menyiram degan air jika permukaan tanahnya sudah mulai terlihat kering.

  • Pakis Boston (Boston Fern)

Ada pilihan lain yang bisa dimasukkan dalam ruangan sebagai tanaman hias, yakni pakis boston. Tanaman paku-pakuan dengan ciri tampilan eksotisnya ini cocok untuk diletakkan di pot gantung.

Selain bisa berdampak pada kecantikan ruangan, tanaman ini juga bisa sekaligus membantu membersihkan udara kotor dalam ruangan. Untuk metode tanamnya, pakis boston ini tidak membutuhkan banyak cahaya langsung, jadi Anda bisa meletakannya di dapur atau pun kamar mandi.

  • Bromelia

Untuk Anda yang tidak terlalu rajin merawat tanaman, bromelia sangat cocok untuk Anda pilih. Sebab, tanaman hias yang satu ini hanya membutuhkan sedikit perawatan saja dan kabar baiknya tidak rentan terhadap serangan hama. Sehingga, masa hidupnya akan lebih lama meski minim perawatan.

  • Sri Rejeki

Sri rejeki atau dalam bahasa biologi bernama chinese evergreen adalah tanaman hias yang juga populer di kalangan pecinta indoor plant. Lokasi terbaik untuk meletakkan jenis tanaman indoor yang satu ini adalah di kusen jendela dan sebaiknya mengarah ke utara. Tidak perlu khawatir jika Anda tinggal di daerah pegunungan, sebab tanaman ini cocok hidup di tempat bersuhu rendah.

  • Dracaena

Tanaman hias dalam ruangan yang disebut terakhir ini cukup unik. Sebab, biasanya diadopsi di gedung-gedung kantor, mal, bahkan apartemen. Selain tampilannya yang cantik, fungsinya juga cukup bagus untuk membantu memurnikan udara di sekitarnya. Alhasil, selain mendapatkan efek cantiknya pada ruangan, secara kesehatan perpanapasan juga Anda peroleh.

Untuk pilihan jenis tanaman ini ada sekitar 40 spesies. Anda bisa memilih satu diantaranya untuk diadopsi ke dalam rumah Anda. Sebenarnya, prinsip dasar dari menanam tanaman hias dalam rumah adalah kesesuaian dengan ruangan, cara perawatan, dan efek keindahan yang dihasilkan. Semoga Anda bisa memilih yang terbaik.

Mungkin demikian bahasan kami tentang kiat menanam tanaman hias dalam rumah dan memilih jenis tanaman terbaik. Semoga setelah membaca ini Anda akan tahu banyak hal tentang tanaman hias tersebut. (ls) editted by RN09042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.