by

Hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis, Berikut 6 Langkah nya

tanaman di rumah minimalis

Menanam tanaman di rumah minimalis sangat cocok jika menerapkan sistem hidroponik di sekitar rumah minimalis nya, dapat pula dijadikan sebagai eksterior yang tentunya menyegarkan mata & membuat nuansa rumah minimalis anda menjadi lebih hidup.

Hidroponik adalah tehnik menanam yang di peruntukan bagi orang yang tidak banyak punya waktu & ketersediaan lahan nya pun sempit.

Ok, sekarang diminimalis bahas dari manakah asal sistem hidroponik tersebut, Hidroponik terdiri dari 2 kata yang di gabungkan menjadi 1 kata yaitu Hydro yang berarti air & Ponic yang berarti daya.

Bisa di simpulkan hidroponik adalah sistem tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya dan sebagai gantinya menggunakan kekuatan air sebagai jalur masuk nya nutrisi ke tanaman tanaman nya, hanya air?? Tentunya tidak, ada beberapa jenis media tanam yang digunakan sebagai alternatif lain dari tanah.

Tanah sebagai media tanam yang sangat konvensional tidak di gunakan sama sekali di dalam sistem hidroponik ini karena kondisi tanah sekarang beda dengan kondisi tanah dulu.

Kondisi tanah saat ini sudah banyak tercemar oleh polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor dan berbagai polusi polusi kimiawi lainnya yang dapat mengganggu kesehatan makhluk hidup.

Menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis tidak membutuhkan banyak air seperti saat menanam menggunakan media tanah.

Tanaman hidroponik cocok bagi anda yang ingin menghemat air, atau ber tempat tinggal di daerah yang pasokan air nya terbatas.

Untuk anda yang berminat menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis, langsung saja simak langkah langkah nya yang akan diminimalis jelaskan berikut ini

Menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis

Menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis pun tidak sesulit & serumit yang anda dibayangkan. Alat & bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar anda, misalnya saja box sterofoam bekas buah, pipa paralon/ pvc, botol bekas air mineral, & gelas plastik bekas air mineral.

1 .Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Untuk menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis anda, anda bisa memanfaatkan barang baik yang baru maupun bekas yang ada di sekitar anda misal gelas plastik bekas air mineral tapi sebelum digunakan sebaiknya dibersihkan dulu, baskom bekas, sterofoam, kain flanel, alat solder, air, media tanam, dan biji tanaman.

2 .Melubangi sterofoam untuk tanaman hidroponik

tanaman di rumah minimalis

Gunakan cutter atau pisau untuk membuat lubang di sterofoam yang sudah disiapkan untuk menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis.

Sesuaikan lubang sterofoam dengan ukuran gelas plastik yang akan anda gunakan. Ada baiknya, beri jarak antar lubang sekitar 15 cm – 20 cm agar tanaman dapat tumbuh dengan baik & tidak saling terjepit.

3 .Melubangi gelas plastik bekas air mineral untuk tanaman hidroponik

tanaman di rumah minimalis

Langkah berikutnya anda harus melubangi gelas plastik bekas air mineral yang tadi sudah dibersihkan terlebih dahulu untuk tempat tumbuh nya tanaman hidroponik di rumah minimalis anda. Alat untuk mempermudah anda dalam proses ini adalah solder. Jika anda tidak memilikinya, lubangi saja dengan cutter atau pisau.

Tanaman di rumah minimalis

Fungsi dari lubang lubang yang anda buat tadi untuk ruang bagi si akar tanaman hidroponik tersebut untuk mencari makanan di wadah yang posisi nya ada di bawah gelas bekas air mineral tersebut.

Setelah itu, letakkan gelas-gelas plastik tersebut ke dalam lubang sterofoam yang sudah dibuat sebelumnya. Sisakan satu lubang untuk sirkulasi udara ke dalam wadah tanaman hidroponik di rumah minimalis anda tersebut.

4 .Siapkan baki atau baskom sebagai wadah tanam

tanaman di rumah minimalis

Wadah tanam yang kita pakai kali ini dengan pemanfaatan dari barang barang di sekitar kita & dengan harga yang sangat terjangkau namun dengan hasil yang maksimal, Baki atau baskom yang berbentuk kotak yang diminimalis sarankan karena lebih mudah dalam perawatan nya
di rumah minimalis anda.

5 .Siapkan Media Tanam nya.

Berbicara tentang media tanam hidroponik sangatlah banyak pilihan mulai dari yang mahal sampai yang relatif terjangkau harganya, nah pada pembahasan menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis media tanam yang kita pilih yang ada di sekitar seperti cocopeat/ serat sabut kelapa, sekam bakar/ arang sekam, bisa juga dengan menggunakan rockwool.

6 .Siapkan seed atau biji tanaman nya

Jenis tanaman yang disarankan untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik adalah sayuran, buah, bunga, nah kali ini diminimalis menyarankan untuk menggunakan sayuran sebagai tanaman nya, anda bisa memilih diantara sayuran berikut ini sebagai tanaman hidroponik di rumah minimalis anda, jenis sayuran nya Selada/ lettuce, sawi pakchoy, sawi caisim, kangkung, bayam, dan lain lain.

7. Air baku & larutan Nutrisi AB Mix

tanaman di rumah minimalis

Air baku atau air biasa yang sering kita pakai untuk mandi & kebutuhan lain bisa juga dimanfaatkan untuk bercocok tanam hidroponik di rumah minimalis anda.

Sedikit tips dari diminimalis jika anda akan menggunakan air sumur atau air dari PDAM sebaiknya air tersebut sudah di endapkan 1 x 24 jam sebelum digunakan ber hidroponik dengan tujuan untuk melarutkan zat zat yang kurang dibutuhkan oleh tanaman & menormalkan PH atau derajat keasaman air baku tersebut.

Nutrisi atau pupuk yang kita pakai adalah nutrisi AB Mix, karena di nutrisi tersebut semua kebutuhan hidroponik sebagai tanaman di rumah telah tersedia mulai dari unsur hara makro sampai hara mikro nya pun sudah ada semua di larutan Nutrisi AB Mix tersebut, untuk penjualan sudah banyak terdapat di toko toko pertanian di kota anda.

Ok semua peralatan & bahan sudah siap kan?? Yuk kita mulai saja menjadikan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis anda.

Baca juga : 6 Elemen Penting dalam Mendesain Teras Rumah agar Lebih Nyaman dan Indah

Beberapa alasan kenapa sistem tanam hidroponik banyak digemari, diantaranya adalah :

1. Sayuran yang dihasilkan lebih berkualitas karena nutrisinya benar-benar terjaga

2. Tak perlu melakukan penyiraman karena air tersedia bersama larutan

3. Nutrisinya bisa dipakai berulang-ulang, hanya perlu ditambahkan jika mau habis

4. Asupan gizinya kontinyu karena tersedia terus di dalam wadah

5. Hama penyakitnya lebih sedikit karena berada di lingkungan yang terjaga

6. Mudah dalam pemanenan dengan cukup mengangkat stereofoam saja

7. Harga jual sayuran hidroponik lebih tinggi karena hasilnya yang berkualitas

8. Bebas pestisida kimia karena hidroponik lebih menekan kan ke pestisida nabati

9. Tidak membutuhkan lahan besar & luas, cukup memanfaatkan teras rumah atau di tembok yang terkena sinar matahari pagi

Kegiatan menanam tanaman di rumah dapat mencegah diri terserang stroke. Journal of The American Heart menyebut, jika aktivitas menanam dikombinasikan dengan jogging dan renang, maka Anda akan terhindar dari penyakit degeneratif seperti serangan jantung dan stroke.

Ini karena menanam tanaman di rumah mampu melancarkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh. Bahkan, The National Heart, Lung, and Blood Institute menyarankan penderita hipertensi untuk menanam atau berkebun secara rutin.

Demikian sedikit ulasan hidroponik sebagai tanaman di rumah minimalis anda, semoga dapat memberikan sedikit inspirasi bagi anda yang masih bingung menentukan ide untuk menjadikan lahan sempit di sekitar rumah minimalis anda menjadi lebih bermanfaat. (br)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.